6 Kuliner dan Makanan Khas Namlea Pulau Buru - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Kuliner

6 Kuliner dan Makanan Khas Namlea Pulau Buru

Makanan Khas Namlea Pulau Buru

Suami. Makanan Khas Namlea Pulau Buru - Foto: radiodms.com

Makanan Khas Namlea Pulau Buru – Mungkin banyak dari kalian yang sudah sering mendengar pulau Maluku. Dengan alamnya yang indah dan menawan dan penduduknya yang memiliki keramahan serta suara yang merdu tentu membuat semua yang datang merasa betah disana.

Kali ini kita berkunjung ke Namlea. Dimanakah Namlea? Namlea adalah kecamatan sekaligus Ibukota Kabupaten Buru. Dengan jumlah penduduk 39 jiwa/kmĀ², dan terdiri dari 7 desa.

Namlea sendiri berbatasan dengan Laut Seram di sebelah Utara, Teluk Kayeli di sebelah Barat, dan Selat Manipa di sebelah Timur dan Selatan. Bisa dibayangkan betapa banyak potensi alam dan lautnya bukan?

Selain kekayaan alamnya, Namlea Kabupaten Buru juga memiliki kekhasan kuliner yang lezat. Apa saja kira-kira kekayaan kuliner dan Makanan Khas Namlea Pulau Buru ini? Yuk kita kalian simak artikel ini sampai habis!

1. Bubur Jewawut, Makanan Khas Namlea Pulau Buru

6 Kuliner dan Makanan Khas Namlea Pulau Buru 1

Bubur Jewawut/Bubur Hotong Makanan Khas Namlea pulau Buru – Foto: instagram @tissacake

Ada yang pernah dengar nama ini? Jewawut adalah makanan pokok yang bentuknya seperti gandum. Pada jaman dahulu ketika masyarakat belum mengenal budidaya padi, masyarakat Asia Tenggara termasuk di Kabupaten Buru menggunakan Jewawut sebagai makanan pokok mereka.

Jewawut disebut juga dengan Hotong. Bila dibandingkan gandum maka Jewawut memiliki tekstur yang lebih besar. Jewawut kaya akan vitamin B, beta karotein, dan karbohidrat. Jadi kandungannya mirip nasi yang mengenyangkan.

Olahan yang paling terkenal adalah Bubur Jewawut atau Bubur Hotong. Rasa dan tekstur yang akan kalian rasakan mirip seperti bubur kacang hijau kupas. Keunikan dan rasanya yang cukup unik membuat bubur jewawut menjadi salah satu santapan atau Makanan Khas Namlea Pulau Buru.

Cara membuat bubur ini adalah pertama-tama kalian masak Jewawut sampai pecah. Kemudian masukkan gula pasir dan gula merah kemudian aduk-aduk.Kemudian siapkan tepung kanji lalu yang sudah dicampur dengan air setengah matang lalu tuangkan ke dalam rebusan Jewawut.

Aduk terus sampai teksturnya berubah menjadi lengket kemudian dinginkan. Sambil menunggu dingin kalian bisa siapkan santan. Setelah santan siap maka Bubur Jewawut siap kalian santap.

2. Ikan Kuah Pala Banda

Ikan Kuah Pala Banda Makanan Khas Namlea Pulau Buru

Ikan Kuah Pala Banda Makanan Khas Namlea Pulau Buru – Foto: instagram @masakanindonesia1

Makanan ini konon berasal dari Kepulauan Banda Maluku. Namun terkenal juga di Namlea karena daerah ini dekat dengan laut sehingga sumber daya ikan juga mudah ditemukan disini. Dan Ikan Kuah Pala Banda juga masuk kedalam daftar kuliner atau daftar Makanan Khas Namlea Pulau Buru yang harus dicoba.

Makanan ini menggunakan bahan baku utama berupa ikan cakalang/tuna/tenggiri /kakap merah dan buah pala. Sehingga rasanya cukup khas antara campuran ikan berkuah dengan buah pala. Konon makanan ini adalah favorit para pejabat tinggi Belanda saat mereka dahulu berkunjung ke Maluku.

Cara membuat makanan ini adalah pertama bersihkan ikan sambil masukkan juga irisan kulit buah pala. Lalu siapkan bumbu seperti bawang merah dan putih, cabai, terasi, dan lengkuas. Kemudian goreng ikan tersebut sampai matang.

Lalu tumis bumbu-bumbu yang terdiri dari daun serai, daun jeruk purut, daun salam dan lengkuas. Setelah bumbu ditumis kemudian masukkan santan dan gula pasir. Biarkan sampai mendidih sambil diaduk.

Kemudian masukkan ikan dan didihkan lagi airnya. Ikan Kuah Pala Banda siap disajikan. Bila perlu tambahkan daun kemangi di atasnya agar rasanya lebih memikat.

3. Rujak Jikumerasa

6 Kuliner dan Makanan Khas Namlea Pulau Buru 2

Rujak Jikumerasa di Pantai Jikumerasa Namlea pulau Buru Maluku – Foto: instagram @aldijanter

Indonesia dikenal memiliki berbagai macam sayur dan buah. Buah-buahan yang ada bisa diolah menjadi bermacam makanan salah satunya rujak. Mungkin kalian sudah biasa memakan rujak di daerah asal kalian.

Tapi kalau kalian berkunjung ke Namlea tapi tidak mencoba Rujak Jikumerasa, wah sepertinya ada yang kurang! Rujak ini dijual di kawasan Pantai Jikumerasa. Kelezatanya membuatnya menjadi salah satu Makanan Khas Namlea Pulau Buru yang palings ering diburu wisatawan.

Pantai Jikumerasa sendiri berada di Desa Jikumerasa yang berjarak sekitar 17 kilometer dari kota Namlea. Perjalanan dari kota Namlea sekitar 30 menit untuk sampai ke Pantai Jikumerasa.

Rasa rujak ini berkarakter pedas yang tidak langsung menendang. Pedasnya seperti perlahan-lahan bersenandung sampai di lidah bagaikan alunan suara indah penduduk Maluku.

Leave a Reply