6 Kuliner dan Makanan Khas Ranai Natuna - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Kuliner, Pengetahuan

6 Kuliner dan Makanan Khas Ranai Natuna

Makanan Khas Ranai Natuna 

Latoh, Makanan Khas Ranai Natuna 

Makanan Khas Ranai Natuna – Kabupaten Natuna merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Kepulauan Riau yang terkenal dengan wisata alamnya seperti pantai, dan pulaunya yang indah.

Selain terkenal dengan wisata alamnya yang sangat mempesona, ternyata di Kota Ranai Kabupaten Natuna memiliki kuliner khas yang sangat nikmat dan juga harganya yang terjangkau.

Berikut kami berikan informasi mengenai Kuliner di Kota Ranai Kabupaten Natuna, yang mungkin cocok dilidah kamu, dan tentu harganya juga terjangkau oleh kamu yang suka wisata kuliner.

1,  Kue Kernas, Makanan Khas Ranai Natuna

Kernas, Makanan Khas Ranai Natuna 

Kernas, Makanan Khas Ranai Natuna  Foto: cookpad.com

Kernas adalah makanan khas Ranai Kabupaten Natuna yang mirip dengan Pempek Palembang. Yang membedakan Kernas dengan Pempek  Palembang adalah, Kernas menggunakan ikan tongkol, sedangkan pempek menggunakan ikan tenggiri.

Ikan tongkol yang digunakan sebagai bahan dasar Kernas dicampur dengan tepung sagu yang sudah disiapkan, setelah itu dibuat menjadi adonan. Adonan Kernas kemudian dipipihkan dan setelah itu Kernas bisa di goreng dengan api yang sedang.

Untuk kamu yang ingin menikmati makanan khas Ranai Kabupaten Natuna yang sangat lezat ini, kamu dapat berkunjung ke Rumah Makan Adelio. Dibanderol dengan harga Rp 25.000- 30.000, kamu bisa menikmati lezatnya Kernas.

2. Tabel Mando

Tabel Mando 

Tabel Mando  Foto: deddy zebua

Tabel Mando adalah salah satu makanan khas Ranai Kabupaten Natuna yang sangat terkenal. Tabel Mando ini mirip dengan pizza, namun bahan dasar dari Tabel Mondo adalah ikan tongkol .

Ikan tongol yang menjadi bahan utama Tabel Mando dicampur dengan tepung sagu, dan setelah itu di bentuk menjadi adonan.  Setelah menjadi adonan, Tabel Mando dipanggang hingga matang.

Tabel Mando dapat kamu temui di Rumah Makan Adelio Kota Ranai, dan dengan harga Rp 30.000, kamu dapat menikmati lezatnya Tabel Mando makanan khas Ranai Kabupaten Natuna.

3. Kerupuk Ikan Tongkol Natuna

Makanan Khas Ranai Natuna

Makanan Khas Ranai Natuna – Foto: tokomesin.com

Kerupuk Ikan Tongkol merupakan oleh oleh khas Ranai Kabupaten Natuna yang wajib kamu coba. Dengan bahan dasar ikan tongkol, ikan tongkol tersebut diolah dengan tepung tapioka hingga menjadi adonan. Setelah diolah, adonan tersebut digoreng hingga menjadi sebuah kerupuk.

Dengan harga Rp 70.000- 80.000, kamu dapat menikmati kelezatan dan gurihnya Kerupuk Ikan Tongkol yang merupakan produk industri rumah tangga warga Kota Ranai Kabupaten Natuna.

Baca Juga ya6 Tempat Wisata di Ranai Kabupaten Natuna

4. Sambal Pedek

Sambal Pedek  Foto: kemdikbud.go.id

Sambal Pedek, Makanan Khas Ranai Natuna –  Foto: kemdikbud.go.id

Sambal Pedek (bahasa Indonesia: mencolek) merupakan sambal khas Ranai Kabupaten Natuna yang sangat nikmat. Sambel Pedek terbuat dari ikan teri, garam dan asam kandis, lalu ketiga bahan tersebut di fermentasikan dalam sebuah tong/ tempayan dalam waktu berhari hari.

Sambal Pedek juga menjadi Makanan Khas Ranai Natuna yang tak boleh kalian lewatkan. Sambel ini dapat kamu gunakan sebagai pengganti ikan, dan dengan harga Rp 10.000 per botolnya, kamu dapat merasakan nikmatnya sambal pedek buatan warga Ranai Kabupaten Natuna.

5. Bubur Pedas Natuna

Bubur pedas Natuna, Makanan Khas Ranai Natuna

Bubur pedas Natuna, Makanan Khas Ranai Natuna – Foto: pesona.travel

Bubur Pedas Natuna merupakan makanan khas Kabupaten Natuna yang sangat lezat.  Bubur Pedas terbuat dari beras , dan kemudian beras tersebut dimasak hingga menjadi bubur. Setelah bubur matang, bubur  ditambah toping seperti sayur sayuran dan juga diberi bumbu pedas.

Untuk kamu yang ingin menikmati bubur pedas khas Natuna ini, banyak penjual bubur pedas di kota Ranai Kabupaten Natuna , dan kamu hanya merogoh kocek sekitar Rp 5.000 untuk menikmati lezatnya bubur pedas khas Natuna.

6. Latoh Silong, Makanan Khas Ranai Natuna dari Rumput Laut

Makanan Khas Ranai Natuna

Makanan Khas Ranai Natuna Latoh Silong – Foto: rasio.co

Latoh Silong adalah salah satu Makanan Khas Ranai Natuna yang berasal dari tumbuhan laut. Oleh warga sekitar disebut dengan anggur laut karena bentuknya yang mirip dengan anggur . Masyarakat Ranai Kabupaten Natuna biasanya mengolah Latoh silong dengan menggunakan sambal hijau, dan ditemani oleh lauk seperti ikan bakar dan ikan salai.

Untuk kamu yang ingin menikmati lezatnya Latoh Silong yang diolah oleh warga Kota Ranai Kabupaten Natuna, kamu harus merogok kocek Rp 100.000.  Dengan harga tersebut, akan sebanding dengan rasa Latoh Silong yang lezat bersama dengan ikan bakarnya.

Baca Juga   6 Kuliner Dan Masakan Khas Metro

Itu dia kuliner yang wajib kamu coba saat berkunjung di Kota Ranai Kabupaten Natuna. Kamu bisa menikmati keindahan alam di Natuna sambil menikmati kuliner yang dijajakan oleh warga Kota Ranai Kabupaten Natuna.

Leave a Reply