6 Kuliner dan Makanan Khas Bangko, Kabupaten Merangin - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

City Tour, Kuliner

6 Kuliner dan Makanan Khas Bangko, Kabupaten Merangin

Lemang, Makanan Khas Bangko

Lemang, Makanan Khas Bangko - Sumber: Metro Jambi

Makanan Khas Bangko – Berwisata ke Kabupaten Merangin, jangan lupa untuk mengunjungi Kota Bangko. Kota ini merupakan ibu kota dari Kabupaten Merangin. Di sini, kamu dapat menikmati aneka kuliner dan makanan khas Kota Bangko.  Tentu dengan harga yang terjangkau dan rasa yang lezat.

6 kuliner dan Makanan Khas Bangko Kabupaten Merangin Jambi

1. Gulai Ikan Semah, Makanan Khas Bangko

Gulai Ikan Semah

Gulai ikan Semah, Makanan Khas Bangko Merangin – liputan6.com

Habitat ikan semah berada di sungai yang lebar dan dalam. Sungai yang memiliki arus deras juga menjadi tempat ideal jenis ikan ini untuk berkembang biak dan hidup. Dari tempat inilah tekstur daging ikan semah yang kenyal dan padat didapat. Gulai ikan semah menjadi salah satu makanan khas Kecamatan Bangko, Kabupaten Merangin.

Cita Rasa makanan khas Kota Bangko ini pedas dan gurih karena terdiri dari cabai rawit, jahe, lengkuas, bawang merah, bawang putih, dan santan. Untuk membuat gulai yang lezat, dibutuhkan ikan semah berukuran besar. Ikan semah yang masih kecil akan susah untuk dikonsumsi karena masih memiliki duri yang halus dan banyak.

Salah satu kenikmatan dari kuliner khas Bangko ini adalah pada sisik ikan. Tekstur sisik ikan semah hampir mirip dengan tulang muda ayam sehingga dapat dikonsumsi.

Kepala ikan merupakan bagian yang paling diburu. Harga satu porsi gulai kepala ikan bisa mencapai ratusan ribu, sedangkan satu porsi gulai rata-rata seharga mulai dari Rp25.000.

Jika kalian mampir ke Kecamatan Bangko dan ingin mencicipi kuliner khas kota ini, kalian bisa mampir ke Rumah Makan Perentak di Pasar Atas Kota Bangko.

2. Gulai Tekuyung

Gulai Tekuyung, Makanan Khas Bangko Merangin

Gulai Tekuyung, Makanan Khas Bangko Merangin – Sumber: Wisatakuliner

Makanan Khas Bangko selanjutnya yang bisa kalian coba adalah Gulai Tekuyung. Tekuyung merupakan keong kecil berbentuk ulir kerucut. Biasanya, hewan ini menempel di bebatuan sungai. Siapa yang menyangka, hewan sungai ini menjadi salah satu kuliner khas kota Bangko.

Cita rasa gulai tekuyung ini seperti gulai yang lainnya yaitu gurih dan pedas. Rasa pedas dari cabai ini berfungsi untuk menyamarkan aroma dan rasa amis dari tekuyung.

Sering kali, gulai tekuyung dimasak dengan sayuran pakis dan rimbang. Daging tekuyung berukuran kecil, menyesuaikan cangkang keongnya. Tesktur daging ini kenyal tetapi empuk setelah dimasak.

Untuk menikmati kuliner khas Bangko ini, kamu harus mengambilnya dengan bantuan garpu dan menghisap lubang cangkang tekuyung. Tetapi, kamu harus hati-hati karena kuah gulai yang pedas dapat menyebabkan tersedak.

Baca Juga: 

3. Lemang Khas Bangko Merangin

6 Kuliner dan Makanan Khas Bangko, Kabupaten Merangin 1

Lemang – Sumber: Metro Jambi

Lemang biasanya diburu pada saat menjelang berbuka puasa ketika bulan Ramadhan di Kota Bangko. Kuliner dan makanan khas kota di Kabupaten Merangin, Jambi ini juga muncul ketika perayaan atau hari raya yang lain.

Lemang terbuat dari beras ketan yang diberi santan kelapa. Adonan tersebut kemudian dimasukkan ke dalam selongsong bambu untuk dibakar. Salah satu kuliner khas Bangko ini memiliki rasa gurih. Karena terbuat dari beras ketan, maka lemang sangat cocok untuk mengganjal perut sesaat setelah berbuka puasa sebelum makan besar.

Untuk menikmati lemang, kamu bisa langsung mengonsumsinya. Selain itu, ada pula penggemar lemang yang menikmatinya bersama dengan tapai.

Leave a Reply