6 Kuliner dan Makanan Khas Balige Sumatera Utara - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Kuliner

6 Kuliner dan Makanan Khas Balige Sumatera Utara

kuliner dan makanan khas Balige

Makanan Khas Balige

Makanan Khas Balige – Balige adalah nama sebuah kecamatan yang berada di Kabupaten Toba Samosir Sumatera Utara. Sepetak wilayah administratif di provinsi Sumut yang terkenal dengan makanannya yang lezat. Bahkan tidak dianggap mampir ke Sumut jika belum mencicipi kuliner dan makanan khas Balige.

Hal ini dikarenakan kuliner khas Balige memiliki keunikan yang tidak ditemukan pada makanan di daerah yang lain. Ini pula yang menjadi alasan mengapa destinasi kuliner di kecamatan Balige sangat populer hingga ke luar provinsi.

kuliner dan makanan khas Balige

kuliner dan makanan khas Balige

Kuliner dan Makanan Khas Balige

Kuliner dan makanan khas Balige terkenal dengan kelezatan dan harganya yang terjangkau. Maka dari itu, rugi jika ke tempat ini tetapi tidak mencicipi penganan yang memancing selera tersebut.

Nah untuk kamu yang tidak mengetahui kuliner apa saja kebanggaan Balige, maka silakan lihat saja list berikut. Pastikan kamu mencatatnya supaya tidak lupa untuk membelinya ketika pelesir ke Balige. Ini dia kuliner-nya:

1. Mie Gomak

Mie Gomak, Makanan Khas Balige

Mie Gomak, Makanan Khas Balige – cookpad.co.id

Mie GKuliner dan makanan khas Balige yang pertama adalah Mie Gomak. Satu makanan yang tidak hanya lezat tetapi juga memiliki letting menawan. Bahkan ada yang menyebut Mie Gomak adalah “spageti-nya” Balige Toba Samosir.

Mie Gomak adalah satu kuliner yang proses pembuatan dan penyajiannya menggunakan cara-cara tradisional. Sekalipun demikian ada jaminan kuliner ini tetap hiegenis dan rasanya maknyus.

Mie Gomak biasanya dibuat dengan dua varian rasa. Cita rasa pertama adalah Mie Gomak Goreng yang bertekstur kering sedangkan yang kedua adalah Mie Gomak berkuah yang bertekstur basah.

2. Naniura

Naniura, Makanan Khas Balige

Naniura, Makanan Khas Balige – merahputih.com

Naniura adalah kuliner khas Balige atau Makanan Khas Balige yang populer disebabkan keunikan dari bahan yang digunakan. Menurut kabarnya, Naniura adalah makanan di kecamatan Balige yang dibuat dari ikan mas yang masih mentah.

Sekalipun demikian makanan ini tidak berbau amis menyengat sehingga kamu bisa menyantapnya dengan nyaman. Selain itu, lumuran bumbu kuning yang kental juga membuat cita rasa Naniura lebih “nendang” di lidah.

Untuk mencicipi Naniura kamu harus memesan terlebih dahulu lalu menunggunya dengan sabar. Karena untuk memasaknya membutuhkan waktu yang agak lama. Belum lagi ikan mas harus direndam dulu pada air larutan jeruk nipis agar amisnya hilang.

Baca Juga ya :

3. Pizza Andaliman

Pizza Andaliman, Makanan Khas Balige

Pizza Andaliman, Makanan Khas Balige – idntimes.com

Makanan Khas Balige Sumatera Utara yang menurut saya paling unik adalah Pizza Andaliman. Pasalnya, bahan yang digunakan adalah andaliman, sejenis lada batak yang sebagian besar dijadikan sebagai bumbu dibandingkan menjadi bahan pokok kuliner.

Leave a Reply