6 Kuliner dan Makanan Khas Tanjungpandan Belitung - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Kuliner

6 Kuliner dan Makanan Khas Tanjungpandan Belitung

6 Kuliner dan Makanan Khas Tanjungpandan Belitung 1

Source: food.detik.com

Tanjungpandan adalah sebuah kota yang merupakan ibukota kabupaten Belitung, Provinsi Bangka Belitung. Tanjungpandan merupakan sebuah kota pelabuhan yang tentu saja memiliki hasil laut yang melimpah, seperti berbagai jenis ikan dan udang. Dengan demikian, tidak aneh rasanya jika kota ini memiliki jenis kuliner dan makanan khas yang berbahan utama hasil laut. Berikut ini adalah enam rekomendasi tempat kuliner dan makanan khas Tanjungpandan, Belitung. Simak, ya!

1. Mie Belitung

Mie Belitung merupakan sajian mie kuning yang diberi kuah udang, potongan kentang rebus, irisan timun, udang, dan ditaburi emping. Kuah udangnya yang kental menciptakan citarasa gurih yang sangat lezat dan khas. Kuah ini dibumbui dengan bawang putih, bawang merah, merica, dan jahe. Ada banyak kedai atau rumah makan yang menawarkan menu ini, salah satunya adalah Mie Belitung Nyonya Atep yang terletak di berada di Jalan Sriwijaya, Tanjungpandan. Warung ini sudah berdiri selama 39 tahun lamanya, jadi tidak perlu diragukan lagi rasanya.

2. Bedulang

6 Kuliner dan Makanan Khas Tanjungpandan Belitung 2

Source: pegipegi.com

Sebenarnya bedulang adalah sebuah prosesi makan bersama. Namun kini bedulang juga dijadikan sebagai nama sepaket makanan tersebut. Sepaket makanan itu terdiri dari berbagai macam lauk yang biasanya berupa ikan, ayam ketumbar, sate ikan goreng, oseng kacang panjang dan cumi, ikan bilis goreng, lalapan, nasi putih, dan serai khas Belitung diletakkan dalam satu nampan besar berbentuk bundar. Satu nampan biasanya disediakan untuk empat orang. Orang-orang yang akan menyantap bedulang duduk mengelilingi nampan bundar tersebut. Harga satu nampan bedulang dibanderol sekitar Rp 100.000,00.

Baca juga:

3. Gangan

6 Kuliner dan Makanan Khas Tanjungpandan Belitung 3

Source: dream.co.id

Gangan disebut-sebut adalah salah satu kuliner yang melegenda di bumi ‘Laskar Pelangi’. Gangan merupakan sajian sup ikan dengan kuah berwarna kuning yang memiliki paduan rasa asam dan pedas. Bahan utama gangan biasanya adalah ikan ketarap, ikan kakap merah, dan ikan bulat. Meskipun selintas mirip dengan gulai, namun gangan tidak menggunakan santan. Seperti masakan khas Pulau Sumatera lainnya, gangan ini pun memiliki rasa rempah-rempah yang kuat. Sebabnya, berbagai macam rempah-rempah digunakan untuk memasak makanan khas ini, antara lain bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit, kemiri, lengkuas, serai dan asam. Gangan juga menggunakan potongan nanas sehingga menambah kesegaran saat menyantapnya. Salah satu rumah makan yang menawarkan sajian ini adalah RM. Gangan Sari yang bertempat di Jalan Irian, Tanjungpandan.

Leave a Reply