Daftar Wisata

5 Tempat Wisata di Sigli Kabupaten Pidie

Tempat Wisata di Sigli Kabupaten Pidie

Tempat Wisata di Sigli Kabupaten Pidie. Foto: busy.org

Tempat Wisata di Sigli Kabupaten Pidie – Kota Sigli menjadi ibu kota Kabupaten Pidie yang menyimpan banyak sekali potensi kekayaan yang dapat dieksplorasi. Dikarenakan Kabupaten Pidie merupakan daerah dengan jumlah penduduk yang terbanyak nomor dua, membuat daerah ini memiliki geliat ekonomi yang cukup baik.

Selain itu, potensi lain dari Kabupaten Pidie, terutama Kota Sigli, terdapat pada beragam wisatanya yang tidak boleh dilewatkan. Wisata di Sigli Kabupaten Pidie ini tidak akan kalah dengan wisata-wisata lain di provinsi Aceh. Bukan hanya wisata alam saja, namun ada juga wisata religi dan sejarah yang bisa menjadi pilihan lain bagi wisatawan. Simak ulasan 5 tempat wisata di Sigli Kabuparen Pidie ini yang memiliki ciri khasnya tersendiri.

1. Museum Tsunami Kota Sigli

Tsunami yang terjadi di Aceh pada tahun 2004 silam memang tidak bisa dilupakan begitu saja oleh masyarakat Aceh. Dibangunnya Museum Tsunami di Kota Sigli merupakan bentuk untuk mengenang bagaimana dahsyatnya bencana tsunami terjadi yang memakan banyak sekali korban sekaligus kini menjadi Tempat Wisata di Sigli Kabupaten Pidie yang wajib dikunjungi.

Museum ini memiliki dua lantai yang berisi banyak koleksi yang berhubungan dengan bencana tsunami kala itu. Dalam segi arsitektur pun, Museum Tsunami Kota Sigli sangat kaya dengan ukiran berbahasa Arab. Ukiran tersebut semakin memperindah bangunan. Bila dibandingkan dengan Museum Tsunami yang ada di pusat Banda Aceh, museum ini juga tidak kalah dari segi keindahan dan banyaknya koleksi.

5 Tempat Wisata di Sigli Kabupaten Pidie 1

Museum Tsunami Kota Sigli. Foto: steemit.com

Apabila tertarik untuk berwisata sejarah di Kota Sigli, terutama ke museum tsunami ini bisa mengunjungi Desa Kuala Pidie, Kota Sigli, Kabupaten Pidie. Lokasi dari Museum Tsunami Kota Sigli juga tergolong strategis, yaitu tidak jauh dari alun-alun Kota Sigli.

2. Pantai Pelangi, Tempat Wisata di Sigli Kabupaten Pidie yang indah

Pantai Pelangi sering dijuluki oleh wisatawan sebagai Pantai Alun-Alun dikarenakan lokasinya yang sangat dekat dengan alun-alun Kota Sigli. Bahkan, lokasinya tepat berada di Pendopo Bupati Pidie. Berwisata ke Pantai Pelangi, para wisatawan bisa bersantai sambil menikmati ombak dan langit biru dengan duduk-duduk di bangku yang disediakan di pinggir pantai.

Baca Juga:

5 Tempat Wisata di Sigli Kabupaten Pidie 2

Pantai Pelangi. Foto: pikiranmerdeka.com

Selain itu, para wisatawan juga bisa menikmati sepoi-sepoi angin laut sembari menikmati wisata kuliner yang juga disediakan di Pantai Pelangi. Nuansa yang ada di pantai ini cocok untuk menjadi wisata keluarga. Pastinya berwisata ke Pantai Pelangi akan menjadi wisata paket komplit yang sangat berkesan.

3. Menara Air Belanda di Blok Bengkel

Berwisata sejarah di Kota Sigli juga bisa dilakukan dengan berkunjung ke Menara Air Belanda di Blok Bengkel. Dinamakan sebagai Menara Air Belanda, menara ini dibangun saat Belanda masih menjajah Indonesia. Lokasi dari tempat wisata ini juga tak kalah strategis, yaitu di kawasan pusat perbelanjaan Pidie Swalayan, Kota Sigli.

5 Tempat Wisata di Sigli Kabupaten Pidie 3

Menara Air Belanda di Blok Bengkel. Foto: sinarpidie.co

Bangunan menara ini memiliki tiga lantai dengan ketinggian mencapai 20 meter. Di depan menara ini juga terdapat prasasti bertuliskan, ‘Di tempat ini penaikan sang saka Merah-Putih oleh rakjat. 26-8-1945.’ Mengunjungi wisata Menara Air Belanda di Blok Bengkel, wisatawan juga bisa berfoto dan kembali mengenang sejarah perjuangan masyarakat Kota Sigli dalam melawan penjajah Belanda.

4. Masjid Po Teumeureuhom

Tak hanya berwisata alam dan berwisata sejarah, di Kota Sigli, Kabupaten Pidie, wisatawan juga bisa melakukan wisata religi. Salah satunya dengan mengunjungi Masjid Po Teumeureuhom. Keindahan arsitektur dari masjid membuat para wisatawan yang berkunjung atau beribadah ke masjid ini, menyempatkan untuk berfoto.

5 Tempat Wisata di Sigli Kabupaten Pidie 4

Masjid Po Teumeureuhom. Foto: rappler.com

Masjid Po Teumeureuhom ternyata juga menyimpan nilai sejarahnya juga. Usia dari masjid ini tergolong sangat tua, dan oleh masyarakat setempat dijuluki sebagai salah satu masjid tertua di Aceh. Benda bersejarah yang masih setia dirawat di masjid ini adalah mimbar kayu dengan ukiran buatan pengrajin dari Cina sejak tahun 1612 M.

Jika tertarik untuk berkunjung sekaligus beribadah di Masjid Po Teumeureuhom, wisatawan bisa datang ke Jl. Perniagaan, No. 10, Kramat Dalam, Kota Sigli, Kabupaten Pidie.

5. Ujong Pi

Ujong Pi merupakan wisata dermaga yang menawarkan keindahan dan kuliner yang sangat nikmat. Di dermaga ini terdapat makanan khas Sigli yaitu mie ikan tongkol yang rasanya sudah pasti akan menggoyang lidah.

Indahnya Ujong Pi, Tempat Wisata di Sigli Kabupaten Pidie yang indah

Indahnya Ujong Pi, Tempat Wisata di Sigli Kabupaten Pidie yang indah – Foto: acehtrend.com

Mengunjungi Ujong Pi, wisatawan juga bisa berfoto dengan latar dermaga, langit, dan laut yang berpadu dengan apik. Datang ke tempat wisata ini menjelang senja sangat direkomendasikan karena pemandangan laut dengan matahari terbenamnya pasti akan sangat memukau. Perjalanan menuju ke Ujong Pi tidak begitu jauh dan hanya 40 menit saja dari pusat Kota Sigli.

Itulah sekilas mengenai 5 tempat wisata di Sigli Kabupaten Pidie yang bisa menjadi opsi bagi wisatawan yang ingin berwisata di Sigli Kabupaten Pidie. Dengan banyaknya macam wisata yang ada di sana, wisatawan tentu tidak akan bosan dan dijamin liburannya akan menciptakan momen yang tidak terlupakan.

Leave a Reply