Air Terjun, Alam, Daftar Wisata, Danau, Desa Wisata, Pulau, Taman

5 Tempat Wisata di Sibuhuan Padang Lawas, Sumatera Utara

Candi Sipamutung, Tempat Wisata di Sibuhuan Padang Lawas

Candi Sipamutung, Tempat Wisata di Sibuhuan Padang Lawas - Google Maps: Indra Eka

Tempat Wisata di Sibuhuan Padang Lawas –   KotaSibuhuan atau yang sering disebut Pasar Sibuhuan adalah ibu kota sekaligus pusat pemerintahan Kabupaten Padang Lawas di provinsi Sumatra Utara, Indonesia. Secara administratif pusat pemerintahan Kabupaten Padang Lawas ini terletak di kecamatan Barumun.

Tak salah jika menyebut Indonesia begitu kaya akan keberagamannya, salah satunya di sektor wisata yang tiada henti dibicarakan banyak orang. Salah satunya adalah Padang Lawas Sibuhuan, lokasi satu ini begitu banyak menyimpan potensi wisata. Dari wisata alam hingga wisata yang berhubungan dengan kebudayaan tersaji di sini.

Sekilas tentang Kota Sibuhuan Padang Lawas

Kota Sibuhuan Padang Lawas

Kota Sibuhuan Padang Lawas- foto youtube Film Sibuhuan

Kabupaten Padang Lawas adalah daerah pemekaran, dan sebelumnya menyatu ke wilayah Tapanuli Selatan. Secara kwantitatif, data penduduk berdasarkan suku bangsa yang bisa ditampilkan adalah berupa persentase, dan ini berdasarkan informasi yang diperoleh dari hasil wawancara dengan Ketua BPS setempat.

Jumlah penduduk Kabupaten Padang Lawas mencapai 258.003 jiwa. Secara rangking, komposisi etnis yang ada di daerah ini adalah : Suku Bangsa Batak Angkola/Mandailing, Batak Toba, Suku Bangsa Jawa; Suku Bangsa Nias; Suku Bangsa Minangkabau; Melayu, Karo dan Aceh.

Meskipun beberapa potensi wisata disini belum mendapatkan perhatian lebih dari pemerintah, namun kealamiannya ini menjadi daya tarik tersendiri. Dibawah ini ada sederet Tempat Wisata di Sibuhuan Padang Lawas yang Bisa kalian dikunjungi.

1. Makam Ompu Parmata Sapihak

Makam Ompu Parmata Sapihak, Tempat Wisata di Sibuhuan Padang Lawas

Makam Ompu Parmata Sapihak, Tempat Wisata di Sibuhuan Padang Lawas

Tempat Wisata di Sibuhuan Padang Lawas Sumatera Utara yang pertama adalah sebuah kompleks pemakaman bernama Makam Ompu Parmata Sapihak. Makam ini adalah salah satu bukti sejarah yang pernah tertulis di negeri ini yang berlokasi di desa Binabo Julu Sabarimba, kecamatan Barumun, kabupaten Padang Lawas Sumatera Utara.

Makam Ompu Parmata Sapihak ini bisa dikatakan sebagai lahirnya sebuah suku marga di Batak Mandailing yaitu Marga Daulay. Makam ini memiliki panjang sekitar tiga meter, sehingga bisa dibayangkan jika Ompu Parmata Sapihak ini dulunya begitu tinggi.

Di samping makan bersejarah ini juga terdapat makam dengan panjang yang hampir sama. Konon kabaranya makan tersebut milik istri dari Ompu Parmata Sapihak. Lokasi makam yang berada di perbukitan ini membuat makam tersebut menjadi salah satu objek wisata unggulan. Sayangnya karena kurangnya publikasi, makam ini hanya terkenal di sekitaran Tapanuli Bagian Selatan.

Baca Juga ya :

2. Candi Sangkilon

Candi Sangkilon, Tempat wisata di Padang Lawas

Candi Sangkilon, Tempat Wisata di Sibuhuan Padang Lawas – foto kebudayaan.kemendikbud.org

Tempat Wisata di Sibuhuan Padang Lawas Sumatera Utara yang kedua adalah Candi Sangkilon. Dalam bahasa batak, candi kerap disebut dengan nama biaro. Seperti halnya Biaro Sangkilon ini, nama tersebut diambil dari lokasi berdirinya candi itu.

