Alam, Air Terjun, Bukit, City Tour, Daftar Wisata, Uncategorised

5 Tempat Wisata di Pangaraian Rokan Hulu

5 Tempat Wisata di Pangaraian Rokan Hulu 1

Sumber: rokanhulukab.go.id

          Kawasan Pangaraian Rokan Hulu mungkin masih terdengar asing di telinga masyarakat di luar Provinsi Riau. Memang kawasan Pangaraian Rokan Hulu ini tidakla sebesar daerah-daerah lain. Namun meskipun begitu, Pangaraian Rokan Hulu ini memeiliki beberapa spot tempat wisata yang menarik untuk dijelajahi. Mulai dari tempat wisata alam hingga tempat-tempat yang kaya sejarah.

Mengenal sedikit tentang tempat ini, Pangaraian atau juga dikenal dengan Pasir Pangaraian merupakan salah satu kelurahan yang ada di Kecamatan Rambah, Kabupaten Rokan Hulu, Provinsi Riau. Meski merupakan sebuah kelurahan kecil di Rokan Hulu, namun Pasir Pangaraian ini dikenal dengan beberapa objek wisatanya yang menarik dan juga indah, lho

Nah, untuk kalian yang berencana mengunjungi kawasan Pangaraian Rokan Hulu dan bingun harus mengunjungi tempat mana saja untuk berwisata, berikut ini ada rekomendasi 5 tempat wisata di Pangaraian Rokan Hulu yang bisa kalian kunjungi.

1. Masjid Agung Islamic Center

5 Tempat Wisata di Pangaraian Rokan Hulu 2

Sumber: beritariau.com

Tempat wisata keren yang sayang sekali untuk dilewatkan adalah Masjid Agung Pasir Pangaraian Rokan Hulu yang kabarnya menjadi salah satu masjid termegah di Asia Tenggara. Dari depan masjid ini saja sudah terlihat keindahan dan kemegahannya. Arsitekturnya yang modern membuat masjid ini jadi daya tarik wisata tersendiri di Pangaraian Rokan Hulu. Masjid ini dihiasi kuba besar berdiameter 25 meter di atap panganunan utama dan diapit oleh menara-menara disetiap sudutnya. Selain bisa berwisata, pengunjung juga bisa beribadah di Masjid yang satu ini juga, lho.

2. Pemandian Air Panas Hapanasan

5 Tempat Wisata di Pangaraian Rokan Hulu 3

Sumber; riauterkini.com

Berwisata ke Pangaraian Rokan Hulu belum asik kalau tidak mampir ke pemandian air panas umum Hapanasan. Uniknya, tempat pemandian air panas ini airnya berasal dari sumber air panas alami, lho. Pengunjung bisa merasakan sensasi nyaman mandi di pemandian air panas yang menarik ini. Hapanasan tidak Cuma menyediakan pemandian air panas, di tempat ini pula terdapat Insektarium dan pusat penangkaran kupu-kupu yang bisa dijadikan sarana wisata edukasi untuk anak-anak serta penelitian. Wah, menarik juga, ya!

3. Danau Cipogas

5 Tempat Wisata di Pangaraian Rokan Hulu 4

Sumber: yahyasaputra.wordpress

Tempat wisata alam yang satu ini juga menarik untuk kalian yang mencari suasana alam di kawasan Pangaraian Rokan Hulu. Suasanya yang tenang dan rindang menjadikan Danau Cipogas tempat wisata yang menarik untuk pengunjung yang ingin bersantai di pinggir danau. Lokasinya hanya 5 km dari Pangaraian membuat tempat wisata ini sangat dekat dan mudah untuk di jangkau. Beberapa spot juga sudah ditembahkan agar pengunjung merasa nyaman dan senang berada di Danau Cipogas ini. Menikmati pemandangan alam danau perairan dengan rimbunya pohon pasti bikin betah, ya!

4. Air Terjun Aek Mertua

5 Tempat Wisata di Pangaraian Rokan Hulu 5

Sumber: monitorriau.com

Air Terjun yang satu ini juga nggak boleh dilewatkan, ya. Tidak seperti air terjun biasa, Air Terjun Aek Mertua ini punya keunikan dan keistimewaanya tersendiri yakni berada di dataran tinggi dan memiliki beberapa tingkat yang membuat pemandangan air terjun ini nampak lebih memesona.  Karena adanya tingkatan itulah air terjun yang satu ini juga sering disebut Air Terjun Tangga Seribu. Sedikit informasi, nama Aek Mertua ini adalah nama sebuah sungai di mana air terjun ini berada dan diketahui berasal dari Bahasa Suku Mandailing yang artinya air bertuah.

5. Taman Nasional Bukit Suligi

5 Tempat Wisata di Pangaraian Rokan Hulu 6

Sumber: idnmedia.com

Satu lagi tempat wisata di Pangaraian  Rokan Hulu yang punya nuansa alam tak tertandingi. Taman Nasional Bukit Suligi namanya. Tempat yang satu ini punya pemandangan yang tidak main-main indahnya. Bahkan destinasi wisata Bukit Suligi di Kabupaten Rokan Hulu ini meraih peringkat pertama ajang Apresiasi Anugerah Pesona Indonesia atau API 2019 dalam kategori wisata dataran tinggi terpopuler, lho. Memang benar, dari Bukit Suligi ini wisatawan dapat melihan keindahan alam di atas awan dengan perbukitan hijau. Pemandangan cantik nan ajaib serta suasana alam yang lekat menjadikan Taman Nasional Bukit Suligi ini tempat yang menarik untuk dijadikan destinasi wisata selanjutnya.

 

Ngomongin Pangaraian Rokan Hulu sepertinya cukup menarik. Kelurahan kecil namun menyimpan banyak potensi wisata yang bisa dikembangkan dan jadi destinasi yang menarik. Dari beberapa lokasi di atas, mana nih tempat wisata di Pangaraian Rokan Hulu yang ingin kalian kunjungi?

Leave a Reply