Air Terjun, Alam, Daftar Wisata, Pantai

6 Tempat Wisata di Puruk Cahu Kabupaten Murung Raya

6 Tempat Wisata di Puruk Cahu Kabupaten Murung Raya 1

Tempat Wisata di Murung Raya. Foto by backpackerborneo.com

Tempat wisata di Puruk Cahu – kecantikan alam Indonesia seolah tak pernah ada habisnya untuk dijelajahi. Maka akan sangat disayangkan jika kita tidak menyempatkan waktu untuk menikmati keindahan Indonesia baik itu pantai, bukit, gunung, dan lainnya. Nah, salah satu kecantikan alam yang masih jarang diketahui oleh para wisatawan adalah berbagai objek wisata yang ada di Murung Raya. Bagi kamu yang ingin mengeksplorasi tempat wisata di Murung Raya, berikut adalah daftar tempat wisata yang bisa kamu kunjungi.

Baca juga ya :

Daftar 6 Tempat Wisata di Puruk Cahu Kabupaten Murung Raya.

1. Gunung Usung

6 Tempat Wisata di Puruk Cahu Kabupaten Murung Raya 2

Gunung Usung. Foto by Travelingyuk.com

Gunung yang satu ini menjadi salah satu objek wisata andalan dan sangat terkenal di kalangan masyarakat dan wisatawan. Bagi kamu yang menyukai kegiatan pendakian, mendaki Gunung Usung akan menjadi kegiatan yang menyenangkan. Medan yang harus ditempuh untuk mencapai puncaknya terbilang cukup sulit. Kamu akan melewati semak belukar dan melewati area gunung yang terjal. Cocok buat kamu yang menyukai tantangan.

Sesampainya kamu di puncak Gunung Usung, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan yang sangat menakjubkan. Sungai Barito yang cantik serta desa-desa yang berada di sekitarnya dapat kamu lihat dari puncak Gunung Usung. Lelah dari pendakian akan terbayar lunas saat kamu menyaksikan semuanya dari atas.

2. Air Terjun Tosah

Tempat lain yang menawarkan keindahan selama kamu berada di Murung Raya adalah Air Tterjun Tosah. Air terjun ini cukup ramai dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai tempat. Lokasinya yang mudah dijangkau menjadi alasan mengapa air terjun ini selalu ramai.

6 Tempat Wisata di Puruk Cahu Kabupaten Murung Raya 3

Air Terjun Tosah. Foto by Mmc.kalteng.go.id

Selain air terjun, kamu juga dapat melihat keindahan alam lainnya seperti kolam alami. Jika kamu ingin berkunjung kesini, diusahakan jangan saat akhir pekan atau hari libur karena akan lebih banyak wisatawan yang datang. Nah, untuk melihat keindahan alam yang satu ini sangatlah murah, kamu hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp. 10.000 saja. Air terjun Tosah sendiri sudah dikelola dengan baik sehingga sudah tersedia berbagai fasilitas umum seperti toiler, tempat makan, dan tempat ibadah.

3. Kereng Bangkirai

Jika kamu sedang berlibur bersama keluarga, maka tempat wisata yang satu ini bisa menjadi pilihan tempat wisata yang baik. Kereng Bangkirai menyediakan berbagai macam rekreasi seperti bebek air. Kamu juga bisa mengajak keluargamu menikmati wisata lain seperti susur sungai serta menuju wisata batu ampar. Kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp. 5000 sampai Rp. 20.000 untuk menikmati setiap wisata yang ditawarkan.

6 Tempat Wisata di Puruk Cahu Kabupaten Murung Raya 4

Kereng Bangkarai. Foto by NativeIndonesia.com

Kereng Bangkirai juga menyediakan banyak tempat berfoto sehingga akan sangat memanjakan kamu yang hobi untuk swafoto. Jika sudah lelah berkeliling, kamu bisa bersantai sejenak di gazebo yang disediakan di sana.

4. Pantai Ujung Pandaran

6 Tempat Wisata di Puruk Cahu Kabupaten Murung Raya 5

Pantai Ujung Pandaran. Foto by borneonews.co.id

Buat kamu yang “anak pantai”, tempat wisata ini adalah tempat yang dapat kamu kunjungi ketika berada di Murung Raya. Pantai Ujung Pandaran terkenal dengan keindahan pasir putihnya. Disini, kamu juga akan dimanjakan dengan pemandangan jajaran pohon nyiur di sekitar pantai.

Jika sedang beruntung, kamu dapat melihat ritual Simah Laut yang secara rutin dilakukan oleh masyarakat sekitar. Ritual Simah Laut bertujuan untuk tolak bala yang dilakukan oleh para nelayan. Untuk melihatnya, kamu bisa berkunjung pada tanggal 10 di bulan Syawal atau 10 hari setelah dilangsungkannya lebaran.

5. Taman Sapan

6 Tempat Wisata di Puruk Cahu Kabupaten Murung Raya 6

Taman Sapan. Foto by borneonews.co.id

Jika kamu hanya ingin duduk-duduk santai sambil berbincang dengan teman atau keluarga sembari berfoto-foto, maka Taman Sapan ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk dikunjungi. Taman Sapan didesain dengan sangat menarik. Banyak spot foto yang bisa kamu gunakan untuk diunggah di media sosial atau menjadi koleksi pribadi. Taman Sapan akan sangat indah jika kamu berkunjung pada waktu sore hari.

6. Liang Pandan

Tempat berikutnya yang dapat kamu kunjungi di Kabupaten Murung Raya adalah Goa Liang Pandan. Goa ini terletak di kota Puruk Cahu.

Goa Liang Pandan memiliki makna yang berarti goa kelelawar. Jika kamu masuk kesini, kamu akan menemukan banyak sekali kelelawar bergelantungan di atapnya. Lokasi dari goa Liang Pandan tidak sulit untuk dilewati. Medan untuk mencapai goa tidak ekstrim. Kamu dapat melihat hijaunya pepohonan yang ada di sekitar luar goa. Jika kamu baru pertama kali melihat goa, pengalaman melihat goa Liang Pandan ini bisa jadi tidak bisa kamu lupakan.

Leave a Reply