Kuliner

6 Kuliner Larantuka, Kabupaten Flores Timur

6 Kuliner Larantuka, Kabupaten Flores Timur 1

Larantuka merupakan nama kecamatan di Nusa Tenggara Timur yang menjadi ibukota Kabupaten Flores Timur. Sebagai bagian dari Nusa Tenggara Timur, Larantuka memiliki wilayah yang indah dan bisa menjadi pilihan destinasi wisata.

Tak hanya keindahan alam, Larantuka menyajikan beragam kuliner yang bisa menjadi pilihan. Apa saja sih kuliner yang bisa kamu cicipi saat berkunjung ke Larantuka? Cek list dibawah ini untuk tentukan pilihanmu!

Baca juga : 5 Tempat Wisata di Flores Nusa Tenggara Timur

1. Jagung Titi

6 Kuliner Larantuka, Kabupaten Flores Timur 4

sumber : tagar.id

Sesuai dengan namanya, makanan ini berbahan dasar jagung. Makanan ini termasuk dalam jenis cemilan. Masyarakat Larantuka sangat suka makanan ini. Bahkan jagung titi juga dikenal di daerah lain seperti Adonara, Lembata, dan lainnya.

Jagung titi dibuat dengan dua jenis rasa, ada biasa dan manis. Rasa biasa mirip dengan rasa popcorn yang tidak pakai bumbu, mungkin karena sama-sama berbahan jagung, ya! Untuk membuatnya, jagung digoreng tanpa minyak kemudian ditumbuk tapi tidak sampai halus. Kalau ingin rasa manis, sebelum ditumbuk tambahkan air gula.

Sebagai makanan ringan, masyarakat sering menjadikan jagung titi sebagai teman makan diwaktu senggang sambil minum kopi. Harganya pun murah, hanya 25.000 rupiah untuk satu bungkus. Wah, cukup banyak loh! Sekali makan pasti ketagihan!

2. Manuk Tapo Sewut

6 Kuliner Larantuka, Kabupaten Flores Timur 5

sumber : kompasiana

Makanan ini sebenarnya makan khas dari salah satu suku yang mendiami Larantuka. Nama suku tersebut adalah Lamaholot. Secara pengertian Manuk : ayam, Tapo : kelapa, dan Sewut : campur. Ya makanan ini merupakan ayam yang diolah dengan cara dicampur dengan kelapa. Makanan ini sangat lekat dengan masyarakat sehingga menjadi makanan keluarga. Biasanya ditemui sebagai hidangan keluarga di daerah pesisir pantai saat sedang rekreasi bersama.

Cara membuatnya sangat mudah, sederhana, dan tak perlu waktu lama. Hal pertama yang dilakukan adalah menyiapkan ayam kampung sebagai bahan dasar. Bahan lain adalah kelapa parut, bawang merah, garam, daun sereh, jeruk nipis, dan kemangi. Ayam dipanggang hingga matang, kemudian dagingnya disuwir kecil-kecil dan dipotong kecil-kecil. Langkah berikutnya ayam dicampur dengan semua bahan lain. Air jeruk nipis baru diberikan setelah selesai mencampur dengan rata. Selesai! Ayam siap disantap sambil melihat pemandangan yang indah.

3. Manisan Bidara

6 Kuliner Larantuka, Kabupaten Flores Timur 6

sumber : youtube.com

Pernahkah kamu mendengar tentang buah bidara? Konon buah ini sudah lama ditanam di Flores dan sekitarnya. Buah bidara merupakan buah dengan berbagai manfaat untuk kesehatan  karena mengandung anti oksidan. Bisa sebagai obat flu, mengobati diabetes baik untuk kesehatan gigi dan tulang, dan masih banyak lagi khasiatnya. Cara penyajian buah bidara harus dibuat manisan atau direndam untuk diminum air rendamannya.

Di Larantuka, manisan bidara bisa ditemukan di pasar tradisional. Jika berkunjung ke sini, harus membeli untuk oleh-oleh. Biasanya manisan dimakan sebagai camilan.

4. Kue Rambut

6 Kuliner Larantuka, Kabupaten Flores Timur 7

sumber : saibumi.com

Dari bentuk saja sudah unik, ya! Kue ini ternyata terkenal juga di beberapa daerah lain seperti Alor. Tapi bisa dibilang kue ini juga khas dari Nusa Tenggara Timur. Kue rambut merupakan camilan yang terbuat dari tepung beras, gula aren, air, santan, garam, air nira, dan minyak goreng. Saat menggoreng sambil dicetak dengan cetakan dari batok kelapa atau kaleng yang diberi lubang sehingga muncul bentuk menyerupai rambut. Rasanya gurih dan biasa disajikan dengan camilan lain. Harganya cukup murah di pasar tradisional yaitu 20.000 rupiah untuk 15 buah.

5. Bloma

6 Kuliner Larantuka, Kabupaten Flores Timur 8

sumber : fortunaexplore.com

Merupakan makanan asli khas dari Flores Timur. Namun sayang sekarang sudah sulit ditemui. Makanan ini adalah warisan leluhur. Cara memasaknya unik yaitu dengan memasukan bahan makanan kedalam sebuah bambu dan dibakar selama sekitar 2 jam. Bambu yang digunakan khusus harus tahu jenisnya agar makanan masak dengan baik. Bloma mengandung daging yang berbeda jenis sepert ayam, ikan, dan babi. Saat festival Nusa Tadon, bloma dapat ditemukan dengan harga 35.000 untuk ayam, dan 25.000 untuk ikan.

6. Sajian Duta Café Larantuka

6 Kuliner Larantuka, Kabupaten Flores Timur 9

sumber : portalntt.com

Lokasi ini merupakan salah satu tempat makan yang menyediakan makan tradisional khas Larantuka, Flores Timur. Makanan alami dan sehat bisa kamu temukan disini. Bahan yang digunakan berasal dari hasil pertanian warga. Tersedia juga oleh-oleh yang bisa dibeli. Alamatnya adalah Jl. San Juan Kelurahan Sarotari, Sarotari, Larantuka, Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur.

Baca juga : 6 Kuliner dan Makanan Khas Bima Nusa Tenggara Barat

Itulah enam kuliner yang bisa kamu santap saat ke Larantuka, Kabupaten Flores Timur. Mana nih yang paling membuatmu penasaran?

Leave a Reply