Kuliner, Uncategorised

6 Kuliner dan Makanan Khas Pariaman

Judul

Kota Pariaman terletak di provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Kota yang mempunyai jarak sekitar 56 km dari kota Padang.

Judul

Sumber Foto: beritagar.id 

Kota ini juga menjadi salah satu tujuan wisata di Ranah Minang dengan pesona indahnya yang tersendiri. Salah satunya adalah destinasi baharinya, wahana, hingga sajian kuliner yang membuat rasa penasaran bagi para pengunjungnya. Dan tentu saja, kuliner makanan khas Pariaman ini tidak jauh dari sea food juga.

Bila anda berkunjung dan jalan-jalan ke Kota Pariaman, jangan lupa untuk menikmati kulinernya yang khas. Berikut ini saya berikan beberapa rekomendasi kuliner dan makanan khas Pariaman:

1. Rakik Lauak

Rakik lauak

Sumber Foto: detik.food

Untuk masyarakat Indonesia, makan rasanya tak akan jika tidak ada kerupuk. Nah, Pariaman mempunyai kerupuk tersendiri khas Pariaman. Cemilan ini begitu khas dan cocok untuk dijadikan teman makan atau pelengkap di waktu bersantai kalian.

Rakik Lauak khas Pariaman ini dijamin mempunya rasa yang berbeda, sebab bahan baku hingga penyajiannya yang unik menjadi keunggulan bagi para pengunjung kota Pariaman.

Rakik Lauak sendiri dibuat dari olahan ikan kecil hasil tangkapan bagan dan pukat. Disertai rempah yang membuat cemilan ini terasa gurih, renyah, dan pedas serta tercium aroma daun kunyit. Untuk harganya juga camilan ini sangat murah, yaitu dijual dengan harga Rp 1000.

2. Sala Lauak

Sala lauak

Sumber Foto: covesia.com

Salah satu makanan yang digoreng khas Pariaman ini mempunyai bentuk bola seperti comro di Jawa Barat, namun bedanya Sala Lauak berisi teri atau udang halus. Jenis tekstur luarnys sedikit keras dan bagian dalamnya terasa lebih lunak.

Biasanya, makanan ini disajikan sebagai hidangan pelengkap di waktu sarapan. Hidangan utama yang biasanya menjadi teman makan Sala Lauak ini salah satunya adalah ketupat gulai. Bila dicampur, kedua makanan ini akan terasa unik. Tak heran, bila kuliner ini menjadi sarapan khas kota Pariaman.

3. Gulai Kapalo Lauak

Gulai kapalo

Sumber Foto: harianhaluan.com

Jika kalian berkunjung ke kota Pariaman, wajib mencoba makanan satu ini, Gulai Kapalo Lauak yang menjadi masakan khas Pariaman. Uniknya, masakan ini menggunakan santan kental yang sudah diwariskan secara temurun. Di Pariaman sendiri, makanan ini memakai ikan karang seperti ikan kakap yang mempunyai daging lembut dan manis.

Untuk menemukan Gulai Kapalo ini juga tidak susah, lho. Kalian bisa mendapatkannya di rumah makan khas Parjaman. Mulai dari rumah makan yang berada dikawasan wisata seperti Pantai Gandoriah, Sunur, Pasir Pauh serta diberbagai rumah makan biasa yang dapat ditemukan di Pariaman.

Gulai Kapalo ini disajikan ditengah kuah kuning bersantan yang juga dihiasi beberapa butir cabe rawit utuh dan beberapa helai daun pucuk ubi. Untuk rasanya sangat begitu nikmat dan pas dengan kuahnya yang kental.

4. Nasi Sala

Nasi sala

Sumber Foto: helloindonesia.com

Kata Sala dalam bahasa Pariaman diartikan menjadi digoreng. Namun, ciri khas dari gorengan yang disebut ‘Sala’ tersebut dibaluran adonan tepung yang menyelimutinya. Makanan hidangan ikan bertepung ini selalu disajikan dengan nasi dan sambal. Yang menciptakan tekstur renyah dan gurih pada ikan tersebut.

Ikan yang digunakan untuk nasi sala ini adalah ikan jenis kembung atau gembolo dalam bahasa setempat. Adonan ikan ini terdiri dari tepung beras, bumbu yang terbuat dari bawang putih, lengkuas, cabe giling dan daun kunyit.

Makanan ini biasanya dihidangkan untuk sarapan pagi yang juga ditemani nasi sek. Dan untuk menambah kenikmatannya, nasi sala ini ditemanin dengan sambalado tanak atau sambal merah yang diolah dari cabe merah halus yang sudah dimasak.

5. Nasi Sek

Nasi sek

Sumber Foto: merdeka.com

Hampkir sama seperti makanan sebelumnya, nasi sek dibungkus dengan daun pisang. Jika kita lihat sekilas mungkin tidak ada yang spesial dari nasi seukurang kepalan tangan tersebut. Atau mungkin mengira nasi sek sama dengan nasi kuning yang berasal dari Jawa Tengah atay Yogyakarta, sebab ukurannya yang sama-sama kecil. Bedanya, nasi sek ini mempunyai istimewa pada lauknya.

Berasal dari sejarahnya, nasi sek merupakan kepanjangan dari ‘saratuih kanyang’ atau seratus kenyang. Yang dulunya, terdiri dari lauk gulai jengkol, sambal cabai, sayur singkong dan nasi yang dikemudian dibungkus daun pisang. Makanan ini juga terbilang sangat murah, yaitu seratus rupiah, dan paling banyak digemari warga.

Seiring perkembangannya jaman, nasi sek mulai tidak lagi seharga seratus rupiah. Dan mulai menyesuaikan zaman.

Baca juga:

• Ini Pantai Gandoriah, Wisata Ternama di Pariaman

• Dan ini 5 Tempat Wisata di Parit Malintang Padang Pariaman

6. Sate Piaman

Sate piaman

Sumber Foto: ilhamitem.blogspot.com

Sate ini termasuk jenis sate padang. Yang mempunyai bentuk sate pada umumnya. Namun bedanya, sate piaman disajikan dengan unik, yaitu dengan kuah kental. Sate khas Pariaman ini akan lebih terasa nikmat lagi ketika kuah satenya terasa pedas.

Pembuatannya, kuah sate piaman ini dibuat dari tepung beras. Warna yang kalian temukan juga akan berbeda-beda, tergantung dari rempah yang digunakan. Rempah-rempah yang digunakan juga lumayan banyak, salah satunya adalah kunyit, ketumbar, jinten dan lain-lain.

Demikian beberapa rekomendasi kuliner dan makanan khas Pariaman. Semoga kalian bisa menikmatinya, ya!

Leave a Reply