Hotel

Pesona Labersa Toba di Balige

Labersa Toba

Labersa Toba - Sumber: Riau Pos

Labersa Toba – Untuk mewujudkan pengembangan sektor pariwisata di Balige, Kabupaten Toba, Sumatra Utara, PT Labersa Hutahaean yang merupakan perusahaan yang bergerak di bidang hospitality kembali membuka 1 unit hotel berbintang 4 (empat) yang berada di Balige.

Labersa Toba Hotel & Convention Center merupakan  hotel bintang 4 pertama dan satu-satunya yang berada di Balige, Kabupaten Toba, Sumatra Utara. Soft opening telah dilakukan pada tanggal 29 Februari 2019 dan melakukan Grand Opening pada tanggal 12 Maret 2020.

Pesona Labersa Toba di Balige

Labersa Toba

Labersa Toba – Sumber: Riau Pos

H.W Hutahaean yang merupakan pemilik PT. Labersa Hutahaean Hospitality  mempunyai mimpi untuk membangun kawasan Danau Toba. Labersa dibangun sebagai bentuk dukungan  kepada pengembangan pariwisata Danau Toba.

“Hotel ini dibangun sebagai amanat mengingat petuah orang tua Batak terdahulu ‘Ingot Bona Ni Pinasam’ (Ingat Kampung Halamanmu). hadirnya Labersa Toba Hotel, di tengah gencarnya program percepatan kemajuan kawasan Danau Toba di sektor pariwisata.

Dengan hadirnya hotel ini, wisawatan akan menjadi pilihan tempat menginap dan pasti akan banyak lagi wisatawan yang berkunjung ke sini,” ujarnya.

Labersa Toba Hotel, Mempunyai meeting room untuk 1.000 orang

Shandra Amril, Corporate General Manager Sales & Marketing  di Labersa Hutahaean Hospitality  menyatakan Labersa Totel Toba & Convention Center merupakan  satu-satunya hotel bintang 4 dan memiliki fasilitas terlengkap yang berada di Balige.

Berada tepat di pinggir Danau Toba yang sangat indah, hotel memiliki 152 kamar, ballroom yang sangat luas  dengan kapasitas mencapai 1000 orang, dan meeting room yang dapat menampung sampai dengan 100 orang.

DBisa melihat pemandangan Danau Toba dari hotel Labersa Toba

Labersa Toba, Hotel Bintang 4

Labersa Toba, Hotel Bintang 4 – Sumber: Indonesian Hotel General Manager Association

Lokasi Labersa Toba Hotel sangatlah strategis. Letaknya tepat di pinggir jalan lintas Tobasa-Taput yang dikelilingi persawahan warga dan di belakang hotel adalah Danau Toba. Sehingga membuat pemandangannya begitu eksotis kala senja dan pagi. Jika melihat dari ketinggian, pengunjung juga akan disuguhkan romantisnya panorama Danau Toba disertai perbukitan yang menjulang tinggi.

Labersa Toba Dibangun karena petuah orang tua

Wilmar Hutahaean mempunyai mimpi membangun kawasan Danau Toba. Labersa Toba Hotel & Convention Center dibangun di atas luas lahan ± 6 Ha dan nilai investasinya mencapai Rp530 miliar.

Wilmar Hutahaean juga mengatakan, pembangunan Labersa berkat petuah orangtuanya. “Jadi ini amanat mengingat petuah orang tua Batak terdahulu ‘Ingot Bona Ni Pinasam’ (Ingat Kampung Hala- manmu),” kata Wilmar, Minggu (21/7).

Pembangunan Labersa Toba ditinjau langsung oleh menteri pariwisata

Grand Opening Labersa Toba

Grand Opening Labersa Toba – Sumber: Waspada.id

Menteri Pariwisata Arief Yahya juga sudah meninjau pembangunan Labersa pada, Jumat (19/7) lalu. Dalam kesempatan itu Arief mengapresiasi langkah pembangunan Labersa.  Dengan hadirnya hotel bintang 4 di sana, dia optimistis bisa mendatangkan banyak wisatawan ke Danau Toba.

Hotel sebagai amenitas di kawasan Danau Toba menjadi hal penting. Terutama untuk meningkatkan angka kunjungan. Labersa menjadi angin segar optimisme kunjungan 1 juta Wisman yang ditarget pemerintah. Jika itu tercapai maka pendapatan devisanya bisa meningkat drastis.

Labersa Toba, Memiliki 120 kamar, theme park dan water park

Bupati Toba Samosir, Darwin Siagian juga memberi dukungan atas kehadiran Hotel Labersa tersebut. Dia berharap pengerjaan selesai tepat waktu sebagai upaya mendukung pemerintah untuk membangun infrastruktur di kawasan Toba.

Baca Juga ya :

Fasilitas Labersa Toba

Fasilitas Labersa Toba – Sumber: Realitas Online

“Di kawasan Toba pasti nantinya akan dibangun lagi berbagai sarana dan prasarana. Tapi itu nanti Badan Pelaksana  Otorita Danau Toba yang mengelola semua. Di Sini nantinya akan dibangun beberapa hotel dan resort-resort. Intinya kita mendukung program pemerintah,” pungkas Darwin.

Labersa bakal berkapasitas 120 kamar dengan berbagai kelas. Di sana juga akan dilengkapi dengan Theme Park dan Water Park yang tentunya semakin membuat tamu menjadi lebih betah. Labersa sendiri merupakan singkatan dari delapan bersaudara. Delapan bersaudara tersebut adalah anak anak dari hasil pernikahan HW Hutahaean dengan istrinya Tionika boru Sibarani.

HW Hutahaean dan istrinya Tionika boru Sibarani  memiliki 3 putra dan 5 putri yang semuanya telah berumah tangga. Dan kini HW Hutahaean dan istrinya Tionika boru Sibarani  telah memiliki 26 cucu dan 5 cicit.

 

Leave a Reply