Air Terjun, Alam, Daftar Wisata, Danau, Desa Wisata, Museum, Pengetahuan

5 Tempat Wisata di Pattallangsang Takalar

Tempat Wisata di Pattallangsang Takalar yang indah

Tempat Wisata di Pattallangsang Takalar yang indah

Tempat Wisata di Pattallangsang Takalar – Pattallassang adalah salah satu daerah di Provinsi Sulawesi Selatan dan merupakan bagian dari Kabupaten Takalar. Ada anggapan bahwa Pattallassang adalah ikon masa depan bagi daerah takalar karena saat ini Pattallassang sudah direncanakan akan menjadi kawasan kota baru yang akan menghubungkan beberapa wilayah kota dan kabupaten di Sulawesi Selatan.Karena diharapkan dapat menjadi ikon masa depan, maka perkembangan di Pattallassang pun merambah di banyak sektor, termasuk di sektor pariwisata. Kawasan Pattallasang di Kabupaten Takalar memiliki pesona alam yang indah dan kaya akan budayanya sehingga menjadi potensi yang cerah bagi industri wisata di Sulawesi Selatan. Wisata air terjun, danau, dataran tinggi ataupun bangunan-bangunan bersejarah semua ada di daerah Pattallassang.

Berikut ini seringjalan.com akan memberikan informasi seputar 5 tempat wisata di Pattallassang Kabupaten Takalar :

1. Air Terjun Parangloe

Air Terjun Parangloe : idntimes.com

Air Terjun Parangloe : idntimes.com

Tempat Wisata di Pattallangsang Takalar yang pertama adalah Air Terjun Parangloe. Di dekat Kabupaten Takalar, atau tepatnya di Desa Bori Kecamatan Parangloe terdapat kawasan wisata air terjun dengan pemandangan yang indah dengan kealamian yang masih terjaga, namanya adalah Air Terjun Parangloe.

Ai terjun Parangloe tidak terlalu tinggi, hanya sekitar 20 m dengan susunan batu yang tersusun berundak-undak menjadikan air terjun ini bisa dipanjat dan pengunjung bisa naik ke atas air terjun. Selain itu airnya yang sangat jernih dan segar akan membuat setiap pengunjung tergoda untuk menceburkan diri dan bermain air di kolam yang berada di bawah air terjun.

Akses menuju air terjun ini cukup sulit karena lokasinya yang sedikit tersembunyi. Pengunjung harus trekking terlebih dahulu melewati jalanan berbatu yang lumayan terjal.

2. Wisata Alam Desa Pattallassang

Wisata Alam Desa Pattallasang : Wisatalengkap.com

Wisata Alam Desa Pattallasang : Wisatalengkap.com

Jenuh dengan kehidupan di kota dan butuh tempat pelarian untuk menenangkan diri, mungkin bisa menuju ke Desa Pattallassang. Tempat Wisata di Pattallangsang Takalar ini sering juga disebut Tala-tala ini menawarkan suasana khas desa  dengan pemandangan perbukitan dan gunung-gunung yang menjulang tinggi.

selain itu hamparan sawah nan hijau dengan desau angin yang sejuk membuat tempat ini begitu menenangkan dan sangat cocok dijadikan tempat untuk menghilangkan stres.

Baca juga ya :

Bagi yang suka atau ingin bermain golf, di Desa Pattallassang ini juga terdapat lapangan golf padivilley yang memiliki panorama indah di sekitarnya.

Menikmati sore dan melihat sunset pun bisa menjadi pilihan ketika  berada di Desa Pattallassang. Perpaduan hijaunya sawah yang disinari cahaya langit yang berwarna jingga ketika senja datang akan menjadi momen luar biasa yang tidak akan terlupakan.

 3. Danau Tanralili, Tempat Wisata di Pattallangsang Takalar yang indah

Danau Tanralili, Tempat Wisata di Pattallangsang Takalar yang indah

Danau Tanralili, Tempat Wisata di Pattallangsang Takalar yang indah – Wisataasia.com

Jika di pulau jawa ada Danau Ranu Kumbolo di Gunung Semeru yang begitu terkenal, di Takalar Gowa Sulawesi Selatan juga terdapat danau dengan pemandangan mempesona yang berada di kaki gunung Bawakaraeng. Banyak yang menjuluki Danau Tanralili sebagai Ranu Kumbolonya Gunung Bawakaraeng.

Untuk dapat menuju ke Danau Tanralili, pengunjung harus trekking terlebih dahulu selama kurang lebih 3 jam dari Desa Lengkese yang merupakan desa terakhir sebelum memasuki kawasan hutan. Jalurnya pun akan lumayan terjal dan menguras tenaga, maka dari itu fisik harus disiapkan jika ingin berkunjung ke Danau Tanralili.

Danau ini pun sering dijadikan tempat berkemah karena pemandangan matahari terbit dari Danau Tanralili ini begitu indah dan menakjubkan.

4. Museum Balla Lompoa

Museum Balla Lompoa : Khalifah-wisata.com

Museum Balla Lompoa : Khalifah-wisata.com

Selain wisata alam, di Pattallassang Kabupaten Takalar terdapat juga wisata museum yang bisa menambah pengetahuan, namanya adalah Museum Balla Lompoa. Di dalam Museum Balla Lompoa terdapat banyak koleksi-koleksi bukti sejarah dan budaya peradaban kerajaan Gowa yang bisa dieksplor.

Bentuk bangunan Museum Balla Lompoa berciri khas seperti rumah adat bugis, yaitu rumah panggung dengan tangga dibawahnya yang digunakan untuk menuju ke teras. Bangunan museum secara keseluruhan terbuat dari kayu ulin dan kayu besi sehingga sangat kental sekali nuansa tradisionalnya.

5.  Hutan Pinus Bissoloro

Hutan Pinus Bissoloro : Bataritours.com

Hutan Pinus Bissoloro : Bataritours.com

Tempat Wisata di Pattallangsang Takalar yang terakhir adalah Hutan Pinus Bissoloro. Wisata hutan pinus selalu menjadi primadona di banyak daerah, termasuk juga di Kabupaten Takalar.Seperti hutan pinus pada umunya, Hutan Pinus Bissoloro pun mempunyai pemandangan yang asri dan menawan.

Hutan Pinus Bissoloro ini juga sering digunakan untuk berkemah karena suasananya yang sangat tenang dan damai. Selain itu hutan pinus ini juga menjadi tempat diadakannya pertunjukkan musik tahunan. Menikmati sajian musik folk dan akustik ditengah pemandangan hutan yang menawan, akan memberikan pengalaman indah tersendiri.

Menikmati sore di tempat ini pun juga bisa menjadi pilihan, karena Hutan Pinus Bissoloro ini terkenal menjadi spot yang cantik untuk menikmati sunset

Leave a Reply