Kuliner

6 Kuliner dan Makanan Khas Atambua Kabupaten Belu

Makanan Khas Atambua

Makanan Khas Atambua -sumber: infobanten.id

Makanan Khas Atambua – Kota Atambua yang berada di Kabupaten Belu Provinsi NTT memiliki ragam kulinernya yang khas dan bisa dieksplorasi. Kebanyakan wisata kuliner di Atambua adalah makanan tradisional yang unik dan diolah secara alami, tetapi mempunyai cita rasa yang khas dan juga lezat.

Selain cita rasanya yang lezat, nama makanannya pun tergolong unik seperti yang akan diuraikan di bawah ini yaitu Aka Bilan, Ut Filun, Ai Uhik Kuhus, Batar Sokur, Ut Moru, Ai Uhik Hoban, dan Ai Uhik Tunun. Kota Atambua juga memiliki destinasi tempat wisata yang memesona dan bisa kalian kunjungi sembari berwisata kuliner.

Daftar Wisata Kuliner di Atambua Kabupaten Belu

Berikut ini kami akan memberikan rekomendasi makanan dan hal apa saja di wisata kuliner yang ada di Atambua Kabupaten Belu yang wajib kalian cicipi.

1. Ai Uhik

Ai Uhik,Makanan Khas Atambua

Ai Uhik, Makanan Khas Atambua – sumber: Genpi.com

Makanan Khas Atambua yang pertama adalah Ai Uhik . Makanan ini bahan utamanya terbuat dari singkong yang diolah menjadi tepung singkong kering. Kemudian tepung singkong tersebut dicampur dengan air, parutan kelapa dan gula merah.

Setelah itu, bahan tersebut diletakan pada nyiru, wadah yang terbuat dari anyaman daun lontar. Selanjutnya panaskan air dalam periuk tanah atau disebut juga dengan henek. Langkah terakhir, taruhlah adonan dalam kakuhus untuk dipanaskan dengan uap air panas.

2. Ut Filun

Ut Filun, Makanan Khas Atambua

Ut Filun, Makanan Khas Atambua – sumber: beritatagar.id

Makanan Khas Atambua selanjutnya adalah Ut Filun. Makanan ini terbuat dari bahan utama yakni jagung muda. Proses pembuatannya adalah biji jagung muda dilepas dari tongkolnya, kemudian ditumbuk sampai halus.

Setelah halus, kemudian dibungkus dengan daun jagung dan dikukus. Makanan Ut Filun khas Atambua ini cocok disantap dengan sayur pucuk daun labu atau disebut juga sebagai modo rotok toos.

Baca Juga ya :

3. Ut Moru, Makanan Khas Atambua

Ut Moru, Makanan Khas Atambua

Ut Moru, Makanan Khas Atambua – sumber: Indonesiatravel.news

Selain Ut Filun, Makanan Khas Atambua lainnya yang bahan utamanya adalah jagung adalah Ut Moru. Makanan ini juga terbuat dari tepung jagung halus atau jagung yang ditumbuk hingga halus.

Kemudian adonan tepung jagungnya dicampur dengan parutan kelapa dan lalu digoreng. Ut Moru digoreng kering tanpa menggunakan minyak.

4. Kuliner Batar Sokur Khas Atambua, Belu

Batar Sokur, Makanan Khas Atambua

Batar Sokur, Makanan Khas Atambua – sumber: Kompasiana.com

Batar Sokur menjadi Makanan Khas Atambua selanjutnya yang harus kalian coba. Bahan utama dari makanan ini adalah biji jagung. Cara membuatnya pun cukup mudah yaitu jagung ditumbuk dan dicuci hingga bersih.

Setelah itu, campurkan jagung tersebut dengan bahan lain seperti kacang tanah, kacang hijau, dan turis. Jangan lupa rebus hingga matang selama kurang lebih 3-4 jam. Makanan ini juga cocok disantap dengan lauk sambel terasi lengkap dengan teri, tomat, dan cabai.

5. Ai Uhik Hoban

Ai Uhik Hoban, Makanan Khas Atambua

Ai Uhik Hoban, Makanan Khas Atambua – sumber: Okezone.com

Ai Uhik Hoban menjadi salah satu kuliner atambua atau Makanan Khas Atambua yang tak kalah menggoda untuk dicoba. Kuliner ini terbuat dari potongan singkong kering. Sebelum diolah menjadi Ai Uhik Hoban, potongan singkong kering tersebut harus melalui proses perendaman semalaman.

Setelah ditiriskan, bahan baku ini direbus dalam henek atau periuk tanah. Makanan ini cocok disantap dengan sambel teri, daging ayang, juga ikan segar goreng.

Ada cara lain untuk mengolah makanan ini yaitu dengan cara singkong kering direndam dalam bungkusan daun pisang selama 5-7 hari. Hal ini agar bahan bakunya semakin lengket karena mengalami proses fragmentasi. Untuk mengolahnya dengan cara dipanggang.

6. Ikan Masak Kuah Asam

6 Kuliner dan Makanan Khas Atambua Kabupaten  Belu 3

Ikan Masak Kuah Asam Atambua-sumber: Tribunnews.com

Kuliner Ikan Masak Kuah Asam menjadi salah satu kuliner khas atambua atau Makanan Khas Atambua yang cukup berbeda dari makanan khas atambua lainnya. Makanan ini banyak dicari oleh banyak orang jika berkunjung ke Atambua.

Ikan Masak Kuah Asam Ini adalah salah satu kuliner modern yang ada di sebuah rumah makan yang terkenal di kota ini. Bahan bakunya adalah ikan yang masih segar dan diolah dengan racikan bumbu yang khas dan lezat.

Untuk bisa menikmati kuliner yang lezat ini kalian harus membayar sebesar 50.000 rupiah per porsinya. Untuk bisa menikmati kuliner Ikan Masak Kuah Asam, kalian bisa berkunjung ke Rumah Makan yang terletak di Jalan Moruk Pasunan, Kota Atambua, Kabupaten Belu.

Tidak hanya menu itu saja, di tempat ini juga ada menu lain seperti ikan bakar kakap, cumi, udang, lobster, kepiting dan aneka minuman segar.

Sumber: Tribunnews.com, Idntimes.com

 

Leave a Reply