6 Kuliner dan Makanan Khas Kandangan Kabupaten Hulu Sungai Selatan - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Kuliner

6 Kuliner dan Makanan Khas Kandangan Kabupaten Hulu Sungai Selatan

Makanan Khas Kandangan

Makanan Khas Kandangan Sumber: Pegipegi

Makanan Khas Kandangan – Saat berkunjung ke Kandangan, Ibukota Provinsi Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan ini jangan lupa berburu kuliner.

Eksplorasi kuliner Kandangan merupakan aktivitas yang wajib dicoba.

Di Kandangan Anda dapat menjumpai berbagai macam wadai (kue-kue) khas rakyat Banjar dengan berbagai bentuk dan rasa.

6 Kuliner dan Makanan Khas Kandangan Kabupaten Hulu Sungai Selatan

1. Ketupat Kandangan

Ikan Gabus ketupat kandangan

Ikan Gabus Ketupat Kandangan – Sumber: Pegipegi

Ketupat Kandangan adalah salah satu Makanan Khas Kandangan yang paling terkenal.

Soal rasa sudah pasti sangat lezat. Makanan ini bisa ditemukan di hampir setiap warung di daerah Kandangan Kab. Hulu Sungai Selatan (HSS).

Bahkan makanan khas HSS ini sampai dijual di Hulu Sungai Tengah. Di sana ada satu daerah yang merupakan sentralnya ketupat Kandangan dan terkenal sejak era 1980an sampai sekarang.

Lebih spesifiknya lagi yaitu di ruas Jalan A. Yani tepatnya mulai simpang lima sampai arah menuju Kota Barabai, Hulu Sungai Tengah (HST).

Ketupat Kandangan dihidangkan dengan gulai santan dan ikan haruan (gabus) yang dipanggang menggunakan arang kayu. Sementara itu gulai santannya juga disajikan melalui proses khas daerah Kandangan.

Ikan memang sengaja dipisah dengan gulai untuk kemudian ditusuk dan dipanggang. Langkah selanjutnya haruan (gabus) dicelup dalam kuah gulai untuk disajikan bersama potongan-potongan ketupat.

Ikan haruan (gabus) yang dalam istilah latin lebih dikenal dengan sebutan Ophiocephalus striatus atau Channa striatus adalah jenis ikan yang banyak hidup di genangan-genangan air yang masam dan di rawa-rawa Kalimantan Selatan.

Baca juga:

Keberadaan ikan haruan untuk ketupat Kandangan sangat penting. Ikan haruan bisa dikatakan sebagai makanan wajib bagi rakyat Banjar untuk disantap bersama ketupat Kandangan.

Warga rela membeli ikan haruan dengan harga berapa pun demi melengkapi ketupat Kandangan.

Di HSS sendiri makanan khas ketupat kandangan bisa dinikmati di Warung Rahimah dengan harga Rp. 25.000,00 per porsi.

2. Dodol Kandangan

Dodol Kandangan

Dodol Kandangan – Sumber: Beritagar

Bahan alami dodol Kandangan yaitu ketan, gula aren, gula putih. Tak lupa untuk menghasilkan rasa legit, manis, dan nantinya penikmat dodol selalu ketagihan maka harus ditambahkan kelapa pilihan.

Buah kelapa tidak boleh terlalu tua agar bisa mendapat lebih banyak santan.

Proses pembuatan dodol Kandangan membutuhkan waktu kurang lebih 4 jam. Lamanya proses pembuatan ini tentu tidak akan mengecewakan rasa yang dihasilkan.

Dodol dijual di berbagai toko dan pusat oleh-oleh dengan harga mulai dari Rp 2.000,00 hingga yang paling besar bentuknya Rp 9.000,00.

Leave a Reply