Kuliner

6 Kuliner dan Makanan Khas Kabupaten Barru Sulawesi Selatan

gogoso bakar, Makanan Khas Kabupaten Barru

gogoso bakar, Makanan Khas Kabupaten Barru

Makanan Khas Kabupaten Barru – Indonesia terkenal dengan ragam budaya dan pesona keindahan alam yang tersebar di berbagai daerah nusantara. Masing-masing daerah memiliki keragaman mulai dari budaya, panorama alam yang indah dan ragam kulinernya. Seperti di Kabupaten Barru di Sulawesi Selatan, yang terkenal dengan sebutan Bumi Colliq Pujie.

Selain objek wisata di Kabupaten Barru, aneka kuliner di sini juga beragam dan unik. Apa saja? berikut ulasan tentang kuliner khas kabupaten barru adalah:

1. Gogos bakar

gogoso, Makanan Khas Kabupaten Barru

Gogos Bakar, Makanan Khas Kabupaten Barru – Foto: makassar.terkini.id

Gogos Bakar merupakan Makanan Khas Kabupaten Barru yang cukup terkenal. Apalagi pada saat musim lebaran tiba. Di Barru sendiri gogos mudah dijumpai di sepanjang jalan kampung Jalange.

Makanan ini terbuat dari nasi ketan yang dibungkus daun pisang kemudian dibakar di atas bara api hingga matang dan keluar aroma wangi dari bakaran daun pisang. Dan disajikan sebagai makanan pendamping mie rebus lengkap dengan telur asin.

2. Bacaki

Bacaki, Makanan Khas Kabupaten Barru

Bacaki, Makanan Khas Kabupaten Barru – Foto: bacaki.id

Tanaman jagung di Kabupaten Barru tumbuh dengan subur. Sehingga mudah ditemukan dimana-mana dan bisa dikatakan setiap hari musim jagung. Olahan makanan dari jagung khas Barru yaitu salah satunya bacaki. Bahan utamanya jagung.

Masakan jagung rebus yang disantap bersama sambal yakni garam yang dihaluskan dengan cabai merah mentah. Penjual di Kampung Laju menawarkan dua jenis masakan berbahan dasar jagung yakni dengan cara jagung direbus dan jagung dibakar. Kedua masakan lebih nikmat ditambahan sambal yang mengunggah selera.

Baca juga ya : 

3. Palekko

Palekko, Makanan Khas Kabupaten Barru

Palekko, Makanan Khas Kabupaten Barru – Foto: seruni.id

Palekko merupakan kuliner khas Bugis yang menggunakan bahan dasar yaitu bebek dan ayam. Palekko dimasak dengan bumbu pilihan sampai meresap hingga ke tulang.

Makanan Khas Kabupaten Barru ini bisa dimakan bersama dengan nasi ketan (sokko), rasanya khas rempah-rempah dan pedas. Jenis kuliner ini cocok bagi anda yang suka dengan makanan pedas. Palekko mudah dijumpai di sepanjang jalan Bottoe, Tanete, Barru.

4. Tiram Bakar

Tiram Bakar, Makanan Khas Kabupaten Barru

Tiram Bakar, Makanan Khas Kabupaten Barru – Foto: travelingyuk.com

Tiram Bakar adalah Makanan Khas Kabupaten Barru lainnya yang wajib kalian coba. Di abad ke-19, tiram mulai dikonsumsi secara luas oleh sebagian masyarakat kelas pekerja. Berbagai olahan tiram seperti tiram mentah, dikukus, dipanggang, digoreng, dan dibakar. Semua olahan tiram rasanya lezat, karena tiram yang digunakan hanya tiram yang masih fresh atau segar.

Tiram juga terkenal di Kabupaten Barru, di sini olahan tiram disajikan dengan cara dibakar terlebih dahulu. Cara masaknya di Barru sudah ada pada dahulu kala. Tiram ini Lebih segar dan nikmat jika di santap dengan cecca pao atau mangga parut dan tambahan irisan cabe rawit.

Selain rasanya yang lezat, kandungan manfaat yang ada pada tiram sangat baik untuk tubuh. Tetapi dengan catatan porsi tiram yang dimakan tidak melebihi batas konsumsi atau tidak terlalu banyak.

5. Telur asin

Telur asin, Makanan Khas Kabupaten Barru

Telur asin, Makanan Khas Kabupaten Barru – Foto: warstek.com

Sepanjang melintasi jalanan di kampung Jalange, Desa Mallawa, Kecamatan Malusetasi, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan. Tampak berjejer para penjual gogos, yang merupakan makanan khas Barru.

Masyarakat lokal maupun para pelancong menyebutkan bahwa gogos ini lebih nikmat disantap saat masih hangat dengan telur asin. Nah, di sini awal mulanya telur asin menjadi bagian dari makanan khas Barru. Telur asin merupakan inovasi yang dilakukan oleh kabupaten barru dengan referensi dari daerah lain yang ada di Indonesia.

6. Kue Bolu Cukke, Makanan Khas Kabupaten Barru

Bolu Cukk, Makanan Khas Kabupaten Barru

Bolu Cukk, Makanan Khas Kabupaten Barru – Foto: sudi27.blogspot.com

Jajanan tradisional Kabupaten Barru atau Makanan Khas Kabupaten Barru adalah Kue Bolu Cukke yang terbuat dari tepung terigu dan gula merah. Produksi kue ini oleh warga setempat yang bernama kelompok wanita tani madello atau kelompok bahagia.

Ribuan kue ini dihasilkan setiap harinya, rasanya manis khas gula merah ditambah tekstur kue yang empuk saat dimakan. Kue ini mampu bertahan sampai seminggu, bisa menjadi pilihan oleh-oleh khas barru jika anda berkunjung ke sana.

Tak perlu khawatir bagi anda yang berminat dengan kue ini, kelompok bahagia telah menyalurkan hasil produksinya ke berbagai tempat di kota barru, diantaranya di Pasar Takkalasi, Pasar Sentral Mattirowalie sampai di Pasar Pekkae.

Kue Bolu Cukke cocok disajikan sebagai teman makan sambil minum teh atau kopi di pagi atau sore hari. Harganya juga cukup terjangkau dan terkenal di seluruh penjuru di Kota Barru.

Leave a Reply