6 Kuliner dan Makanan Khas Bantaeng Sulawesi Selatan - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Kuliner

6 Kuliner dan Makanan Khas Bantaeng Sulawesi Selatan

Kue Mangkok Mekar, Makanan Khas Bantaeng

Kue Mangkok Mekar, Makanan Khas Bantaeng

Makanan Khas Bantaeng – Berada di sebuah daerah, mencicipi ragam kuliner khas daerah tersebut merupakan hal yang lazim untuk para wisatawan. Seperti halnya di Kabupaten Bantaeng yang memiliki ragam kuliner dan pesona alam yang sangat indah, wajib anda kunjungi.

Beriku ini adalah Beberapa kuliner dan makanan khas Bantaeng yang mungkin bisa kamu coba kelezatanya :

1. Sup Ubi Tompong

Sup Ubi Tompong, Makanan Khas Bantaeng

Sup Ubi Tompong, Makanan Khas Bantaeng – Foto: tripzilla.id

Sup Ubi Tompong merupakan salah satu makanan legendaris di Bantaeng sekaligus menjadi Makanan Khas Bantaeng Sulawesi Selatan. Terletak sekitar 100 meter ke arah selatan dari masjid tua Taqwa Tompong.

Bangunan tersebut diketahui menjadi salah satu situs budaya pada zaman kerajaan Bantaeng di Jalan Bete-bete, dusun Tompong, Bantaeng.  Menjadi tempat makan sederhana, yang tak pernah sepi selalu ramai dikunjungi oleh pelanggan lokal maupun interlokal.

Sup Ubi Tompong terbuat dari potongan daging, ubi, telor, bihun, daun bawang, bawang goreng dan kaldu yang dimasak spesial. Rasanya yang segar, guri membuat siapa pun yang memakanan akan ketagihan. Jika anda berkunjung ke Sulawesi Selatan sempatkan datang ke tempat ini, dan pastikan datang lebih awal agar tidak kehabisan.

2. Jagung Marning

Jagung Marning, Makanan Khas Bantaeng

Jagung Marning, Makanan Khas Bantaeng – Foto: cemilannusantara.co.id

Jagung Marning adalah Makanan Khas Bantaeng lainny ayang bis akamu coba. Makanan ringan ini terbuat dari jagung berkualitas bagus, garam, kapur sirih, air, minyak goreng dan bumbu yang dihaluskan terdiri dari: bawang merah, bawang putih, jahe, merica, ebi, garam.

Jagung marning merupakan hasil olahan dengan berbagai rasa yaitu pedas, manis, asin, original dan sarabba jahe. Makanan ringan khas Bantaeng mudah dijumpai di pedagang eceran. Usaha jagung marning disebut juga dengan Layoaku. Pemasaran tersebar di berbagai daerah Indonesia dan menjadi cemilan khas Bantaeng desa Layoa.

Baca juga ya :

3. Keripik Talas Bantaeng

Keripik Talas, Makanan Khas Bantaeng

Keripik Talas, Makanan Khas Bantaeng – Foto: Liputan6.com

Daerah yang terkenal dalam pengembangan beberapa jenis talas, membuat sebagian warga sekitar memanfaatkan untuk dijadikan olahan makanan ringan seperti keripik talas.

Tak heran jika keripik talas ini mudah ditemukan di berbagai toko kelontong sekitar kota Bantaeng. Keripik talas juga menjadi salah satu Makanan Khas Bantaeng yang wajib kamu coba rasanya.

Leave a Reply