Air Terjun, Alam, Budaya, Bukit, Daftar Wisata

6 Tempat wisata di Ngabang Kabupaten Landak

6 Tempat wisata di Ngabang Kabupaten Landak 1

Tempat Wisata di Ngabang Kabupaten Landak. Foto by borneos.id

Tempat wisata di Ngabang – Landak merupakan sebuah kabupaten yang terbentuk dari hasil pemekaran Kabupaten Mempawah pada tahun 1999. Memiliki luas wilayah seluas 9.909,10 km2 dan memiliki ibukota kabupaten yang bernama Ngabang. Penduduk di Kabupaten Landak berjumlah sekitar 282.026 jiwa yang tersebar di 10 kecamatan.

Dengan wilayah yang luas, Kabupaten Landak memiliki banyak tempat wisata alam yang indah seperti sungai, gua, dan bebukitan. Jika kamu ingin berwisata atau kebetulan sedang mampir kesini, tidak ada salahnya kamu mengunjungi tempat-tempat wisata yang akan kami berikan berikut ini.

Daftar tempat wisata di Ngabang Kabupaten Landak

Baca juga ya :

1. Air Terjun Melanggar

Tempat wisata pertama yang harus kamu kunjungi di Ngabang adalah Air Terjun Melanggar. Air terjun ini berlokasi di Desa Merayuh, Kecamatan Air Besar. Air terjun Melanggar berasal dari sungai Landak yang patah akibat proses alam. Secara alami, bebatuan yang ada di sungai ini mengalami pergeseran. Seiring berjalannya waktu, proses tersebut membentuk sebuah air terjun Melanggar. Tinggi air terjun ini mencapai 60 meter dengan lebar lebih dari 60 meter pula.

6 Tempat wisata di Ngabang Kabupaten Landak 2

Air Terjun Melanggar. Foto by wartawisata.id

Kamu bisa menikmati keindahan yang masih alami disini. Suara deburan air terjun serta deretan pepohonan di sekitarnya sekitarnya menambah pesona tempat wisata ini. Jika kamu berkunjung kesini, jangan lupa bawa kamera ya buat mengabadikan setiap moment kamu di air terjun Melanggar.

2. Riam Bedawan

Tempat wisata menarik lainnya di Kabupaten Landak Kalimantan Barat adalah Riam Bedawan. Riam Bedawan juga merupakan air terjun yang terletak di Desa Sempatung Lawek, Kecamatan Air Besar, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat. Berbeda dengan air terjun lainnya, Riam Bedawan ini adalah air terjun yang memiliki 7 tingkatan yang sangat indah.

6 Tempat wisata di Ngabang Kabupaten Landak 3

Riam Bedawan. Foto by instagram.com/sellyoctavian

Awal mulanya, pesona air terjun Riam Bedawan ini hanya diketahui oleh para pencari kayu di hutan. Hingga kemudian kabar tentang kecantikan tempat ini mulai menyebar dari mulut ke mulut. Hasilnya, para pecinta alam pun mulai berdatangan ke tempat ini.

Riam Bedawan terletak di hutan tropis di Kabupaten Landak Kalimantan Barat. Akses untuk menuju ke Riam Bedawan masih terbilang sulit. Jika kamu berangkat dari Ngabang, kamu harus sampat ke Kecamatan Serimbu dulu, dengan waktu tempuh sekitar satu jam. Lalu perjalanan disambung dengan sepeda motor menuju Desa Dange Aji. Sesampainya di Dange Aji, kamu harus meminta izin masuk ke lokasi air terjun denga melapor ke kepala dusun.

3. Air Terjun Dait

6 Tempat wisata di Ngabang Kabupaten Landak 4

Air Terjun Dait. Foto by instagram.com/sela_marsela507

Ngabang memang memiliki banyak tempat wisata air terjun. Wisata air terjun selanjutnya yang dapat kamu kunjungi adalah Air Terjun Dait. Air terjun ini berasal dari patahan Sungai Dait yang berlokasi di Desa Skendal, Kecamatan Air Besar, Kabupaten Landak. Sama seperti Riam Bedawan, air terjun ini juga memiliki 7 tingkatan. Kamu akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang begitu indah ketika kamu berkunjung kesini. Yang membuat air terjun Dait ini lebih unik adalah, kamu akan menemukan pasir putih seperti di pantai yang sangat jarang ditemukan di air terjun lainnya. Bagaimana? Tertarik berkunjung kesini?

4. Keraton Ismahayana Landak

Selain wisata alam, di Ngabang kamu juga berwisata sejarah. Salah satunya adalah Keraton Ismahayana Landak ini.  Keraton ini dibangun menghadap ke sungai landak. Di dalam keraton, kamu dapat melihat benda-benda dengan nilai sejarah tinggi dipajang. Keraton Ismahayana Landak berlokasi di Jl. Pangeran Sancanata, Desa Raja, Ngabang, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat.

6 Tempat wisata di Ngabang Kabupaten Landak 5

Keraton Ismahayana Landak. Foto by kebudayaan.kemdikbud.go.id

Keraton Ismahayana Landak didirikan oleh Pangeran Sanca Nata Kesuma Muda sekitar tahun 1768-1798. Pangeran Sanca sendiri merupakan seorang Sultan Landak XII. Saat ini, Keraton Ismahayana Landak telah dibuka bagi masyarakat umum. Jika kamu ingin melihat langsung peninggalan dan simbol kejayaan Kerajaan Landak, kamu dapat berkunjung pada pukul 9 pagi hari. Keraton juga dibuka pada hari-hari besar, seperti saat upacara Ngantar Tumpang Negeri dan acara lainnya.

5. Rumah Betang Saham

Destinasi wisata yang satu ini menawarkan adat dan budaya dari Kota Landak yang masih sangat terjaga dan terawat hingga saat ini. Rumah Betang Saham ini dibangun pada tahun 1875 menggunakan kayu ulin dan kayu berlian. Rumah adat Suku Dayak Kanayan ini memiliki panjang 180 meter dan terdiri dari 35 pintu yang dihuni oleh ratusan keluarga hingga sekarang. Bangunan Rumah Betang ini masih sangat kokoh meski sudah berusia lebih dari 100 tahun.

6 Tempat wisata di Ngabang Kabupaten Landak 6

Rumah Betang Saham. Foto by heikaku.com

Sekarang Rumah Betang Saham ini menjadi ikon dari Provinsi Kalimantan Barat dan dijadikan sebagai lokasi wisata. Kamu dapat melihat berbagai upacara adat jika kamu berkunjung pada saat musim panen atau musim tanam tiba.

6. Bukit Batu Pakumbang

6 Tempat wisata di Ngabang Kabupaten Landak 7

Bukit Batu Pakumbang. Foto by borneos.id

Terletak di Desa Pakumbang, Kecamatan Sompak, Bukit Batu Pakumbang ini sangat cocok dijadikan area panjat tebing. Konturnya yang sangat terjal dan tingkat kesulitan yang tinggi akan membuat adrenalinmu semakin terpacu. Bukit ini dikelilingi oleh pepohonan yang lebat, besar dan kuat. Jika musim hujan tiba, bukit ini akan lebih sulit lagi untuk dilakukan pendakian. Buat kamu yang suka dengan wisata ekstrim seperti ini, tidak ada salahnya untuk mengunjungi Bukit Batu Pakumbang.

Leave a Reply