6 Kuliner dan Makanan Khas Sekadau - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Kuliner

6 Kuliner dan Makanan Khas Sekadau

Es Krim Angi Makanan Khas Sekadau

Makanan Khas Sekadau - Sumber: Tribunnews.com

Makanan Khas Sekadau – Ketika mengunjungi suatu daerah salah satu yang menjadi incaran para wisatawan adalah merasakan kuliner dan makanannya. Salah satu kuliner yang terkenal akan kelezatannya adalah Kabupaten Sekadau, Provinsi Kalimantan Barat. Berbagai makanan khas mulai dari  masakan, minuman, sayuran, ataupun kue bisa ditemukan dengan mudah di Sekadau.

6 Kuliner dan Makanan Khas Sekadau

1. Ce Hun Tiao atau Ce Hun Tiaw

Ce Hun Tiao

Ce Hun Tiao – foto tukangjajan

Ce hun tiao/ce hun tiaw juga disebut es campur. Isinya terdiri dari cincau dipotong dadu kecil-kecil, jelly bening panjang, kacang merah, ketan hitam dan sepotong bongko. Bongko sendiri merupakan kue hijau yang warna hijau tersebut  diperoleh dari daun suji atau pandan.

Semua bahan-bahan tadi dicampur dengan cara saling ditumpuk dan bagian paling atas diberi es serut kemudian disiram kuah santan encer. Ce hun tiao/ce hun tiaw banyak ditemukan di pinggir jalan.

2. Es krim angi

Es Krim Angi

Es Krim Angi – Sumber: Tribunnews.com

Siapa yang suka es krim? Sekadau juga mempunyai es krim khas yang tidak kalah nikmat dari es krim pada umumya. Perbedaan dengan es krim lainnya adalah, es krim angi disajikan pada batok kelapa muda/batok degan lengkap dengan jelly panjang seperti mie dan kacang merah.

Citarasa khas yang ditawarkan adalah segar, manis, dan gurih. Sama dengan es krim pada umumnya, es krim angi juga mempunyai beberapa varian rasa. Satu porsi es krim angi berisi 3 scoop es krim homemade dijual seharga Rp. 23.000,00.

3. Kue Jimut, Makanan Khas Sekadau berupa cemilan

Jimut merupakan camilan khas suku Dayak Mualang di daerah Belitung Kabupaten Sekadau.  Bahan dasar kue jimut adalah tepung terigu. Tak heran jika citarasa yang dihasilkan benar-benar lezat, manis dan memiliki tekstur yang lembut.

Jimut

Jimut, Makanan khas Sekadau

Rasa manis jimut berasal dari isiannya berupa gula merah. Saat pertama kali menggigit, Anda akan merasakan manis dari gula dan lembutnya tekstur kue. Bentuk dari kue tradisional jimut adalah bulat sebesar bola pimpong. Biasanya masyarakat Dayak Mualang Sekadau menyajikan kue tradisional ini dalam rangka perayaan hari besar maupun selamatan.

Baca juga ya :

Kue jimut bisa Anda temukan di pinggir jalan Sekadau, di pasar tradisional, dan bahkan di cafe-cafe. Kue yang satu ini memang mudah ditemukan karena sudah sangat familiar baik di kalangan masyarakat lokal maupun wisatawan.

4. Udang singgang

Udang Singgang

Udang Singgang, Makanan Khas Sekadau – Sumber: Tulisresep

Leave a Reply