Air Terjun, Alam, Bukit, Daftar Wisata

6 Tempat wisata di Paringin Kabupaten Balangan

6 Tempat wisata di Paringin Kabupaten Balangan 1

Air Terjun Manyandar. Foto by wartawisata.id

Tempat wisata di Paringin Kabupaten Balangan – Mungkin kamu jarang mendengar kata Paringin atau Balangan. Namun, wilayah yang satu ini mempunyai banyak sekali destinasi wisata yang sangat indah. Balangan merupakan sebuah kabupaten yang berada di provinsi Kalimantan Timur. Daerah ini memiliki wilayah yang sebagian besarnya adalah pegunungan sehingga Balangan memiliki hawa yang sejuk.

Meskipun begitu, tempat wisata yang ada di Balangan cukup beragam loh. Setidaknya ada 6 tempat wisata yang wajib kamu kunjungi jika sedang berada disini.

Baca juga ya :

Daftar tempat wisata di Paringin Kabupaten Balangan

1. Gunung Hantanung

gunung hantanung

Gunung Hantanung. Foto by wartawisata.id

Punya waktu untuk sekadar trekking atau berkemah? Destinasi wisata ini cocok buat kamu yang memiliki jiwa petualang. Gunung Hantanung terletak di Kecamatan Awayan tepatnya di Desa Sumsum. Selain memiliki keindahan panorama yang indah seperti sungai dan pepohonan yang lebat, gunung Hantanung memiliki daya tarik lain yaitu goa dengan lorong-lorong yang berhiaskan stalagtit dan stalagnit.

Gunung Hantanung memiliki suasana yang masih sejuk yang menyegarkan karena terletak cukup jauh dari ibukota Kabupaten Balangan, Paringin. Untuk sampat ke lokasi ini, kamu harus menempuh perjalanan sekitar 30 km dari Paringin. Jalur menuju lokasi cukup menyenangkan karena kamu akan melewati deretan rumah warga dan juga pepohonan karet. Tertarik berkunjung kesini?

2. Air Terjun Manyandar

Objek wisata menarik lainnya di Kabupaten Balangan adalah Air Terjun Manyandar. Lokasinya terletak di Desan Anjungan, Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan. Untuk sampai ke lokasi ini, kamu harus menempuh perjalanan sekitar 27 km dari pusat kota serta harus melewati semak belukar, hutan dan bebukitan.

6 Tempat wisata di Paringin Kabupaten Balangan 2

Air Terjun Manyandar. Foto by wartawisata.id

Sesampainya disana, kamu akan melihat keindahan air terjun yang beda dari biasanya. Dinamai sebagai Air Terjun Manyandar karena air terjun disini mengalir dari atas bebukitan yang miring, sehingga posisinya seperti orang yang sedang menyandar. Ayo segera ajak teman atau keluargamu berlibur kesini!

3. Danau Baruh Bahinu

6 Tempat wisata di Paringin Kabupaten Balangan 3

Danau Baruh Bahinu. Foto by instagram @nuerhaifa

Bosan di rumah terus? Kamu harus mengunjungi tempat wisata yang satu ini. Danau Baharun Biru menawarkan pesona yang akan membuat pikiranmu kembali tenang. Hamparan danaunya yang luas serta suasana hutan yang mengelilinginya sangat cocok buat kamu menghabiskan waktu disini bersama keluarga atau teman. Disini disediakan rakit dan juga perahu bebek yang bisa kamu sewa untuk menikmati suasana danau yang tenang.

Danau Baharun Biru terletak di Kecamatan Paringin Selatan, Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan. Kamu perlu menempuh jarak sekitar 10 km dari pusat kota untuk bisa sampai di lokasi ini.

Baca juga ya :

4. Gunung Hauk

Gunung ini adalah tempat yang pas bagi kamu yang menyukai pendakian atau hiking di Kalimantan Selatan. Gunung Hauk juga cocok buat kamu yang ingin belajar atau baru pertama kali mencoba mendaki gunung, sebab gunung Hauk hanya memiliki ketinggian sekitar 1325 mdpl. Lelahnya pendakianmu akan terbayar lunas saat kamu mencapai puncaknya. Kamu akan disuguhkan dengan pemandangan hamparan pepohonan yang lebat dan bebukitan yang memesona.

Jika kamu ingin berwisata ke gunung Hauk, pastikan kamu memiliki stamina yang baik dan perbekalan yang cukup ya. Sebab perjalanan menuju puncak gunung akan terasa sulit dan menantang.

5. Bukit Balawanai

6 Tempat wisata di Paringin Kabupaten Balangan 4

Bukit Balawanai. Foto by wisatasia.com

Jika mendaki gunung terasa lebih berat dan melelahkan buat kamu, maka bukit Balawanai ini bisa menjadi alternatifnya. Kamu masih bisa merasakan pemandangan yang indah seperti dari atas gunung disini. Bukit Balawanai memiliki ketinggian tidak lebih dari 284 mdpl saja. Mendakinya tentu tidak akan menguras energimu terlalu banyak. Kamu juga dapat menyaksikan gumpalan awan putih seperti negeri di atas angin jika kamu datang ke bukit ini pada pagi hari.

6. Goa Berangin

6 Tempat wisata di Paringin Kabupaten Balangan 5

Goa Berangin. Foto by wisatakalimantan.com

Goa Berangin dahulunya merupakan tempat bagi masyarakat untuk mencari dan mengambil sarang burung walet. Sekarang, goa yang terletak di kaki gunung Belawan ini menjadi destinasi wisata baru. Keunikan dari goa ini adalah ia terlihat seperti terowongan yang menghubungkan ke dasar gunung Belawan. Jika kamu beruntung, di dalam goa ini kamu dapat melihat langsung tumpukan burung-burung yang mendiami goa.

Leave a Reply