6 Kuliner dan Makanan Khas Sangatta Kabupaten Kutai Timur - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Kuliner

6 Kuliner dan Makanan Khas Sangatta Kabupaten Kutai Timur

Gangan Manok, Makanan Khas Sangatta

Gangan Manok, Makanan Khas Sangatta - https://www.qupas.id/

Pada artikel sebelumnya kami sudah membahas Kota Sangatta Kabupaten Kutai Timur, nah pada artikel ini kami akan membahas kuliner dan makanan khas Sanggata Kabupaten Kutai Timur yang tentunya merupakan salah satu tujuan kebanyakan traveller untuk mencicipi makanan khas.

Apalagi Kalimantan Timur  akan menjadi ibukota baru Indonesia maka akan banyak wisatawan datang untuk liburan. Selain itu, Sangatta Kabupaten Kutai Timur memiliki pesona alam yang indah. Banyak tempat yang bisa dikunjungi pada jika kita berlibur ke Sangatta Kabupaten Kutai Timur. Sangatta Kabupaten Kutai Timur memiliki kuliner yang enak-enak.

Berikut ini 6 Kuliner dan Makanan Khas Sangatta Kabupaten Kutai Timur yang wajib kalian coba, yaitu :

1. Bubur Pedas, Makanan Khas Sangatta

Bubur Pedas, Makanan Khas Sangatta Kabupaten Kutai Timur

Bubur Pedas, Makanan Khas Sangatta Kabupaten Kutai Timur – foto https://www.qupas.id/

Makanan Khas Sangatta Kabupaten Kutai Timur yang pertama adalah Bubur Pedas. Seperti yang kita tahu jika Bubur merupakan salah satu pilihan makanan warga Indonesia untuk sarapan di pagi hari dan makanan ketika kita sakit.

Banyak variasi dalam penyajian bubur sesuai dengan faktor daerah. Bubur Pedas di Kutai Timur sendiri berbeda dengan bubur yang ada di pulau Jawa karena rasanya lebih pedas dan pelengkapnya terdapat ikan teri, sayur, jagung, kacang goreng, dan irisan ayam.

  • Lokasi : Rumah Makan IDAMAN di Jalan Ery Suparjan No. 139, Sangatta Utara
    Buka dari : 09:00-22:00 WIB

2. Gangan Manok, Makanan Khas Sangatta yang Enak

Makanan Khas Sangatta Kabupaten Kutai Timur

Gangan Manok, Makanan Khas Sangatta Kabupaten Kutai Timur – https://www.qupas.id/

Jenis sayur bening di Kutai Timur adalah Gangan Manok. Gangan Manok cocok untuk disajikan dengan nasi dan bagi kalian yang tidak suka makan kering atau pencinta sayur ketika di Kutai Timur, kalian bisa mencoba Gangan Manok.

Baca Juga ya : Mengenal Kota Sangatta Kabupaten Kutai Timur Kaltim

Gangan Manok disajian dengan bakso dan sayur bayam. Kuah Gangan Manok campuran dari kaldu daging ayam dan rempah-rempah. Selain itu terdapat irisan bawang, oyong, dan tomat jenis Cherry yang menyegarkan. Kini Gangan Manok juga menjadi salah satu Makanan Khas Sangatta Kabupaten Kutai Timur yang wajib kalian coba.

  • Harga : biasanya dipatok dengan harga sekitar Rp.10.000,-.
  • Lokasi : Rumah Makan Gangsar Jaya, Jalan Poros SP1, Wanasari, Muara Wahau
  • Buka dari : 08:30-22:00 WIB

3. Gence Ruan, Makanan Khas Sangatta yang menggugah selera

Makanan Khas Sangatta Kabupaten Kutai Timur

Gence Ruan, Makanan Khas Sangatta Kabupaten Kutai Timur – https://www.qupas.id/

Gence Ruan merupakan kuliner atau Makanan Khas Sangatta Kabupaten Kutai Timur yang terbuat dari olahan hidangan seafood. Gence Ruan dibuat dari ikan yang sudah dibakar kemudian diatasnya ditaruh sambal gorengan dengan ulekkan kasar. Jenis ikan yang dipakai adalah ikan gabus. Siraman air asam jawa menambah citarasa dari Gance Ruan menjadi asam manis.

4. Ayam Goreng Sangkulirang

Ayam Goreng Sangkulirang, Makanan Khas Sangatta Kabupaten Kutai Timur

Ayam Goreng Sangkulirang, Makanan Khas Sangatta – https://www.qupas.id/

Semua orang pasti suka Ayam Goreng namun Ayam Goreng di daerah Kutai Timur mempunyai resep bumbu turun temurun sehingga akan berbeda dengan Ayam Goreng biasanya karena dimasak dengan kecap dan santan sehingga menciptakan citarasa yang khas.

Leave a Reply