Pengetahuan, Budaya

6 kegiatan Ngabuburit di Rumah Yang Paling Mudah

6 kegiatan Ngabuburit di Rumah Yang Paling Mudah 1

darulfunun.or.id

Berada di dalam sebuah situasi seperti pandemi Covid-19 ini, membuat kita harus selalu waspada akan kesehatan diri serta secara sadar untuk tetap menjaga jarak. Oleh karena itu, ada satu kegiatan favorit di bulan Ramadan yang perlu ditinggalkan sejenak guna menekan penyebaran virus di masyarakat. Kegiatan tersebut adalah ngabuburit berburu takjil.

Ngabuburit sembari mencari takjil merupakan kegiatan yang sudah terus menerus hampir dilakukan setiap bulan Ramadan datang. Namun saat ini perlu ada penyesuaian yang harus dilakukan meskipun terkesan sulit, karena sudah dilakukan setiap tahun dan menjadi hal yang ditunggu-tunggu.

Mencari kesibukan di dalam rumah menjadi pilihan ngabuburit yang aman dilakukan. Selain itu, ternyata memang banyak sekali kegiatan mudah yang bisa dilakukan agar waktu tidak terasa terbuang percuma di bulan yang penuh berkah ini.

Asal usul istilah ngabuburit

Sebagai tradisi, tentu sebuah aktivitas yang dilakukan secara rutin dan terus menerus pasti memiliki asal usulnya. Sama halnya dengan budaya di Indonesia yang lain, ngabuburit pun memiliki asal usulnya sendiri yang mungkin beberapa orang belum mengetahuinya.

Kata “ngabuburit” merupakan sebuah anagram yang berasal dari bahasa Sunda. Menurut Kamus Bahasa Sunda yang diterbitkan oleh Lembaga Bahasa dan Sastra Sunda, kata yang sering terucap di bulan Ramadan tersebut merupakan sebuah singkatan dari “ngalantung ngadagoan burit” yang memiliki arti bersantai-santai sambil menunggu waktu sore.

6 Kegiatan ngabuburit yang mudah dilakukan di Rumah

Meskipun hanya di rumah, Anda tetap bisa melakukan berbagai kegiatan yang mudah dan seru untuk waktu ngabuburit.

1. Menonton film atau serial bersama keluarga

6 kegiatan Ngabuburit di Rumah Yang Paling Mudah 3

Kegiatan menonton film atau serial di rumah merupakan kegiatan yang sangat mudah dilakukan. Kegiatan ini pun bisa jadi salah satu yang favorit dilakukan untuk ngabuburit. Menonton di rumah tentu akan menjadi lebih seru lagi jika dilakukan bersama-sama. Anda bersama keluarga di rumah bisa tonton beragam film favorit dan berbagi keceriaan di bulan Ramadan.

2. Video conference bersama teman-teman

6 kegiatan Ngabuburit di Rumah Yang Paling Mudah 4

psdcat.com

Selama masa pandemi ini, banyak kegiatan yang hanya bisa dilakukan di rumah. Salah satunya adalah meeting dengan video conference di hampir setiap pagi. Namun video conference ini tidak selamanya bersifat kaku dan terkesan hanya untuk pekerjaan. Anda bisa gunakan inovasi teknologi ini untuk meluapkan rasa rindu Anda bersama teman-teman. Keseruan berkumpul secara virtual akan membuat ngabuburit di rumah menjadi lebih seru.

3. Bermain game online

6 kegiatan Ngabuburit di Rumah Yang Paling Mudah 5

upoint.id

Waktu ngabuburit juga dikenal sebagai waktu di mana rasa lapar sudah mulai mengganggu mood. Mood seperti cranky sering menghampiri di saat-saat seperti itu. Agar Anda bisa menjaga suasana hati, ada baiknya untuk menyendiri di kamar sambil bermain game online. Cara ini cukup ampuh untuk melupakan rasa lapar yang hadir dan mengubahnya menjadi fokus untuk membantu Anda bermain lebih seru.

4. Olahraga ringan secara virtual

6 kegiatan Ngabuburit di Rumah Yang Paling Mudah 6

androidpit.com

Selain untuk menjaga kebugaran, olahraga juga sangat berguna untuk mendapatkan penampilan tubuh yang lebih baik. Tentu Anda tidak ingin memiliki badan yang kurang proporsional sehabis lebaran. Oleh karena itu, jadikan olahraga ringan sebagai salah satu kegiatan ngabuburit yang mudah untuk dilakukan di dalam rumah. Dengan beragam panduan yang tersedia di internet tentu akan memudahkan jenis olahraga apa yang cocok dengan Anda. Baiknya untuk berolahraga ringan beberapa saat sebelum buka puasa agar haus bisa cepat teratasi.

5. Membaca buku

6 kegiatan Ngabuburit di Rumah Yang Paling Mudah 7

greenandturquoise.com

Menjalankan kegiatan ngabuburit di rumah memang terkesan membosankan dan kurang seru. Namun, dengan berada di rumah banyak hal yang bisa dilakukan untuk membantu perkembangan diri sebagai manusia. Salah satunya adalah dengan membaca buku. Baik itu buku sejarah, biografi, fiksi, bahkan komik sekalipun, beragam jenis buku akan mudah membuat Anda melupakan waktu sembari menunggu waktu berbuka puasa.

6. Memasak masakan untuk berbuka

6 kegiatan Ngabuburit di Rumah Yang Paling Mudah 8

dekoruma.com

Dengan berada di dalam situasi yang mengharuskan untuk tetap di rumah, Anda bisa menggunakan waktu secara sangat baik. Misalnya, mencoba untuk memasak hidangan buka puasa menggunakan resep baru. Aktivitas ngabuburit ini tentu akan mudah dilakukan, apalagi jika Anda memang ingin menghadirkan kebahagiaan untuk seluruh anggota keluarga di bulan Ramadan ini.

Leave a Reply