Jarak candi ini dengan ibukota Sibuhuan sekitar 9.9 kilometer kearah barat daya. Candi Sangkilon ini begitu menunjukkan ciri khas agama Hindu. Uniknya di dalam candi ini terdapat empat gundukan tanah, dimana ketiga gundukan itu sudah tidak begitu terlihat lagi.

Hanya satu gundukan yang strukturnya masih terlihat dan berdiri di atas tiga gundukan tadi. Secara ilmu pengetahuan, situs candi Sangkilon mewariskan ilmu pengetahuan tentang arsitektur percandian yang secara tipologi berbeda dengan candi-candi lainnya di nusantara.

3. Danau Gayambang

Danau Gayambang

Danau Gayambang – foto Warta Kriminal

Danau Gayambang merupakan salah satu Tempat Wisata di Sibuhuan Padang Lawas Sumatera Utara yang tergolong cukup hits. Danau dengan luas sekitar 34 hektare ini sebenarnya memiliki potensi untuk dikembangkan. Danau Gayambang ini terbentuk melalui proses alami, dan kerap digunakan oleh warga sekitar untuk tempat memancing ikan.

Penduduk sekitar yang kurang bisa melihat potensi dari Danau ini, menjadikannya sedikit sepi. Pasalnya tidak terdapat sarana yang dapat memenuhi kebutuhan bagi para wisatawan yang datang berkunjung.

Kendatai demikian, untuk masuk ke lokasi ini tetap harus merogoh kocek sebagai biaya tiket. Harga tiketnya pun juga tergolong flat, tidak bergantung pada weekday maupun weekend yaitu Rp 10.000,-. Sama halnya dengan jam bukanya yang 24 jam nonstop, namun wisatawan yang datang berkunjung tetap harus waspada.

Baca Juga: 

4. Pemandian Aek Siraisan

5 Tempat Wisata di Sibuhuan Padang Lawas, Sumatera Utara 1

Aek Siraisan – foto Google Maps: Zainal Arifin Daulay

Tempat Wisata di Sibuhuan Padang Lawas Sumatera Utara selanjutnya adalah Aek Siraisan. Pemandian Siraisan ini merupakan salah satu objek wisata terpopuler di Padang Lawas Sibuhuan. Pasalnya pemandian satu ini tidak pernah sepi pengunjung, terutama saat liburan tiba.

Pesona airnya yang begitu jernih dan menyegarkan menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Selain itu mereka bisa bermain air di tepi sungai yang dipadati bebatuan kecil, setelah menyegarkan badan. Bukan hanya sungai saja yang menarik perhatian, namun juga adanya air terjun Siraisan juga menjadi kelebihan tersendiri.

Air terjun tersebut memiliki tinggi sekitar 20 meter, namun bagi wisatawan harus menyiapkan tenaga ekstra untuk berkunjung kemari. Pasalnya untuk sampai di lokasi ini harus menjelajah ke dalam hutan.

5. Candi Sipamutung

5 Tempat Wisata di Sibuhuan Padang Lawas, Sumatera Utara 2

Candi Sipamutung , Tempat Wisata di Sibuhuan Padang Lawas Sumatera Utara- Google Maps: Indra Eka

Satu lagi Tempat Wisata di Sibuhuan Padang Lawas Sumatera Utara yang wajib sekali kalian kunjungi yakni Candi Sipamutung . Lokasi Candi Sipamutung  di Padang Lawas Sibuhuan ini begitu terkenal dengan bangunan candi-candinya, salah satunya yang tersohor adalah Candi Sipamutung.

Pasalnya Candi Sipamutung tersebut merpakan kompleks candi terbesar yang menampati lahan seluas 100 hektar. Candi dengan ciri khas Budha ini merupakan peninggalan kerajaan Pannai yang kini berada di wilayah Desa Siparau, Kecamatan Barumun Tengah.

Bangunan utama candi ini didirikan sekitar abad ke XI dan terbuat dari batu bata berukuran 74×74 meter. Terdiri atas satu bangunan utama, enam candi pewara serta 16 stupa. Penelitian terhadap Candi Sipamutung ini sudah dilakukan sejak abad ke XIX oleh para ilmuwan Belanda dan berlanjut hingga kini dan ditangani oleh Pusat Arkeologi Nasional.

Leave a Reply