5 Gunung Tertinggi di Sulawesi yang Bisa Didaki - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

jalur pendakian, Gunung, Pendaki

5 Gunung Tertinggi di Sulawesi yang Bisa Didaki

gunung sesean, Gunung Tertinggi di Sulawesi

gunung sesean, Gunung Tertinggi di Sulawesi - sumber-jalanwisata.id

Gunung Tertinggi di Sulawesi – Kurang lengkap rasanya jika berkunjung ke Sulawesi namun tidak menyempatkan untuk mendaki gunung. Sulawesi memiliki banyak gunung yang bagus untuk dijadikan tujuan mendaki, mulai dari gunung yang rendah, tinggi, bahkan sampai rute tersulit saat dilewati.

Penasaran kan gunung tertinggi mana saja yang bisa didaki di pulau Sulawesi? Makanya baca artikel ini sampai habis ya gaes.

1. Gunung Latimojong

Gunung Latimojong, Gunung Tertinggi di Sulawesi

Gunung Latimojong, Gunung Tertinggi di Sulawesi – foto sumber-phinemo.com

Gunung Latimojong merupakan salah satu Gunung Tertinggi di Sulawesi atau tepatnya berada di Sulawesi Selatan tepatnya berada di kabupaten Enkerang.  Gunung ini termasuk gunung tertinggi di Sulawesi dengan ketinggian mencapai 3478 m .

Pegunungan Lantimojong memiliki 7 puncak dan  masing-masing memiliki nama yang unik. Untuk puncak tertinggi bernama Bulu Rante Mario. Untuk kamu yang suka mendaki gunung, tidak ada salahnya coba mendaki disini. Karena ketika kamu sudah berada di puncak, maka pemandangan indah terpampang jelas di depan mata.

Gunung Lantimojong juga memiliki tiga jalur pendakian, diantaranya adalah

  1. Jalur pendakian via kecamatan Mingkendek (Tana Toraja)
  2. Jalur pendakian via kecamatan Baraka (Enkerang)
  3. Jalur pendakian via kecamatan Latimojong (Luwu)

Nah biasanya para pendaki lebih memilih lewat jalur kedua. Terdapat 5 post yang harus kamu lewati dan pastinya berbagai halangan rintangan akan kamu temui. Mulai dari jurang, akar tanaman, lumut, jalur curam, menanjak, dan lainnya.

2. Gunung Kambuno

Gunung Kambuno, Gunung Tertinggi di Sulawesi

Gunung Kambuno, Gunung Tertinggi di Sulawesi – sumber-jalanwisata.id

Gunung Kambuno menjadi Gunung Tertinggi di Sulawesi kedua setelah Gunung Latimojong. Gunung Kambuno memiliki ketinggian 2950 mdpl dan merupakan gunung tertinggi kelima di Sulawesi Selatan. Puncaknya bernama Buntu Lantangunta yang menjadi tujuan utama para pendaki.

Sayangnya gunung ini dijadikan tempat penebangan liar oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab, sehingga saat hujan tanah rawan longsor dan pendaki harus ekstra berhati-hati.

Gunung ini sangat menarik dan menantang, karena menurut warga setempat memiliki kekuatan magis yang tinggi. Bahkan kabar terbarunya ada lima pendaki dari kampas yang hilang. Sebelumnya juga pernah ada pekerja jalan yang hilang dan sampai saat ini tidak diketahui keberadaannya.

Bagi kamu yang berniat untuk mendaki gunung ini, harap selalu berhati-hati karena ada beberapa kawasan yang dianggap berbahaya yang apabila sudah dimasuki, maka sulit menemukan jalan keluar.

Leave a Reply