6 Kuliner dan Makanan Khas Kabupaten Barru Sulawesi Selatan - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Kuliner

6 Kuliner dan Makanan Khas Kabupaten Barru Sulawesi Selatan

gogoso bakar, Makanan Khas Kabupaten Barru

gogoso bakar, Makanan Khas Kabupaten Barru

Makanan Khas Kabupaten Barru – Indonesia terkenal dengan ragam budaya dan pesona keindahan alam yang tersebar di berbagai daerah nusantara. Masing-masing daerah memiliki keragaman mulai dari budaya, panorama alam yang indah dan ragam kulinernya. Seperti di Kabupaten Barru di Sulawesi Selatan, yang terkenal dengan sebutan Bumi Colliq Pujie.

Selain objek wisata di Kabupaten Barru, aneka kuliner di sini juga beragam dan unik. Apa saja? berikut ulasan tentang kuliner khas kabupaten barru adalah:

1. Gogos bakar

gogoso, Makanan Khas Kabupaten Barru

Gogos Bakar, Makanan Khas Kabupaten Barru – Foto: makassar.terkini.id

Gogos Bakar merupakan Makanan Khas Kabupaten Barru yang cukup terkenal. Apalagi pada saat musim lebaran tiba. Di Barru sendiri gogos mudah dijumpai di sepanjang jalan kampung Jalange.

Makanan ini terbuat dari nasi ketan yang dibungkus daun pisang kemudian dibakar di atas bara api hingga matang dan keluar aroma wangi dari bakaran daun pisang. Dan disajikan sebagai makanan pendamping mie rebus lengkap dengan telur asin.

2. Bacaki

Bacaki, Makanan Khas Kabupaten Barru

Bacaki, Makanan Khas Kabupaten Barru – Foto: bacaki.id

Tanaman jagung di Kabupaten Barru tumbuh dengan subur. Sehingga mudah ditemukan dimana-mana dan bisa dikatakan setiap hari musim jagung. Olahan makanan dari jagung khas Barru yaitu salah satunya bacaki. Bahan utamanya jagung.

Masakan jagung rebus yang disantap bersama sambal yakni garam yang dihaluskan dengan cabai merah mentah. Penjual di Kampung Laju menawarkan dua jenis masakan berbahan dasar jagung yakni dengan cara jagung direbus dan jagung dibakar. Kedua masakan lebih nikmat ditambahan sambal yang mengunggah selera.

Baca juga ya : 

3. Palekko

Palekko, Makanan Khas Kabupaten Barru

Palekko, Makanan Khas Kabupaten Barru – Foto: seruni.id

Palekko merupakan kuliner khas Bugis yang menggunakan bahan dasar yaitu bebek dan ayam. Palekko dimasak dengan bumbu pilihan sampai meresap hingga ke tulang.

Makanan Khas Kabupaten Barru ini bisa dimakan bersama dengan nasi ketan (sokko), rasanya khas rempah-rempah dan pedas. Jenis kuliner ini cocok bagi anda yang suka dengan makanan pedas. Palekko mudah dijumpai di sepanjang jalan Bottoe, Tanete, Barru.

4. Tiram Bakar

Tiram Bakar, Makanan Khas Kabupaten Barru

Tiram Bakar, Makanan Khas Kabupaten Barru – Foto: travelingyuk.com

Leave a Reply