Air Terjun, Alam, Daftar Wisata, Pantai

6 Tempat wisata di Batulicin Kabupaten Tanah Bumbu

Tempat wisata di Batulicin

Tempat Wisata di Batulicin Kabupaten Tanah Bumbu. Foto oleh sangkaicity.blogspot.com

Tempat wisata di Batulicin Kabupaten Tanah Bumbu – Kabupaten Tanah Bumbu yang tahun ini berusia 17 tahun memiliki tempat wisata yang beragam yang wajib kamu kunjungi. Terletak di Provinsi Kalimantan Selatan, wisata di Tanah Bumbu diantaranya sudah ada yang dikenal oleh masyarakat luas seperti Goa Liang Bangkai dan Pantai Angsana.

Ada setidaknya 6 tempat wisata yang harus kamu kunjungi saat berkunjung ke Batulicin Kabupaten Tanah Bumbu. Penasaran apa saja? Yuk simak!

Baca juga ya :

Daftar Tempat wisata di Batulicin Kabupaten Tanah Bumbu

1. Goa Liang Bangkai

Goa liang bangkai Tempat wisata di Batulicin

Goa Liang Bangkai, Tempat wisata di Batulicin – Foto oleh banjarmasin.tribunnews.com

Seperti yang sebelumnya kami bilang, Goa Liang Bangkai merupakan tempat wisata yang sudah dikenal banyak orang masyarakat. Untuk kamu yang ingin merasakan keindahan alami goa ini, kamu harus menempuh jarak yang relatif jauh karena goa ini berada di Kecamatan Mantewe yang berjarak 1.5 jam perjalanan jika ditempuh dengan kendaraan roda empat dari Batulicin.

Goa ini tergolong unik karena ditemukan banyak goa baru di dalamnya. Seperti goa utama, goa tujuh pintu, goa pengintai, goa landak, goa babi, dan lainnya. Kondisi alamnya yang masih belum tersentuh banyak perubahan menjadikan kawasan Goa Liang Bangkai sebagai kawasan bumi perkemahan oleh pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu.

goa liang bangkai

Suasana di dalam goa. Foto oleh guideku.com

Pada tahun 2010, para arkeolog yang berasal dari salah satu perguruan tinggi pernah menemukan fosil-fosil manusia purba di goa ini. Selain itu, ditemukan juga peralatan makan yang mirip dengan pisau yang terbuat dari batu serpih. Di bagian dinding, ditemukan juga lukisan yang diperkirakan sudah berusia ribuan tahun. Hal ini menunjukkan bahwa kawasan ini dahulunya pernah didiami oleh sekelompok manusia.

2. Pantai Angsana

Pantai Angsana adalah Tempat wisata di Batulicin yang paling populer terutama di Kabupaten Tanah Bumbu. Pantai ini memiliki panjang garis pantai sepanjang 6 kilometer. Pantai Angsana terletak di Desa Angsana yang berjarak 65 km dari Ibukota Kabupaten.

pantai angsana Tempat wisata di Batulicin

Tugu Pantai Angsana, Tempat wisata di Batulicin – Foto oleh dalunawisata.com

Selain dapat menikmati hamparan pasir halus serta suasana senja di pantai, kamu juga bisa menikmati wahan permainan seperti banana boat dan jetski. Selain permainan yang memicu adrenalin, kamu juga dapat menikmati keindahan bawah laut di Pantai Angsana yang tak kalah dengan pesona pantai lainnya. Pantai Angsana memiliki terumbu karang dan biota laut yang beragam yang bisa memanjakan mata kamu saat snorkeling ataupun diving.

3. Pantai Rindu Alam

Satu lagi pantai yang wajib kamu kunjungi di Tanah Bumbu adalah Pantai Rindu Alam. Tempat wisata di Batulicin ini berjarak kurang lebih 25 km dari ibukota kabupaten, pantai ini juga dilengkapi dengan banyak fasilitas umum dan juga wahana bermain seperti kolam renang, flying fox, dan play ground.

Pantai Rindu Alam tanah bumbu

Pantai Rindu Alam tanah bumbu – foto nativeindonesia.com

Buat kamu yang hanya ingin bersantai, Pantai Rindu Alam sangat cocok dikunjungi karena pantai ini memiliki banyak pepohonan rindang yang pasti akan membuatmu betah berlama-lama. Kamu juga bisa membawa keluargamu atau teman-teman berlibur kesini karena terdapat banyak gazebo dan pendopo yang dapat digunakan bersama-sama.

Baca juga ya :

4. Pantai Sungai Cuka

pantai sungai cuka Tempat wisata di Batulicin

Pantai Sungai Cuka, Tempat wisata di Batulicin – Foto oleh nativeindonesia.com

Selain Pantai Angsana, kamu yang ingin melihat keindahan terumbu karang juga bisa berkunjung ke Pantai Sungai Cuka. Pantai ini berada di Desa Sungai Cuka, Kecamatan Satui yang berjarak kutang lebih 100 km dari ibukota Kecamatan Tanah Bumbu.

Untuk bisa melihat langsung terumbu karang disini, kamu bisa menggunakan perahu cepat atau perahu nelayan dengan waktu tempuh sekitar 15 menit dari bibir pantai. Uniknya, ada salah satu terumbu karang yang menyerupai buaya sehingga masyarakat setempat menjulukinya dengan terumbu karang batu buaya.

5. Air Terjun Mandin Damar

air terjun mandin damar Tempat wisata di Batulicin

Air Terjun Mandin Damar, Tempat wisata di Batulicin – Foto oleh travel.trinbunnews.com

Bosan dengan suasana pantai? Saatnya kamu berkunjung ke air terjun Mandin Damar. Air terjun ini terletak di Desa Gunung Raya Kecamatan Mentewe Kabupaten Tanah Bumbu. Jaraknya sekitar 70 km dari Batulicin.

Jarak sejauh itu akan menjadi tidak berarti saat kamu tiba di lokasi air terjun. Kamu akan melihat pesona air terjun yang luar biasa yang masih terjaga keasriannya. Namun demikian, objek wisata ini masih perlu mendapat perhatian serius dari berbagai pihak. Selain karena belum terlalu terkenal, infrastruktur pendukung di sekitar air terjun juga harus dilengkapi.

6. Pulau Sewangi

Pulau Sewangi

Pulau Sewangi – foto banjarmasinpos.com

Salah satu destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi saat berada di Tempat wisata di Batulicin kabupaten Tanah Bumbu adalah Pulau Sewangi. Pulau yang berada di antara Laut Jawa dan Selat Makassar ini berbatasan langsung dengan Pulau Laut Utara, Kotabaru. Pulau Sewangi memiliki luas kurang lebih 4500 meter persegi dengan panjang 15 km.

Yang unik dari Pulau Sewangi ini adalah disini terdapat sumber mata air yang tidak pernah kering meskipun sedang musim kemarau. Bahkan masyarakat yang tinggal di pulau ini dapat memproduksi air bersih sebesar 40 mililiter kubik per hari.

Leave a Reply