Kuliner

6 Kuliner dan Makanan Khas Kandangan Kabupaten Hulu Sungai Selatan

Makanan Khas Kandangan

Makanan Khas Kandangan Sumber: Pegipegi

Makanan Khas Kandangan – Saat berkunjung ke Kandangan, Ibukota Provinsi Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan ini jangan lupa berburu kuliner. Eksplorasi kuliner Kandangan merupakan aktivitas yang wajib dicoba. Di Kandangan Anda dapat menjumpai berbagai macam wadai (kue-kue) khas rakyat Banjar dengan berbagai bentuk dan rasa.

6 Kuliner dan Makanan Khas Kandangan Kabupaten Hulu Sungai Selatan

1. Ketupat Kandangan

Ketupat Kandangan adalah salah satu Makanan Khas Kandangan yang paling terkenal. Soal rasa sudah pasti sangat lezat. Makanan ini bisa ditemukan di hampir setiap warung di daerah Kandangan Kab. Hulu Sungai Selatan (HSS).

Bahkan makanan khas HSS ini sampai dijual di Hulu Sungai Tengah. Di sana ada satu daerah yang merupakan sentralnya ketupat Kandangan dan terkenal sejak era 1980an sampai sekarang. Lebih spesifiknya lagi yaitu di ruas Jalan A. Yani tepatnya mulai simpang lima sampai arah menuju Kota Barabai, Hulu Sungai Tengah (HST).

Ikan Gabus ketupat kandangan

Ikan Gabus Ketupat Kandangan – Sumber: Pegipegi

Ketupat Kandangan dihidangkan dengan gulai santan dan ikan haruan (gabus) yang dipanggang menggunakan arang kayu. Sementara itu gulai santannya juga disajikan melalui proses khas daerah Kandangan.

Ikan memang sengaja dipisah dengan gulai untuk kemudian ditusuk dan dipanggang. Langkah selanjutnya haruan (gabus) dicelup dalam kuah gulai untuk disajikan bersama potongan-potongan ketupat.

Ikan haruan (gabus) yang dalam istilah latin lebih dikenal dengan sebutan Ophiocephalus striatus atau Channa striatus adalah jenis ikan yang banyak hidup di genangan-genangan air yang masam dan di rawa-rawa Kalimantan Selatan.

Baca juga:

Keberadaan ikan haruan untuk ketupat Kandangan sangat penting. Ikan haruan bisa dikatakan sebagai makanan wajib bagi rakyat Banjar untuk disantap bersama ketupat Kandangan.

Warga rela membeli ikan haruan dengan harga berapa pun demi melengkapi ketupat Kandangan. Di HSS sendiri makanan khas ketupat kandangan bisa dinikmati di Warung Rahimah dengan harga Rp. 25.000,00 per porsi.

2. Dodol Kandangan

Dodol Kandangan

Dodol Kandangan – Sumber: Beritagar

Bahan alami dodol Kandangan yaitu ketan, gula aren, gula putih. Tak lupa untuk menghasilkan rasa legit, manis, dan nantinya penikmat dodol selalu ketagihan maka harus ditambahkan kelapa pilihan. Buah kelapa tidak boleh terlalu tua agar bisa mendapat lebih banyak santan.

Proses pembuatan dodol Kandangan membutuhkan waktu kurang lebih 4 jam. Lamanya proses pembuatan ini tentu tidak akan mengecewakan rasa yang dihasilkan. Dodol dijual di berbagai toko dan pusat oleh-oleh dengan harga mulai dari Rp 2.000,00 hingga yang paling besar bentuknya Rp 9.000,00. Makanan Khas Kandangan yang satu ini menjadi cemilan dan oleh-oleh wajib saat kalian datang ke Kandangan.

3. Lamang Kandangan

Lamang merupakan kuliner khas Kandangan yang dimasak dengan menggunakan seruas bambu yang dibakar kurang lebih selama 6 jam. Orang Dayak menyebut makanan ini dengan nama malamang.

Lemang

Lemang Sumber: Kumparan.com

Lamang terbuat dari beras ketan yang dicampur dengan beberapa bumbu seperti kelapa, garam dan bumbu khas lainnya dan kemudian dibakar. Penyajian lamang Kandangan cukup simpel. Lamang yang sudah dibakar dan matang tinggal ditaruh diatas piring .

Setelah itu siram dengan sambal sate. Untuk menambah cita rasa, Anda bisa menambahkan kancang nagara yang telah dimasak atau bisa juga menambahkan telur asin. Lamang berukuran kecil dijual dengan harga Rp. 50.000,00 per buluh dan untuk yang ukuran besar Rp. 60.000,00 per buluh.

3. Pesmol/Pindang Patin Kandangan

Pindang Patin Kandangan

Pindang Patin Kandangan – foto coockpedia

Pesmol/pindang patin Kandangan adalah Makanan Khas Kandangan lainnya yang tak kalah lezatnya. Pindang patin atau Pasmol ini terbuat dari bahan baku ikan patin. Cara membuatnya yaitu dengan menumis bumbu yang telah dihaluskan bersama sereh, laos, dan daun jeruk. Setelah bumbu matang kemudian ikan patin dan tomat dimasukkan.

Tambahkan sedikit kemangi dan pesmol siap disajikan. Pesmol ini dijual dengan harga sekitar Rp. 10.000,00 per potong dan dapat ditemukan di warung maupun restoran.

5. Es Nangka Selasih

Es Nangka Selasih Makanan Khas Kandangan

Es Nangka Selasih, Minuman & Makanan Khas Kandangan – Sumber: alifbahana

Setelah puas menikmati makanan berat dan ringan, es nangka selasih sangat cocok digunakan sebagai kuliner penutup. Es nangka selasih bisa ditemukan di daerah Banjarmasin maupun HSS. Sesuai dengan namanya, minuman ini menggunakan buah nangka dan selasih sebagai bahan utamanya.

Pada es nangka selasih juga ditambahkan perasan jeruk lemon sehingga rasanya lebih segar, manis, dan menggugah selera. Es ini sangat cocok untuk diminum saat siang hari atau diminum setelah sholat tarawih. Harga es tergolong murah, yakni Rp. 5.000,00 hingga Rp. 7.000,00 per gelas.

6. Manday

Manday Makanan Khas Kandangan

Manday, Makanan Khas Kandangan – foto reservasi.com

Mandai adalah Makanan Khas Kandangan yang sering dimakan oleh banyak masyarakat umum. Manday sendiri sebutan untuk kulit cempedak yang sudah di fermentasi. Olahan makanan yang berbahan dasar kulit cempedak ini bisa dijadikan lauk untuk menemani makanan utama seperti nasi.

Citarasa manday tentu sangat nikmat dengan tekstur berserat dan lembut, kelembutannya tergantung seberapa lama kulit cempedak di rendam. Manday dengan netto 40 gram dapat dibeli dengan harga Rp25.000,00 di toko pusat oleh-oleh.

Leave a Reply