Air Terjun, Alam, Budaya, Bukit, City Tour, Taman

5 Tempat Wisata di Lubuk Sikaping Pasaman

Tempat Wisata di Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman

Tempat Wisata di Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman

 

5 Tempat Wisata di Lubuk Sikaping Pasaman 1

Sumber :  Sumbarprov.go.id

Tempat Wisata di Lubuk Sikaping Pasaman – Membahas seputar wisata di Sumatera Barat seakan tidak ada habisnya. Ratusan obyek wisata tersebar di kota ataupun kabupaten yang berada di Sumatera Barat. Kali ini Seringjalan akan  membahas potensi wisata di salah satu daerah di Provinsi Sumatera Barat, tepatnya adalah di Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman.

Lubuk Sikaping adalah sebuah nagari yang terdapat di Kabupaten Pasaman, dan juga merupakan pusat pemerintahan di Kabupaten Pasaman. Selain itu Lubuk Sikaping juga dikenal sebagai kawasan lumbung padi bagi Kabupaten Pasaman.

Potensi wisata yang berada di daerah Lubuk Sikaping pun juga tidak kalah jika dibandingkan dengan kota-kota wisata lain di Provinsi Sumatera Barat yang sudah lebih dulu dikenal seperti Padang ataupun Pariaman.

Berikut ini adalah 5 tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi di Lubuk Sikaping Kabupaten Sikaping menurut versi Seringjalan :

  1. Wisata Bayang Aia

Tempat Wisata di Lubuk Sikaping Pasaman

Bayang Aia Tempat Wisata di Lubuk Sikaping Pasaman – Sumber : Dennypedia.com

Tempat Wisata di Lubuk Sikaping Pasaman yang pertama adalah wisata Bayang Aia yang menyuguhkan wisata air dengan suguhan keindahan alam yang masih asri dan alami. Bayang Aia berlokasi di Nagari Pauh, Lubuk Sikaping, Kabupaten Pasaman dan menjadi wisata andalan warga lokal untuk menghabiskan waktu liburan.

Hal menarik di Bayang Aia ini adalah airnya yang jernih dan segar, sehingga sangat pas digunakan untuk berenang ataupun bermain air bersama keluarga ataupun kolega. Selain itu hal menarik lainnya dari Bayang Aia adalah dari sini pengunjung bisa menikmati pemandangan alam Bukit Barisan yang memanjakan mata.

Wisata Bayang Aia sangat direkomendasikan untuk dikunjungi, selain aksesnya yang mudah dan perjalanannya yang hanya 10 menit dari pusat Kabupaten Pasaman, kebersihan di obyek wisata ini pun juga sangat terjaga.

 

  1. Air Terjun Ciracai

5 Tempat Wisata di Lubuk Sikaping Pasaman 2

Sumber : Wisato.id

 

Dosa besar rasanya jika sedang berada di Lubuk Sikpaing tapi tidak mampir Ke Air terjun Ciracai. Selain memiliki pemandangan yang indah, Air Terjun Ciracai ini unik karena menurut masyarakat setempat, air terjun ini memiliki 7 timgkat.

Walau begitu, untuk bisa melihat 7 tingkatan air terjun tersebut harus melewati medan yang sangat ekstrem dan curam. Mungkin ini sangat menantang dan membuat penasaran bagi yang memiliki jiwa petualangan. Namun bagi pengunjung yang hanya ingin sekedar bersantai dan menikamti pemandangan, berada di tingkat pertama pun sudah lebih dari cukup untuk merasakan suguhan suasana yang teduh dan asri.

Berenang dan bermain air di bawah air terjun pun bisa menjadi pilihan ketika berada disini karena airnya yang jernih dan segar.

 

  1. Taman Wisata Rimbo Panti

   5 Tempat Wisata di Lubuk Sikaping Pasaman 3

Sumber : twitter.com/@minangofficial

         Di kabupaten Pasaman tepatnya di daerah Panti terdapat cagar alam yang memiliki pemandangan yang sangat indah dengan nuansa yang sejuk serta asri, namanya adalah Taman Wisata Rimbo Panti. Hamparan pepohonan hijau dengan aroma tanah basah akan dengan mudah dijumpai jika sedang berada di kawasa taman wisata ini.

Di Taman Wisata Rimbo Panti ini terdapat 3 fasilitas yang paling menjadi favorit bagi setiap wsiatawan yang datang, yaitu sumber mata air panas, kolam air panas dan juga gedung herbarium.

Kegiatan unik yang bisa dilakukan di Taman Wisata Rimbo Panti ini adalah merebus telur ayam di sepanjang aliran mata air panas. Suhu panas yang dihasilkan dari sumber mata air, membuat tak perlu menunggu lama dan telur akan segera matang.

Selain itu di kawasan wisata ini juga terdapat banyak penjual-penjual  yang menjajakan makanan dan juga minuman yang beraneka ragam dengan harga yang murah.

 

  1. Puncak Tonang

 

5 Tempat Wisata di Lubuk Sikaping Pasaman 4

Sumber : Viskrenus.co.id

Tempat Wisata di Lubuk Sikaping Pasaman yang ketiga adalah Puncak Tonang. Wilayah Lubuk Sikaping memang banyak sekali menyimpan pesona wisata alam hijau yang asri dan menyejukkan mata. Satu lagi destinasi wisata yang tak kalah menarik di Lubuk Sikaping adalah Puncak Tonang. Kawasan wisata yang digandurngi oleh warga lokal dan selalu ramai oleh wisatawan ini bisa menjadi pilihan ketika sedang berkunjung ke Lubuk Sikaping.

Banyak hal yang bisa dilihat dan dilakukan di Puncak Tonang ini. Hamparan bunga warna-warni menjadi daya tarik andalan di obyek wisata ini. Berswafoto dan mengabadikan momen menjadi satu kegiatan yang wajib dilakukan ketika berada di Puncak Tonang.

Selain itu letaknya yang berada di ketinggian, membuat udara di Puncak Tonang begitu sejuk. Jika penasaran dengan obyek wisata ini, bisa langsung menuju ke daerah Nagari Sundara, Lubuk Sikaping. Hanya dengan tiket 10 ribu per orang, sudah bisa menikmati pemandangan hamparan bunga warna-warni dan berkeliling sepuasnya.

 

  1. Pusat Kota Lubuk Sikaping

5 Tempat Wisata di Lubuk Sikaping Pasaman 5

Sumber : Prokabar.com

Puas menjelajahi wisata alam di Lubuk Sikaping. Tidak ada salahnya menghabiskan malam di pusat kota Lubuk Sikaping. Berburu kuliner khas daerah dan berjalan-jalan santai sembari menikmati hiruk pikuk kehidupan di Lubuk Sikaping menjadi kegiatan yang juga menarik dilakukan untuk menutup hari di Lubuk Sikaping.

Bangunan-bangunan khas bumi minang yang juga masih banyak berdiri di pusat kota Lubuk Sikaping, bisa menjadi obyek kamera yang layak untuk diabadikan.

 

Leave a Reply