Kuliner

6 Kuliner dan Makanan Khas Sekadau

Es Krim Angi Makanan Khas Sekadau

Makanan Khas Sekadau - Sumber: Tribunnews.com

Makanan Khas Sekadau – Ketika mengunjungi suatu daerah salah satu yang menjadi incaran para wisatawan adalah merasakan kuliner dan makanannya. Salah satu kuliner yang terkenal akan kelezatannya adalah Kabupaten Sekadau, Provinsi Kalimantan Barat. Berbagai makanan khas mulai dari  masakan, minuman, sayuran, ataupun kue bisa ditemukan dengan mudah di Sekadau.

6 Kuliner dan Makanan Khas Sekadau

1. Ce Hun Tiao atau Ce Hun Tiaw

Ce Hun Tiao

Ce Hun Tiao – foto tukangjajan

Ce hun tiao/ce hun tiaw juga disebut es campur. Isinya terdiri dari cincau dipotong dadu kecil-kecil, jelly bening panjang, kacang merah, ketan hitam dan sepotong bongko. Bongko sendiri merupakan kue hijau yang warna hijau tersebut  diperoleh dari daun suji atau pandan.

Semua bahan-bahan tadi dicampur dengan cara saling ditumpuk dan bagian paling atas diberi es serut kemudian disiram kuah santan encer. Ce hun tiao/ce hun tiaw banyak ditemukan di pinggir jalan.

2. Es krim angi

Es Krim Angi

Es Krim Angi – Sumber: Tribunnews.com

Siapa yang suka es krim? Sekadau juga mempunyai es krim khas yang tidak kalah nikmat dari es krim pada umumya. Perbedaan dengan es krim lainnya adalah, es krim angi disajikan pada batok kelapa muda/batok degan lengkap dengan jelly panjang seperti mie dan kacang merah.

Citarasa khas yang ditawarkan adalah segar, manis, dan gurih. Sama dengan es krim pada umumnya, es krim angi juga mempunyai beberapa varian rasa. Satu porsi es krim angi berisi 3 scoop es krim homemade dijual seharga Rp. 23.000,00.

3. Kue Jimut, Makanan Khas Sekadau berupa cemilan

Jimut merupakan camilan khas suku Dayak Mualang di daerah Belitung Kabupaten Sekadau.  Bahan dasar kue jimut adalah tepung terigu. Tak heran jika citarasa yang dihasilkan benar-benar lezat, manis dan memiliki tekstur yang lembut.

Jimut

Jimut, Makanan khas Sekadau

Rasa manis jimut berasal dari isiannya berupa gula merah. Saat pertama kali menggigit, Anda akan merasakan manis dari gula dan lembutnya tekstur kue. Bentuk dari kue tradisional jimut adalah bulat sebesar bola pimpong. Biasanya masyarakat Dayak Mualang Sekadau menyajikan kue tradisional ini dalam rangka perayaan hari besar maupun selamatan.

Baca juga ya :

Kue jimut bisa Anda temukan di pinggir jalan Sekadau, di pasar tradisional, dan bahkan di cafe-cafe. Kue yang satu ini memang mudah ditemukan karena sudah sangat familiar baik di kalangan masyarakat lokal maupun wisatawan.

4. Udang singgang

Udang Singgang

Udang Singgang, Makanan Khas Sekadau – Sumber: Tulisresep

Udang singgang adalah makanan khas Sekadau berupa lauk pauk yang menjadi kegemaran di zaman dulu. Cara memasaknya cukup sederhana. Pertama, udang sungai diberi garam (bumbu yang digunakan cukup garam saja karena udang sungai yang ada di perairan berau sudah lezat dan gurih). Kedua, rebus udang dengan sedikit air. Terakhir, tunggu sampai masak dan nikmati lauk ini.

5. Tumpi udang

Tumpi udang adalah makanan khas Sekadau berupa sayuran dan terkadang bisa juga sebagai lauk pauk. Cara membuat tumpi udang adalah kepal udang ditumbuk dengan parutan kelapa. Selanjutnya beri bumbu bawang merah, bawang putih dan kunyit.

Kemudian tumbukan tadi dibentuk bulat dan gepeng dan digoreng. Tumpi udang biasanya dijadikan hidangan untuk acara persiapan perkawinan atau arwahan. Makanan Khas Sekadau ini memang jarang ditemukan dan cukup sulit menemukanya mengingat udang yang mulai langka dan mahal.

6. Talinga sagayi

Makanan Khas Sekadau lainnya adalah talinga sagayi. Dari segi bahasa talinga sagayi berarti kuping dayak (yang panjang). Bahan dasar kue talinga sagayi mirip dengan kue cincin yang biasa dijumpai di pasar. Sementara itu bentuknya menyerupai angka delapan.

Cemilan Sekadau

Kue Sekadau – Sumber: Wisato

Talinga sagayi terbuat dari tepung dan gula merah yang diaduk hingga rata dan kemudian digoreng. Kue talinga sagai sangat cocok untuk Anda yang menyukai camilan manis dan renyah.

Keunikan dari kue jenis ini adalah prosses pembuatannya di abadikan dalam sebuah lagu yang berjudul ‘Talinga Sagai’ tapi liriknya berbahasa berau asli. Anda yang penasaran dengan kue talinga sagayi bisa membeli dengan harga Rp. 32.000,00.

Masakan yang merupakan bagian dari budaya suatu suku selalu memiliki ciri dan rasa tersendiri. Hasil olahan tersebut bisa digunakan untuk makanan sehari-hari maupun untuk menghormati tamu, menyambut hari besar, upacara pernikahan, arwahan, dan upacara adat lainnya.

***

Kurang rasanya jika jauh-jauh berkunjung ke Sekadau Kalimantan Barat tapi tidak merasakan kuliner dan makanan khas di sana. 6 Kuliner dan makanan khas Sekadau di atas dapat menjadi rekomendasi yang patut Anda coba.

Leave a Reply