Uncategorised

Kuliner dan Makanan Khas Batu Licin Kabupaten Tanah Bumbu

Nasi Pundut

Nasi Pundut, Makanan Khas Batu Licin - Sumber: cookpad.com

Makanan Khas Batu Licin – Adanya rencana pemindahan ibu kota di Pulau Kalimantan menjadikan pulau ini mulai dilirik oleh wisatawan. Tak sedikit yang penasaran dengan apa yang ada di pulau terbesar di Indonesia ini. Salah satu kabupaten yang menjadi tujuan wisatawan adalah Kalimantan Selatan, tepatnya di Kecamatan Batu Licin, Kabupaten Tanah Bumbu.

Kota Batu Licin sendiri terletak di tepi Sungai Batu Licin, yang jaraknya kurang lebih 265 kilometer di sebelah timur Kota Banjarmasin. Meski jauh dari Banjarmasin, tidak menyurutkan keinginan para wisatawan berkunjung ke Batu Licin. Apalagi, Batu Licin memiliki kuliner khas yang unik dan lezat. Apa saja itu?

Inilah Kuliner dan Makanan Khas Batu Licin Kabupaten Tanah Bumbu

Datang berwisata belum lengkap jika tidak mencicipi kuliner khas daerah yang dikunjungi. Berikut ini adalah kuliner khas dari Batu Licin Kabupaten Tanah Bumbu.

1. Kue Ipau, Makanan Khas Batu Licin yang nikmat

Kue Ipau, Makanan Khas Batu Licin yang nikmat

Kue Ipau, Makanan Khas Batu Licin yang nikmat – Foto: cookpad.com

Jika mengenal adanya makanan luar negeri bernama lasagna, begitulah gambaran kue ipau atau Makanan Khas Batu Licin ini. Kue ini terbuat dari tepung, telur, serta bumbu – bumbu.

Uniknya, bumbu kue ini bukanlah gula atau semacamnya, tapi menggunakan wortel, bawang merah dan putih, serta bubuk karih. Bahkan supaya lebih enak, isiannya juga menggunakan daging ayam.

Baca juga ya : Yuk liburan ke 5 Tempat wisata di Batulicin yang ngehits

Nama asli kue ipau ini adalah wadai ipau. Dimana, dalam bahasa Banjar, wadai berarti kue. Karena mirip lasagna, kue ini seringkali disebut sebagai lasagna tradisional rasa khas Nusantara. Karena tahan beberapa hari dan dapat dibawa tanpa khawatir tumpah, kue ini juga cocok dijadikan oleh – oleh saat berkunjung ke Batu Licin.

2. Bingka Sarang Semut

Bingka Sarang Semut Makanan Khas Batu Licin

Bingka Sarang Semut, Makanan Khas Batu Licin – Sumber: pinterest.ca

Jika sebelumnya mirip dengan lasagna, kali ini makanan khas dari Batu Licin adalah bingka sarang semut, yang memiliki bentuk seperti borwnies. Bewarna cokelat gelap dengan tekstur yang lembut serta rasa yang manis. Dinamakan sarang semut karena bentuk kue ini ketika diiris seperti sarang semut yang berlubang – lubang.

Makanan ini terbilang tahan lama ketika disimpan. Sehingga, tak sedikit wisatawan memilih bingka sarang semut sebagai oleh – oleh.

3. Kerupuk Amplang

Amplang

Amplang – Sumber: dunia-perairan.com

Jika ingin mencoba camilan yang gurih dan nikmat, bisa memilih amplang. Rasanya macam – macam, biasanya adalah rasa tengiri. Amplang seperti snack yang bentuknya menggembung, seperti makanan ringan lainnya. Amplang juga dapat dijadikan oleh – oleh karena ringan dan tahan lama.

5.  Nasi Pundut

Nasi Pundut, Makanan Khas Batu Licin

Nasi Pundut, Makanan Khas Batu Licin – Sumber: cookpad.com

Kuliner yang satu ini begitu unik. Seperti namanya, nasi pundut adalah Makanan Khas Batu Licin yang terbuat dari beras yang diberi campuran santan. Sekilas mungkin berpikir bahwa nasi pundut seperti nasi uduk, tapi bukan. Keunikan dari nasi ini adalah cara pengemasannya yang dibungkus dengan daun pisang.

Di dalam nasi, diisi daging serta bumbu – bumbu layaknya nasi bakar. Untuk menambah kelezatan kuliner ini, biasanya di bagian luar bungkus terdapat sambal yang dapat dituangkan ke atas nasi ketika menyantapnya. Jika kurang puas, menikmati nasi pundut dapat ditambah dengan lauk lain seperti telur asin.

5. Rabuk Ikan

Rabuk Ikan

Rabuk Ikan, Makanan Khas Batu Licin – Sumber: bukumasakan.com

Rabuk ikan bisa dikatakan abon ikan khas Kalimantan Selatan. Rabuk ikan terbuat dari ikan haruan dan ikan tengiri. Ikan haruan sendiri hanya ada di Kalimantan Selatan, yang menjadikan rabuk ikan ini begitu istimewa.

Rasanya gurih campuran ikan dan rempah – rempah. Begitu enak apalagi disantap dengan nasi hangat dan sambal. Tak heran jika rabuk ikan menjadi buruan wisatawan, bahkan warga lokal pun senang dengan makanan ini.

6. Dodol Kandangan

Dodol Kandangan

Dodol Kandangan – Foto: indonesiakaya.com

Batu Licin juga memiliki dodol, tidak hanya Garut. Dodol khas Kalimantan Selatan ini bernama dodol kandangan, yang terbuat dari beras ketan, gula aren, serta bahan penyedap lainnya. Layaknya dodol pada umumnya, dodol kandangan juga memiliki tekstur kenyal dan lengket.

Dodol kandangan dibuat dalam berbagai varian rasa. Namun, yang paling khas adalah rasa durian. Karena aroma khas duriannya begitu kuat dan terasa bahkan sejak pertama gigitan.

***

Itulah kuliner dan makanan khas dari Batu Licin, Kabupaten Tanah Bumbu. Tertarik untuk mencoba?

Leave a Reply