Daftar Wisata

5 Tempat wisata di Borong Kabupaten Manggarai Timur

5 Tempat wisata di Borong Kabupaten Manggarai Timur 1

Tempat wisata di Borong – Sobat muda travelling, Jika sobat suka dunia petualangan dengan corak alam yang kaya, dibalut tradisi seni budaya dan musik tradisional, maka wisata Kota Borong sangat cocok bagi sobat.

Adalah Kota Borong, Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) di pulau Flores memiliki sejumlah pesona wisata keren. Kabupaten Manggarai Timur sendiri merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Manggarai, tepatnya pada tanggal 17 Juli 2007. Luas Wilayahnya 2.643,41 km persegi, dan memiliki 9 Kecamatan, 17 Kelurahan serta 159 Desa.

Kabupaten Manggarai Timur menawarkan pesona panorama pantai dan alam pegunungan yang menenangkan pikiran. So Guys, mari kita berkunjung ke 5 Tempat wisata di Borong ini sambil mendekatkan diri kita dengan alam dan keanekaragaman khas Indonesia.

1. Air Terjun Cunca Rede dan Cunca Ncuar

Tempat wisata di Borong Kabupatn Manggarai timur yang pertama adalah Air terjun Cunca Rede dan Cunca Ncuar. Air terjun ini bukanlah air terjun biasa. Sebab di sekelilingnya terdapat areal persawahan, dan kebun kopi milik warga di Dusun Nta’ur. Ini membuat panorama air terjun yang satu ini sangat kaya dan memikat mata wisatawan.

Air Terjun Cunca Rede dan Cunca Ncuar

Air Terjun Cunca Rede dan Cunca Ncuar – Sumber: IG @nekynitbani

Berletak di Desa Sano Lokom Kecamatan Borong, kedua air terjun ini memiliki sumber air dari sungai yang sama namun kemudian terpisah pada bagian yang curam sehingga terbentuklah kedua air terjun ini. Tinggi air terjun Cunca Rede sendiri sekitar 10 Meter sedangkan Cunca Ncuar sekitar 15 Meter.

Baca Juga ya : 

Sobat muda termasuk generasi muda masa kini yang suka aktif di alam? Cobalah trecking di sana. Mau mandi di sungai? Bisa! Mau study tour dan mengamati aktifitas masyarakat di alam bebas? Cobalah mengamati kegiatan sehari-sehari penduduk di persawahan dan kebun kopi. Dijamin menjadi satu pengalaman baru yang sangat mengasyikkan bagi sobat muda, generasi millenial nan paten.

2. Gua Maria Cing Coleng, Tempat wisata di Borong yang bersejarah

Jika sobat muda travelling beragama Katolik, sobat bisa berkunjung ke spot wisata yang satu ini. Adalah Gua Maria Cing Coleng yang menjadi tempat favorit para peziarah yang datang dari berbagai daerah di Manggarai Raya.

Tempat wisata di Borong Gua Cingcoleng  ini memiliki dua lubang. Lubang pertama ada di sebelah kanan yang memiliki panjang sekitar 2 km dan tembus ke gua alam Werwitu yang berada di bagian timur. Dalam salah satu lubang di dalam gua ini terdapat patung Bunda Suci Perawan Maria, salah satu tokoh keagamaan umat Katolik yang sangat dihormati.

Gua Maria Cing Coleng

Gua Maria Cing Coleng – Sumber: IG @frenkyhardiyanto

Jika kawanku berwisata ke sana, jangan lupa siapkan baju hangat sebab udara di dalam gua cukup dingin. Tidak cuma itu saja, bagian dalam gua menjadi habitat ribuan kelelawar. Sehingga kawanku yang takut akan kelelawar perlu mengajak teman untuk menemani.

Tetapi jangan kuatir, semua ini worth it. Didalam gua sendiri terdapat mata air yang mengalir keluar dan menjadi sumber air. Ditambah stalaktit dan stalakmit menjadi pemandangan yang menambah keindahan gua ini. Sensasi berziarah ditambah panorama yang unik, akan menjadi pengalaman yang seru bagi kawanku sekalian.

3. Danau Rana Mese

Danau Rana Mese, Tempat wisata di Borong Manggarai Timur

Danau Rana Mese, Tempat wisata di Borong Manggarai Timur – Sumber: IG @deannabeauty

Dikelilingi hutan tropis di sekitarnya cobat muda jangan kaget apabila udara di danau ini terbilang cukup dingin. Danau Rana Mese sendiri berada di dalam wilayah hutan lindung dan dikelilingi oleh barisan pegunungan Mandosawu dan Poco Ranaka diantara wilayah kecamatan Borong dan Poco Ranaka.

Menariknya hutan di sekitar danau banyak ditinggali oleh beraneka ragam hewan seperti tikus raksasa (Papagomys Armandrillarei), tikus Poco Ranaka (Rattus Haenaldi), Kelewar Flores (Chypnoterus Nusa Tenggara) dan Burung Hantu Flores (Ooptus Alfredi).

4. Air Terjun Cuncang Ntangis dan Cuncang Wek

Jika kawanku termasuk pecinta berat kopi, tidak salah jika kawan muda bermain ke sini. Ya desa Ulu Wae dikenal sebagai penghasil kopi Arabika dan Robusta. Pada daerah selatan desa, yakni pada Kecamatan Poco Ranaka terdapatlah air terjun Cuncang Radi Ntangis dan Cuncang Wek.

Air Terjun Cuncang Ntangis

Air Terjun Cuncang Ntangis – Sumber: florespos.id dan Tourism NTT

Lebih unik lagi, kedua air terjun tersebut dikellingi oleh rimbunan tanaman kopi. Jika sobat muda memandang ke kiri dan kanan, sobat akan melihat gugusan pegunungan yang alami. Jika berjalan-jalan santai ke sekitar, sobat muda akan disuguhi hijaunya kebun kopi warga dengan udara pegunungan yang sejuk.

5. Gunung Poco Ndeki

Gunung Poco Ndeki

Gunung Poco Ndeki – Sumber: IG @afri_awan

Gunung Poco Ndeki adalah Tempat wisata di Borong Kabupaten Manggarai Timur yang terakhir. Ada yang unik di gunung yang satu ini. Di sana terdapat Watu Embu Kodi Haki atau batu laki-laki yang menyerupai alat kelamin laki-laki dan Watu Embu Kodi Fai atau batu perempuan yang menyerupai alat kelamin wanita.

Untuk mendaki Gunung Poco Ndeki sendiri cukup menantang, sebab pendakian menuju puncak Poco Ndeki membutuhkan waktu sekitar 3,5 jam dan menempuh jalur trecking sepanjang 4.5km. Tidak cuma itu saja, jalurnya cukup terjal.

Itulah beragam wisata unik di Kota Borong, Kabupaten Manggarai Timur. Karena aneka spot wisatanya yang khas dan eksotis, maka ketika kawanku libur, jangan lupa menyempatkan bermain ke destinasi wisata yang satu ini.

 

Leave a Reply