6 Kuliner Khas Tanjung Redeb Kabupaten Berau

Tapi Ingat Pulang

Kuliner, Budaya, Pengetahuan

6 Kuliner Khas Tanjung Redeb Kabupaten Berau

6 Kuliner Khas Tanjung Redeb Kabupaten Berau

Fb Lapauta Resto and Food Kuliner Berau

6 Kuliner Khas Tanjung Redeb Kabupaten Berau. Kabupaten Berau merupakan salah satu wilayah di Kalimantan yang cukup eksotis. Mendengar kata “Kalimantan” pasti yang muncul dibenak Anda adalah ke-asrian dan ke-alaimian wilayahnya. Salah satu provinsi di Kalimantan yang sering menjadi incaran para pelancong adalah Provinsi Kalimantan Timur, lebih tepatnya  Kabupaten Berau merupakan salah satu wilayah yang dikenal akan kesejarahan dan keunikan wisatanya. Karena keunikannya, kabupaten ini mendapat julukan Bumi Batiwakkal yang berarti bumi makanan, yaitu keanekaragaman makanan khas masyarakat yang bisa kita jumpai di wilayah  ini.

Makanan tradisional di Berau menjadi wakil atau bagian dari budaya masyarakatnya. Makanan ini biasa digunakan untuk keperluan sehari-hari, acara adat, penyambutan tamu, pernikahan, hari besar ataupun acara besar lainnya. Setiap daerah di Kabupaten Berau memiliki corak sendiri dalam makanan khas. Kali ini saya akan merekomendasikan kepada Anda tentang 6 Kuliner dan Makanan Khas Tanjung Redeb Kabupaten Berau, sebagai berikut:

Udang Singgang

Udang Singgang

Makanan Udang Singgang by resepkoki.co

Urutan pertama dari 6 Kuliner Khas Tanjung Redeb Kabupaten Berau adalah Udang Singgang. Di zaman dulu, lauk ini menjadi menu favorit rumahan. Selain cara yang dibuat sangat mudah, untuk mendapatkan udang inipun juga tidaklah susah. Rasa dari udang ini memang alami cita rasa Berau, rasanya gurih dan enak. Cara membuatnya juga terbilang sangat mudah dan tidak memerlukan bumbu yang rumit dan hanya membutuhkan garam secukupnya. Namun bisa juga diperkaya dengan campuran bumbu lain seperti serai, lengkuas, bawang merah dan putih, cabai, dan keruk nipis. Sedikit santan juga bisa menambah rasa gurih.

Bubur Ancur Paddas

Bubur Ancu Paddas

Instagram @makanasional

Salah satu makanan ternama di Berau adalah Bubur Ancur Paddas. Apabila anda berkunjung ke daerah Tanjung Redeb, makanan ini wajib sekali dicoba. Pasalnya bubur ini memang sangat kaya akan berbagai rempah dan juga aneka jenis sayuran. Hal ini menciptakan rasa khas tersendiri yang bisa dibilang berbeda dan unik. Mempertahankan rasa yang gurih dan menjadi santapan yang lezat sebagai pengisi perut yang lapar. Bubur ini akan lebih enak jika dimakan dalam keadaan yang masih hangat, baunyapun akan serasa lebih pekat.

Bubur ini terbuat dari santan kelapa, daun labu yang masih muda, beras, jagung, daun kacang, kelapa parut, kacang panjang, dan kelapa parut yang sudah digoreng. Bumbunya sendiri seperti rempah-rempah biasanya yang sangat mudah dijumpai di pasaran, yakni: bawang merah, bawang putih, jintan putih, ketumbar, merica, serai, jahe, kunyit, lengkuas dan kemiri.

Bubur Ancur Paddas biasanya menjadi hidangan saat memperingati penyambutan tahun baru Islam yakni tanggal 10 di Bulan Muharram. Bubur ini juga umum disajikan sebagi menu berbuka puasa baik puasa sunnah maupun puasa wajib Ramadhan.

Di Kecamatan Gunung Tabur tepatnya kompleks Museum Batiwakkal, biasanya akan diadakan acara lomba tahunan memperingati hari jadi Kabupaten Berau dan Kota Tanjung Redeb. Jika kamu ingin mencoba bubur ini datanglah dan nikmati kemeriahannya.

Pindang Mannung

Pindang Manung

pontianak tribunnews

Dari namanya sendiri sudah terlihat jelas jika menu utama dalam pindang ini adalah ikan menangis atau dikenal mannung di bahasa Beraunya. Pindang ini menjadi salah satu dari 6 Kuliner Khas Tanjung Redeb Kabupaten Berau dengan cara pengolahan yang sangat sederhana. Tidak memerlukan banyak bumbu dan hanya menggunakan garam secukupnya, terasi dan asam yang dicampur dengan ikan mannung yang telah dibersihkan. Biarkan mendidih dengan ukuran api kecil saja. Tunggu sampai kering airnya dan pindang siap dihidangkan.

Puncak Rasul

Puncak Rosul

batang-boom.blogspot.com

Leave a Reply