5 Tempat Wisata di Sibuhuan Padang Lawas, Sumatera Utara - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Air Terjun, Alam, Daftar Wisata, Danau, Desa Wisata, Pulau, Taman

5 Tempat Wisata di Sibuhuan Padang Lawas, Sumatera Utara

Candi Sipamutung, Tempat Wisata di Sibuhuan Padang Lawas

Candi Sipamutung, Tempat Wisata di Sibuhuan Padang Lawas - Google Maps: Indra Eka

Hanya satu gundukan yang strukturnya masih terlihat dan berdiri di atas tiga gundukan tadi. Secara ilmu pengetahuan, situs candi Sangkilon mewariskan ilmu pengetahuan tentang arsitektur percandian yang secara tipologi berbeda dengan candi-candi lainnya di nusantara.

3. Danau Gayambang

Danau Gayambang

Danau Gayambang – foto Warta Kriminal

Danau Gayambang merupakan salah satu Tempat Wisata di Sibuhuan Padang Lawas Sumatera Utara yang tergolong cukup hits. Danau dengan luas sekitar 34 hektare ini sebenarnya memiliki potensi untuk dikembangkan. Danau Gayambang ini terbentuk melalui proses alami, dan kerap digunakan oleh warga sekitar untuk tempat memancing ikan.

Penduduk sekitar yang kurang bisa melihat potensi dari Danau ini, menjadikannya sedikit sepi. Pasalnya tidak terdapat sarana yang dapat memenuhi kebutuhan bagi para wisatawan yang datang berkunjung.

Kendatai demikian, untuk masuk ke lokasi ini tetap harus merogoh kocek sebagai biaya tiket. Harga tiketnya pun juga tergolong flat, tidak bergantung pada weekday maupun weekend yaitu Rp 10.000,-. Sama halnya dengan jam bukanya yang 24 jam nonstop, namun wisatawan yang datang berkunjung tetap harus waspada.

Baca Juga: 

4. Pemandian Aek Siraisan

5 Tempat Wisata di Sibuhuan Padang Lawas, Sumatera Utara 1

Aek Siraisan – foto Google Maps: Zainal Arifin Daulay

Tempat Wisata di Sibuhuan Padang Lawas Sumatera Utara selanjutnya adalah Aek Siraisan. Pemandian Siraisan ini merupakan salah satu objek wisata terpopuler di Padang Lawas Sibuhuan. Pasalnya pemandian satu ini tidak pernah sepi pengunjung, terutama saat liburan tiba.

Pesona airnya yang begitu jernih dan menyegarkan menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Selain itu mereka bisa bermain air di tepi sungai yang dipadati bebatuan kecil, setelah menyegarkan badan. Bukan hanya sungai saja yang menarik perhatian, namun juga adanya air terjun Siraisan juga menjadi kelebihan tersendiri.

Air terjun tersebut memiliki tinggi sekitar 20 meter, namun bagi wisatawan harus menyiapkan tenaga ekstra untuk berkunjung kemari. Pasalnya untuk sampai di lokasi ini harus menjelajah ke dalam hutan.

5. Candi Sipamutung

5 Tempat Wisata di Sibuhuan Padang Lawas, Sumatera Utara 2

Candi Sipamutung , Tempat Wisata di Sibuhuan Padang Lawas Sumatera Utara- Google Maps: Indra Eka

Satu lagi Tempat Wisata di Sibuhuan Padang Lawas Sumatera Utara yang wajib sekali kalian kunjungi yakni Candi Sipamutung . Lokasi Candi Sipamutung  di Padang Lawas Sibuhuan ini begitu terkenal dengan bangunan candi-candinya, salah satunya yang tersohor adalah Candi Sipamutung.

Pasalnya Candi Sipamutung tersebut merpakan kompleks candi terbesar yang menampati lahan seluas 100 hektar. Candi dengan ciri khas Budha ini merupakan peninggalan kerajaan Pannai yang kini berada di wilayah Desa Siparau, Kecamatan Barumun Tengah.

Bangunan utama candi ini didirikan sekitar abad ke XI dan terbuat dari batu bata berukuran 74×74 meter. Terdiri atas satu bangunan utama, enam candi pewara serta 16 stupa. Penelitian terhadap Candi Sipamutung ini sudah dilakukan sejak abad ke XIX oleh para ilmuwan Belanda dan berlanjut hingga kini dan ditangani oleh Pusat Arkeologi Nasional.

Leave a Reply