6 Tempat Makan Gudeg di Yogyakarta - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Kuliner

6 Tempat Makan Gudeg di Yogyakarta

Gudeg Yu Djum. Tempat Makan Gudeg di Yogyakarta - Foto: instagram / gudegyudjum

Gudeg Yu Djum. Tempat Makan Gudeg di Yogyakarta - Foto: instagram / gudegyudjum

Tempat Makan Gudeg di Yogyakarta – Gudeg, siapa tidak mengenal makanan khas Jawa ini? Makanan ini banyak ditemukan di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Nangka muda mentah direbus selama beberapa jam bersama gula aren, santan, dan berbagai rempah, sehingga menciptakan cita rasa kuliner yang khas.

Dalam penyajiannya, biasanya gudeg ditemani oleh nasi putih hangat, krecek dan lauk. Krecek adalah sambal goreng dengan kerupuk kulit. Sedangkan pilihan lauk yang tersedia biasanya adalah opor ayam, telur bacem, tahu, tempe, ampela, dsb.

Terkenal sebagai Kota Gudeg, kita akan bisa menemukan berbagai pilihan warung makan penjual gudeg di Yogyakarta. Masing-masing penjual memiliki cita rasa gudeg yang berbeda, terutama dari tingkat rasa manis, serta kering basahnya gudeg yang dihasilkan. Berikut beberapa tempat makan gudeg di Yogyakarta yang patut untuk dikunjungi.

1. Gudeg Yu Djum

Gudeg Yu Djum. Tempat Makan Gudeg di Yogyakarta -  Foto: instagram / gudegyudjum

Gudeg Yu Djum. Tempat Makan Gudeg di Yogyakarta – Foto: instagram / gudegyudjum

Tempat Makan Gudeg di Yogyakarta yang paling dikenal adalah Gudeg Yu Djum. Tempat makan yang dirintis oleh Ibu Djuwariyah sejak 1951 ini telah bertahan selama empat generasi. Bahkan tempat makan ini telah memiliki banyak cabang, termasuk di luar Yogyakarta.

Gudeg Yu Djum terkenal dengan rasanya yang manis dan teksturnya yang kering. Oleh karena itu, gudeg ini bisa dijadikan oleh-oleh karena bisa bertahan lebih lama. Selain itu jika berminat, pengunjung juga bisa melihat proses pembuatan gudeg di  dalam dapur Yu Djum.

Baca juga 5 Taman di Yogyakarta yang Harus Dikunjungi

Salah satu gerai makan Gudeg Yu Djum bisa kita temukan di Jalan Wijilan No 31 Panembahan Kota Yogyakarta. Tempat ini buka pukul enam  pagi hingga sepuluh malam.

2. Gudeg Permata atau Gudeg Bu Pujo

Gudeg Permata. Tempat Makan Gudeg di Yogyakarta - Foto: instagram / kulineran_yk

Gudeg Permata. Tempat Makan Gudeg di Yogyakarta – Foto: instagram / kulineran_yk

Tempat Makan Gudeg di Yogyakarta lainnya adalah Gudeg Permata. Tempat Gudeg ini menawarkan cita rasa gudeg yang tidak terlalu manis. Gudegnya pun tidak terlalu kering, cenderung basah dengan kuah santan.  Selain gudegnya sendiri, kecrek di tempat ini juga disebut-sebut sebagai salah satu yang terenak.

Gudeg Permata berlokasi di Jalan Gajah Mada Yogyakarta, tepatnya di pertigaan lampu merah Pakualaman. Gerai ini buka mulai jam 9 malam hingga 2 dini hari. Jika berkunjung, pastikan anda datang lebih awal dan siap mengantri, karena Gudeg Permata juga terkenal akan antriannya yang cukup panjang.

3. Gudeg Pawon, Tempat Makan Gudeg di Yogyakarta

Gudeg Pawon. Tempat Makan Gudeg di Yogyakarta -  Foto: instagram / jogjabikinlaper

Gudeg Pawon. Tempat Makan Gudeg di Yogyakarta – Foto: instagram / jogjabikinlaper

Tempat Makan Gudeg di Yogyakarta yang satu ini menawarkan pengalaman yang berbeda bagi pengunjung yang datang. Hal ini dikarenakan Gudeg Pawon berjualan di depan dapurnya langsung. Kata pawon dalam bahasa Jawa memiliki arti dapur.

Leave a Reply