6 Tempat wisata di Paringin Kabupaten Balangan - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Air Terjun, Alam, Bukit, Daftar Wisata

6 Tempat wisata di Paringin Kabupaten Balangan

6 Tempat wisata di Paringin Kabupaten Balangan 1

Air Terjun Manyandar. Foto by wartawisata.id

Tempat wisata di Paringin Kabupaten Balangan – Mungkin kamu jarang mendengar kata Paringin atau Balangan. Namun, wilayah yang satu ini mempunyai banyak sekali destinasi wisata yang sangat indah.

Balangan merupakan sebuah kabupaten yang berada di provinsi Kalimantan Timur. Daerah ini memiliki wilayah yang sebagian besarnya adalah pegunungan sehingga Balangan memiliki hawa yang sejuk.

Meskipun begitu, tempat wisata yang ada di Balangan cukup beragam loh. Setidaknya ada 6 tempat wisata yang wajib kamu kunjungi jika sedang berada disini.

Baca juga ya :

Daftar tempat wisata di Paringin Kabupaten Balangan

1. Gunung Hantanung

gunung hantanung

Gunung Hantanung. Foto by wartawisata.id

Punya waktu untuk sekadar trekking atau berkemah? Destinasi wisata ini cocok buat kamu yang memiliki jiwa petualang. Gunung Hantanung terletak di Kecamatan Awayan tepatnya di Desa Sumsum.

Selain memiliki keindahan panorama yang indah seperti sungai dan pepohonan yang lebat, gunung Hantanung memiliki daya tarik lain yaitu goa dengan lorong-lorong yang berhiaskan stalagtit dan stalagnit.

Gunung Hantanung memiliki suasana yang masih sejuk yang menyegarkan karena terletak cukup jauh dari ibukota Kabupaten Balangan, Paringin. Untuk sampat ke lokasi ini, kamu harus menempuh perjalanan sekitar 30 km dari Paringin.

Jalur menuju lokasi cukup menyenangkan karena kamu akan melewati deretan rumah warga dan juga pepohonan karet. Tertarik berkunjung kesini?

2. Air Terjun Manyandar

6 Tempat wisata di Paringin Kabupaten Balangan 2

Air Terjun Manyandar. Foto by wartawisata.id

Tempat wisata di Paringin Kabupaten Balangan selanjutnya adalah Air Terjun Manyandar. Lokasinya terletak di Desan Anjungan, Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan.

Untuk sampai ke lokasi ini, kamu harus menempuh perjalanan sekitar 27 km dari pusat kota serta harus melewati semak belukar, hutan dan bebukitan.

Sesampainya disana, kamu akan melihat keindahan air terjun yang beda dari biasanya.

Dinamai sebagai Air Terjun Manyandar karena air terjun disini mengalir dari atas bebukitan yang miring, sehingga posisinya seperti orang yang sedang menyandar.

Ayo segera ajak teman atau keluargamu berlibur kesini!

3. Danau Baruh Bahinu

6 Tempat wisata di Paringin Kabupaten Balangan 3

Danau Baruh Bahinu. Foto by instagram @nuerhaifa

Bosan di rumah terus? Kamu harus mengunjungi tempat wisata yang satu ini. Danau Baharun Biru menawarkan pesona yang akan membuat pikiranmu kembali tenang.

Leave a Reply