Daftar Wisata, Danau, Rumah Adat

5 Tempat Wisata di Ruteng Kabupaten Manggarai

5 Tempat Wisata di Ruteng Kabupaten Manggarai 1

Tempat Wisata di Ruteng – Sobat muda travelling, Berwisata ke Manggarai memberikan sensasi yang sangat unik, sebab udaranya sangat dingin hingga membuat pendatang harus memakai pakaian tebal dan kaos kaki. Di lain pihak, Manggarai cukup terkenal hingga luar negeri, sebab produk kopi Manggarai digemari di mancanegara.

Manggarai itu sendiri adalah kawasan yang terdiri dari tiga daerah yaitu Kabupaten Manggarai, Kabupaten Manggarai Barat, dan Manggarai Timur. Lalu pesona apa saja yang bisa membuat kawanku berminat berwisata ke sana?

1. Danau Lotus, Tempat Wisata di Ruteng yang indah

Sobat muda suka mengamati keindahan bunga? Kalau begitu, tempat tujuan wisata yang satu ini tidak boleh sobat lewatkan. Adalah Danau Lotus, yang juga disebut Danau Rana Tonjong, yang menawarkan keindahan hamparan bunga yang memukai mata.

Danau Lotus, Tempat Wisata di Ruteng yang indah

Danau Lotus, Tempat Wisata di Ruteng yang indah – Sumber: www.boombastis.com

Uniknya lagi, danau ini sendiri merupakan danau terbesar kedua di dunia. Pada bulan antara Juni hingga Agustus, bunga Lotus di danau ini akan mekar sehingga amat cocok jika kawanku berwisata pada waktu tersebut.

Danau Lotus berada di Kelurahan Pota, Kecamatan Sambirampas Kabupaten Manggarai Timur, dan hingga kini menjadi destinasi wisata favorit bagi teman-teman semua yang suka melihat pemandangan bunga nan indah dan menyejukkan perasaan. So sobat muda, jangan lewatkan destinasi travelling yang satu ini!

2. Sawah Lodok

Tempat Wisata di Ruteng yang kedua adalah Wisata Sawah Lodok yang sangatlah unik, sebab jikalau kawanku menyaksikannya dari ketinggian, kawanku akan melihat pematang sawah yang seolah membentuk jaring laba-laba. Karena keunikannya, persawahan lodok di Manggarai Raya ini masuk dalam kategori persawahan unik di Asia Pasifik. Di sisi-sisi sawah tersebut, ada berbagai pegunungan yang dipenuhi pohon yang rindang.

Suhu udara di destinasi wisata ini cukup dingin, tetapi it is worth it. Sebab sobat travelling jadi bisa melihat pemandangan hamparan sawah yang menenteramkan hati. Wisata Sawah Lodok sendiri ada di Lembor dan di daerah Cancar, Kecamatan Ruteng, Kabupaten Manggarai.

Sawah Lodok

Sawah Lodok atau sawah spider – Sumber: igcdn-photos-f-a.akamaihd.net

Untuk melihat bentuk sawah Lodok Cancar, tidaklah mudah sebab sobat harus mendaki sampai ke Puncak Weoul. Tetapi bagi sobat yang masih muda dan suka dunia petualangan serta mencintai alam nan asri, ini justru menjadi tantangan tersendiri yang mengasyikkan.

Apalagi jika sobat mendakinya beramai-ramai bersama teman, tentu menjadi ajang liburan yang memberi sensasi tersendiri. Sobat berminat mencoba?

3. Rumah Adat Wae Rebo

Adalah suatu perkampungan dengan rumahnya yang amat unik. Ketika kawan muda menjejakkan kaki disini, sepanjang mata memandang akan melihat hamparan rumah-rumah yang unik, berbentuk kerucut.

Rumah adat yang berbentuk kerucut ini sendiri disebut Niang Mbaru, bagian atapnya terbuat dari daun lontar. Keberadaan rumat adat ini sendiri menunjukkan betapa uniknya Indonesia dengan beribu-ribu kekhasan masing-masing wilayahnya.

Rumah Adat Wae Rebo

Rumah Adat Wae Rebo – Sumber: instagram.com/entertraveller

Ketika mengunjungi Tempat Wisata di Ruteng yang satu ini, sobat seolah menjadi Indiana Jones yang bertualang menjelajahi perkampungan-perkampungan unik. Memang untuk mencapai tempat ini cukup berat, sebab sobat perlu berjalan kaki selama sekitar 4,5 jam hanya untuk mencapai lokasinya. Lokasi wisata khas ini sendiri berada di barat daya Kota Ruteng.

4. Pulau Rinca

Pulau Rinca

Pulau Rinca – Sumber: www.boombastis.com dan instagram.com/loretta_amstad

Tempat Wisata di Ruteng lainnya adalah Pulau Rinca. Pulau Rinca adalah suatu pulau kecil yang dekat dengan Labuan Bajo. Di pulau ini hidup sekitar 2.318 ekor Komodo, alamnya sendiri masih permai dan dekat dengan laut.

Baca Juga ya : 

Populasi Komodo di pulau ini adalah yang terbesar di Kabupaten Manggarai, karena itu sangat menarik bagi wisata untuk mereka yang menyukai satwa Komodo. Tapi Untuk mencapai pulau ini, sobat muda perlu menempuh 2 jam perjalanan dengan kapal motor untuk tiba di pintu masuk Pulau Rinca dari Labuhan Bajo.

5. Pulau Kelor

Kawan muda travelling, tahukah kalian apa itu Snorkeling?  Tak lain adalah kegiatan berenang di permukaan air yang tidak terlalu dalam dengan alat berupa kacamata selam, kaki katak, dan sebagainya. Jika sobat termasuk generasi muda yang menyukai petualangan laut macam ini, maka destinasi wisata yang satu ini tidak boleh sobat lewatkan!

Pulau Kelor

Pulau Kelor – Sumber: www.instagram.com/keluarbentaryuk

Adalah Pulau Kelor yang memiliki hamparan pasir pantai yang indah dan begitu bersih. Tempat Wisata di Ruteng ini kini semakin ngehits setelah semakin populernya wisata ke Labuan Bajo. Uniknya lagi, airnya pun jernih. Sehingga jika sobat muda berkunjung ke sana, tentulah tergoda untuk meloncat ke air dan mengamati keindahan dalam lautnya.

Sobat bisa melakukan Snorkeling, yaitu menyelam di permukaan air yang tidak terlalu dalam, sambil berdecak kagum akan betapa indahnya pemandangan dalam laut destinasi wisata yang satu ini. Guys, jangan lupa wisata ini juga instagramable. Jadi sekali dayung dua pulau tercapai, puas deh!

Karena keindahan alamnya, wisata ke Manggarai sangatlah direkomendasikan. Jika sobat muda travelling sedang libur kuliah, tidak ada salahnya berwisata ke sana. Ajaklah teman-teman kampus sobat untuk bersenang-senang bersama. Dan ssst, sudah beli baju hangat belum? Sebab udaranya cukup dingin lho! Dingin-dingin asyik, seru bukan!

 

 

Leave a Reply