Kuliner

6 Kuliner Dan Makanan Khas Krui Lampung

6 Kuliner Dan Makanan Khas Krui Lampung Foto:okezone.com

6 Kuliner Dan Makanan Khas Krui Lampung Foto:okezone.com

Kuliner Dan Makanan Khas Krui Lampung – Krui adalah Ibu kota Kabupaten pesisir barat,dimana sebelumnya merupakan bagian dari Kabupaten Lampung Barat . Krui berada didaerah pesisir samudera Hindia,sebagai daaerah pesisir Krui terkenal akan potensi wisata terutama Pantai.

Namun tidak hanya wisata nya saja , kuliner dan makanan Khas Krui Lampung juga tidak kalah terkenalnya,banyak pengunjung lokal maupun mancangera yang datang Ke Krui Lampung untuk mencicipi makanan Khas di Krui Lampung.

Lihat juga

Berikut ini adalah 6 Kuliner Dan Makanan Khas Krui Lampung

1. Seruit, Kuliner Khas Krui Lampung

Untuk makanan khas dari Krui Lampung yang pertama adalah Seruit. Seruit merupakan salah satu makanan khas Lampung yang sering dihidangkan saat ada acara keluarga, pernikahan, acara adat serta acara keagamaan. Sementara itu, seruit ini juga sering dijadikan makanan pokok yang dikonsumsi sehari-hari oleh masyarakat Pepadun.

Kuliner Seruit Khas Krui Lampung Foto:jelajahnusae.com

Kuliner Seruit Khas Krui Lampung Foto:jelajahnusae.com

Seruit merupakan sebuah makanan yang terbuat dari ikan bakar yang dicampur dengan berbagai sambal terasi khas kota Bandar Lampung seperti tempoyak ataupun ada pula yang menambahkan mangga. Pada dasarnya ikan-ikan yang digunakan untuk membuat seruit cukuplah beragam, hampir semua jenis ikan dapatt digunakan untuk bahan utama memasak Seruit.

Namun ikan yang paling sering digunakan ialah ikan yang berasal dari sungai seperti ikan baung, ikan balide, ikan layis dan lainnya. Saat menyantap seruit ini biasanya akan ditambahkan lalapan agar memberikan cita rasa yang lebih lezat dan nikmat.

Harga Makanan Seruit

Untuk kalian yang ingin mencicipi kuliner masakan Seruit, kalian bisa mengunjungi rumah makan lokal yang ada disekitaran daerah Krui Lampung. Salah satu rumah makan yang menyediakan menu Seruit adalah Rumah Makan Cik Wo. Harga 1 porsi Seruit dibanderol dengan harga 40.000 rupiah yang sudah lengkap dengan tambahan lalapan.

2.  Gabing, Makanan Khas Krui Lampung yang Lezat

Kuliner Gabing Khas Krui Lampung Foto:jelajahnusantara.com

Kuliner Gabing Khas Krui Lampung Foto:jelajahnusantara.com

Gabing merupakan makanan yang menggunakan bahan dasar utama batang kelapa yang masih muda. Saat proses pembuatan gabing terbilang sangat sederhana yakni dengan cara mengiris batang kelapa muda hingga terlihat seperti lempengan kecil yang memanjang dan berukuran 3 hingga 4 cm.

Selanjutnya anda bisa merebus batang kelapa tersebut dan juga ditambahkan dengan santan dan bumbu opor. Gabing sendiri merupakan makanan berkuah, namun ada juga sebagian orang yang membuat gabing yang tidak diberikan kuah. Biasanya agar lebih lezat gabing ditambahkan dengan daging atau jamur. Harga Makanan Gabing

Harga Makanan Gabing atau untuk 1 porsi Makanan Gabing dijual dengan harga 10.000 rupiah saja.

3. Tempoyak

Kuliner Tempoyak Khas Krui Lampung Foto:konkrit.com

Kuliner Tempoyak Khas Krui Lampung Foto:konkrit.com

Kuliner Khas Krui Lampung berikutnya adalah Tempoyak. Tempoyak merupakan sebuah makanan yang menggunakan bahan dasar buah durian yang sudah difermentasikan. Tempoyak biasanya digunakan sebagai lauk karena rasanya yang asam sebagai hasil dari proses fermentasi pada daging buah durian.

Di Lampung sendiri Tempoyak biasa digunakan untuk bahan dalam pembuatan seruit atau untuk campuran sambal. Harga untuk Makanan Tempoyak dijual dengan harga 12.000 rupiah per ons nya.

4. Gulai Taboh, Kuliner Khas Krui yang wajib di coba

Gulai Taboh kuliner khas Krui Lampung Foto:detikfood.com

Gulai Taboh kuliner khas Krui Lampung Foto:detikfood.com

Kuliner yang khas dari Krui Lampung selanjutnya adalah Gulai taboh. Gulai Taboh memang dikenal sebagai makanan khas dari Lampung yang memiliki cita rasa yang sangat unik. Gulai taboh ini biasanya terbuat dari ubi-ubian dan kacang-kacangan.

Sekilas Gulai Taboh mirip dengan sayur lodeh. Proses pembuatan gulai taboh terbilang sedikit mudah yakni dengan mencapurkan santan dengan kacang hijau ataupun kacang lainnya, serta juga bisa mencapurkan rebung dan kentang ke dalam masakan ini.

Gulai Taboh biasanya dihidangkan bersama ikan, baik ikan air sungai mapun ikan laut. Keduanya saling enak dan wajib kalian coba. Untuk kalian yang ingin mencicipi Gulai Taboh,1 porsi Gula Taboh dijual dengan harga 20.000 rupiah saja.

5. Kue Geguduh

Kuliner Gaguduh Khas Krui Lampung Foto:resepmasakannusantara.com

Kuliner Gaguduh Khas Krui Lampung Foto:resepmasakannusantara.com

Geguduh merupakan salah satu makanan yang sejenis dengan kue dan terbuat dari pisang yang sudah dihaluskan. Geguduh ini biasanya disajikan untuk para tamu dan juga untuk dinikmati bersama keluarga saat ada acara keluarga atau sekedar untuk cemilan ditemani secangkir kopi.

Geguduh dibuat dengan cara digoreng , sehingga teksturnya terasa sedikit renyah namun juga lembut. Untuk kalian yang ingin mencicipi Geguduh, kalian hanya perlu membayar 2.000 rupiah saja per bijinya cukup murah kan.

6. Kue Engkak, Kue Khas Krui Lampung yang Enak

Kuliner Engkak khas Krui Lampung Foto:merahputih.com

Kuliner Engkak khas Krui Lampung Foto:merahputih.com

Kuliner yang khas dari Krui Lampung yang terakhir adalah Engkak. Engkak merupakan makanan yang memiliki rasa yang cukup manis. Bahan utama untuk pembuatan engkak ialah telur dan mentega yang dihaluskan menjadi tekstur yang sangat lembek. Engkak ini sangat cocok disantap sebagai makanan ringan dan juga sarapan. Bahan-bahan yang digunakan untuk pembuatan engkak ialah gula pasir, tepung ketan putih, telur ayam, susu kental manis, santan serta mentega.

Selanjutnya semua bahan tesebut bisa anda campurkan menjadi satu lalu aduk hingga merata. Setelahnya anda bisa memasukan adonan tersebut ke dalam loyang yang sudah dioleskan mentega dan juga di beri alas kertas berih. Anda bisa memanggang kue ini layaknya lapis segit.

**

Sumber: zonamakan.com, kumparan.com, lampung.com

Leave a Reply