Kuliner

6 Kuliner dan Makanan Khas Balige Sumatera Utara

kuliner dan makanan khas Balige

Makanan Khas Balige

Makanan Khas Balige – Balige adalah nama sebuah kecamatan yang berada di Kabupaten Toba Samosir Sumatera Utara. Sepetak wilayah administratif di provinsi Sumut yang terkenal dengan makanannya yang lezat. Bahkan tidak dianggap mampir ke Sumut jika belum mencicipi kuliner dan makanan khas Balige.

Hal ini dikarenakan kuliner khas Balige memiliki keunikan yang tidak ditemukan pada makanan di daerah yang lain. Ini pula yang menjadi alasan mengapa destinasi kuliner di kecamatan Balige sangat populer hingga ke luar provinsi.

kuliner dan makanan khas Balige

kuliner dan makanan khas Balige

Kuliner dan Makanan Khas Balige

Kuliner dan makanan khas Balige terkenal dengan kelezatan dan harganya yang terjangkau. Maka dari itu, rugi jika ke tempat ini tetapi tidak mencicipi penganan yang memancing selera tersebut.

Nah untuk kamu yang tidak mengetahui kuliner apa saja kebanggaan Balige, maka silakan lihat saja list berikut. Pastikan kamu mencatatnya supaya tidak lupa untuk membelinya ketika pelesir ke Balige. Ini dia kuliner-nya:

1. Mie Gomak

Mie Gomak, Makanan Khas Balige

Mie Gomak, Makanan Khas Balige – cookpad.co.id

Mie GKuliner dan makanan khas Balige yang pertama adalah Mie Gomak. Satu makanan yang tidak hanya lezat tetapi juga memiliki letting menawan. Bahkan ada yang menyebut Mie Gomak adalah “spageti-nya” Balige Toba Samosir.

Mie Gomak adalah satu kuliner yang proses pembuatan dan penyajiannya menggunakan cara-cara tradisional. Sekalipun demikian ada jaminan kuliner ini tetap hiegenis dan rasanya maknyus.

Mie Gomak biasanya dibuat dengan dua varian rasa. Cita rasa pertama adalah Mie Gomak Goreng yang bertekstur kering sedangkan yang kedua adalah Mie Gomak berkuah yang bertekstur basah.

2. Naniura

Naniura, Makanan Khas Balige

Naniura, Makanan Khas Balige – merahputih.com

Naniura adalah kuliner khas Balige atau Makanan Khas Balige yang populer disebabkan keunikan dari bahan yang digunakan. Menurut kabarnya, Naniura adalah makanan di kecamatan Balige yang dibuat dari ikan mas yang masih mentah.

Sekalipun demikian makanan ini tidak berbau amis menyengat sehingga kamu bisa menyantapnya dengan nyaman. Selain itu, lumuran bumbu kuning yang kental juga membuat cita rasa Naniura lebih “nendang” di lidah.

Untuk mencicipi Naniura kamu harus memesan terlebih dahulu lalu menunggunya dengan sabar. Karena untuk memasaknya membutuhkan waktu yang agak lama. Belum lagi ikan mas harus direndam dulu pada air larutan jeruk nipis agar amisnya hilang.

Baca Juga ya :

3. Pizza Andaliman

Pizza Andaliman, Makanan Khas Balige

Pizza Andaliman, Makanan Khas Balige – idntimes.com

Makanan Khas Balige Sumatera Utara yang menurut saya paling unik adalah Pizza Andaliman. Pasalnya, bahan yang digunakan adalah andaliman, sejenis lada batak yang sebagian besar dijadikan sebagai bumbu dibandingkan menjadi bahan pokok kuliner.

Andaliman sendiri adalah bumbu yang terbuat dari tumbuhan buah jenis jeruk-jerukan. Biasanya rempah yang memiliki rasa pedas segar ini dijadikan bahan bumbu untuk kuah kuning dan kuah campuran santan.

Namun karena rasa pedas andaliman yang pas, ternyata ada beberapa restoran yang memasukkannya ke dalam adonan roti pizza. Alhasil rasanya sangat mantap dengan kadar kepedasan yang lebih beraroma. Maka dari itu, lahirnya Pizza Andaliman yang saat ini mulai viral hingga ke luar provinsi.

4. Na Tinombur

Na Tinombur, Makanan Khas Balige

Na Tinombur, Makanan Khas Balige – food.detik.com

Kuliner dan makanan khas Balige Sumut yang selanjutnya adalah Na Tinombur. Sebuah penganan yang kalau di-bahasa Indonesia-kan disebut Ikan Bakar Bumbu Pedas.

Sesuai dengan namanya, Na Tinombur adalah kuliner yang terkenal dengan rasa pedas menyengat. Mungkin makanan ini tidak cocok dikonsumsi orang bukan penyuka pedas kecuali memesannya tanpa bumbu yaitu dengan kecap manis saja.

Jika ingin menikmati kuliner Na Tinombur datang saja ke Pantai Bul-Bul Balige Sumut. Di sini sudah dibangun warung-warung pinggir pantai yang menyediakan menu dengan harga yang cukup terjangkau.

5. Arsik Ikan Mas

Arsik Ikan Mas, Makanan Khas Balige

Arsik Ikan Mas, Makanan Khas Balige

Arsik Ikan Mas adalah kuliner tradisional Balige Kabupaten Toba Samosir yang masih dilestarikan dengan baik. Penganan ini masih eksis di Balige karena setiap acara adat wajib ada hidangan makanan yang diolah dengan cara unik ini.

Arsik Ikan Mas dibuat dengan cara di-arsik terlebih dahulu. Ikan emas yang sudah dicuci bersih, langsung dilumuri dengan bumbu kuning dan irisan bawang tanpa dilakukan pembuangan pada sisiknya.

Ini kenaikannya yang dijamin tidak ada makanan olahan ikan lainnya yang memiliki kesamaan dengan cara pengolahan Arsik Ikan Mas. Maka dari itu, wajar kalau makanan ini menjadi buruan para pelancong kota maupun luar wilayah.

6. Kue Lappet

Kue Lappet, Makanan Khas Balige

Kue Lappet, Makanan Khas Balige – cookpad.com

Jika kamu orang Madura yang merantau ke Balige Sumut lalu rindu masakan khas Madura Gellung Teleng, jangan khawatir cari saja Kue Lappet yang banyak dijual di Balige.

Kue Lappet adalah penganan yang dibuat dari tepung beras yang ditaburi dengan parutan kelapa setengah tua. Biasanya yang menjadi isiannya adalah irisan kelapa muda dan gula aren.

Jika semua campuran sudah lengkap, maka kue akan dibungkus dengan daun pisang lalu dikukus beberapa menit. Setelah matang baru Kue Lappet dihidangkan untuk dicicipi.

Itulah beberapa kuliner dan makanan khas Balige yang layak untuk dicicipi. Silakan list daftarnya sekarang juga, lalu persiapkan bekal perjalanan kamu sekarang juga.

Leave a Reply