6 Gunung Terbesar di Indonesia dan ketinggianya - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Gunung, Daftar Wisata

6 Gunung Terbesar di Indonesia dan ketinggianya

6 Gunung Terbesar di Indonesia dan ketinggianya 1

gunung jayawijaya - fotoby tempatwisata

Gunung Terbesar di Indonesia – Indonesia terkenal sebagai wilayah rings of fire atau lingkaran gunung api karena masih banyaknya gunung-gunung vulkanik aktif di Indonesia.

Selain itu Indonesia juga dipenuhi pertumbuhan Gunung non-aktif atau mati yang menjadi daya pikat bagi para traveler, sebagian gunung-gunung tersebut juga tercatat sebagai gunung dengan ketinggian yang menjulang.

baca juga ya ;

Ada banyak gunung di Indonesia yang bisa dijadikan detinasi pendakian bagi para pendaki dan juga tempat liburan bersama kerabat dan teman, beberapa diantaranya adalah

1. Puncak Gunung Jayawijaya ( Papua )

gunung jayawijaya, Gunung Terbesar di Indonesia

gunung jayawijaya, Gunung Terbesar di Indonesia – fotoby tempatwisata

Gunung Terbesar di Indonesia yang pertama ada di pulau papua yakni gunung jayawijaya.

Menjadi Gunung dengan puncak tertinggi Gunung Jayawijaya juga kerap dijuluki sebagai Cartensz of Pyramid, dengan ketinggian berkisar 4.884 meter bahkan di puncak gunung jayawiyaya dapat dijumpai salju yang kerap disebut sebagai salju abadi orang timur.

Rangkaian Pegunungan Jayawijaya dan Sudirman terbentuk akibat tabrakan lempeng Australia dan lempeng Pasifik. Ia memiliki sejumlah puncak yaitu Puncak Carstensz Timur (4400 mdpl), Puncak Yamin (4535 mdpl), Puncak Idenberg (4673 mdpl), Puncak Trikora (4730 mdpl), Puncak Mandala (4760 mdpl), dan Puncak Jaya atau Carstensz Pyramid (4884 mdpl).

Ada beberapa rute yang bisa dilalui oleh para pendaki yang ingin melakukan pendakian ke puncak gunung jaya wijaya yaitu diantaranya

  • Rute Perjalanan via PT Freeport Indonesia
  • Rute Perjalanan via Sugapa, Puncak Jaya via Ugimba, Puncak Jaya via Soagama
  • Rute Perjalanan via Ilaga
  • Rute Perjalanan Jika Menggunakan Helikopter.

Sebelum mencapai puncak, traveler juga bisa mengunjungi terlebih dulu dusun-dusun didekat pegunungan dan menjamah kehidupan masyarakat lokal papua.

2. Gunung Rinjani ( Lombok )

gunung rinjani Gunung Terbesar di Indonesia

gunung rinjani, Gunung Terbesar di Indonesia – foto by idntimes.com

Gunung Terbesar di Indonesia selanjunya adalah Gunung Rinjani yang terletak di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Gunung Rinjani memiliki ketinggian 3.762 meter.

Banyak yang menjadikan Gunung Rinjani sebagai destinasi wisata karena memiliki padang rumput yang luas dan pemandangan yang indah selain bisa dijadikan sebagai lokasi pendakian bagi para pendaki, Gunung Rinjani juga menjadi tempat bagi taman nasional Lombok yang berada tidak jauh dari Gunung Rinjani.

Ada empat jalur pendakian yang bisa dipilih oleh pendaki untuk mencapai puncak gunung rinjani diantara nya adalah ;

  • Jalur pendakian via Sembalun: dari Sembalun menuju Plawangan dan berakhir di puncak. Atau setelah sampai di Plawangan, kamu bisa menuju ke Segara Anak, lalu ke puncak
  • Jalur pendakian lewat Senaru: dari Senaru menuju ke Plawangan, lalu ke Segara Anak, kamudian ke puncak
  • Jalur pendakian lewat Timbanuh: dari Dusun Djati langsung menuju ke puncak bagian selatan
  • Jalur pendakian melalui Aikberik: dari Berik langsung menuju ke puncak.

3. Gunung Semeru (Jawa Timur)

gunung semeru Gunung Terbesar di Indonesia

gunung semeru, Gunung Terbesar di Indonesia – foto by wikipedia

Gunung yang satu ini sempat menjadi viral karena popularitas dari film 5cm. yang menjadikan gunung semeru sebagai latar film tersebut. Gunung semeru memiliki ketinggian berkisar 3.676 meter.

Karena popularitas dari film 5cm maka banyak sekali orang-orang yang akhirnya melakukan pendakian di gunung semeru.

Gunung Semeru sendiri terletak di Jawa Timur tepatnya di Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang dengan nama puncaknya yang dikenal sebagai Mahameru. Salah satu spot yang sering dijadikan spot berfoto dan terkenal adalah ranu kumbolo.

Ada beberapa jalur pendakian yang aman untuk mencapai puncak gunung semeru dan sering dilalui para pendaki diantaranya adalah ;

Ranu Pane – Ranu Kumbolo :

Perjalanan akan dimulai dari Ranu Pane menuju ke Ranu Kumbolo melalui Watu Rejeng. Jika takut tersesat, kamu bisa menyewa pemandu atau hanya tinggal mengikuti jalanan setapak hingga Ranu Kumbolo. Perjalanan melalui jalur ini memakan waktu selama kurang lebih tiga jam

Ranu Kumbolo – Kalimati :

Meninggalkan Ranu Kumbolo, pemandangan menuju Kalimati akan sangat memanjakan mata. Butuh waktu sekitar tiga jam untuk sampai di Kalimati, sehingga pastikan botol minum terisi penuh.

Sesampainya di Kalimati, kamu bisa mendirikan tenda untuk bermalam. Gugusan bintangnya bakal sangat cantik

Leave a Reply