Daftar Wisata

5 Tempat Wisata di Pulau Sapeken yang indah

Tempat Wisata di Pulau Sapeken

Tempat Wisata di Pulau Sapeken - Foto: eramadani.com

Tempat Wisata di Pulau Sapeken – Selain namanya yang unik, pulau Sapeken ini ternyata juga memiliki keunikan lain. Meskipun pulau ini masih termasuk dalam wilayah Sumenep, Madura, namun masyarakatnya tidak bisa berbicara dengan bahasa Madura untuk berkomunikasi sehari-hari. Hal tersebut dikarenakan mayoritas masyarakatnya bukan suku Madura, melainkan suku Bajo, Mandar, dan Bugis.

Menurut sejarah, suku-suku tersebut memang menjadi pendatang pertama sehingga masyarakatnya sampai saat ini menggunakan bahasa Bajo. Selain itu, dulu nenek moyang yang datang ke Pulau Sapeken hanya ingin berkunjung untuk satu minggu saja atau sepekan. Nah, maka bisa ditebak jika penamaan nama pulau Sapeken berasal dari cerita tersebut.

Ketika mengunjungi pulau ini, pemandangan yang akan ditemui berupa pemukiman para warganya yang berbentuk rumah panggung. Bahkan, ada beberapa rumah yang ada di atas perairan nampak seperti rumah apung. Banyak yang mengatakan jika berwisata ke pulau Sapeken lebih cocok untuk wisata sejarah, budaya, dan mengenai kebiasaan hidup masyarakatnya.

Akan tetapi, pulau Sapeken ternyata juga memilki beberapa wisata alam yang sangat menawan dan tentunya masih asri. Lalu, apa saja wisata alam tersebut? Mari simak penjelasan 5 tempat wisata di pulau Sapeken berikut ini.

1. Pantai Bajo Pulau Sapeken

Lokasi dari wisata yang satu ini berada di Desa Sapeken, Kecamatan Sapeken, Sumenep Madura. Pantai ini menjadi primadona bagi warga Sapeken dan kebanyakan dikunjungi oleh wisatawan pada saat hari Raya Idul Fitri.

Pantai Bajo Pulau Sapeken

Pantai Bajo Pulau Sapeken -. Foto: kaltim.tribunnews.com

Keindahan dari pantai ini sudah banyak didengan oleh masyarakat baik di Sapeken sendiri maupun di luar Sapeken. Bahkan ada yang mejajarkan keindahan dari pantai Bajo dengan pantai Sanur, Bali. Hamparan pasir putih menjadi salah satu daya tarik. Selain itu, di sepanjang pantainya juga ada pohon bakau, serta dapat ditemui juga beberapa satwa seperti kera, burung keramat, dan burung jalak.

2. Pantai Saebus

Pantai Saebus memiliki keindahan yang tidak kalah menawan dibanding dengan pantai Bajo. Lokasi dari pantai Saebus ini ada di desa Sepanjang, Sapeken. Mengunjungi tempat wisata ini, mata wisatawan akan dimanjakan oleh keindahan panorama di sekitaran pantai.

Jangan lupa baca juga:

Kejernihan air laut di pantai Saebus membuktikan kalau pantai ini benar-benar asri dan kebersihannya pun masih sangat terjaga. Selain itu, pasir putih juga turut mempercantik pantai dan tidak lupa pohon cemara yang tumbuh di sepanjang pantai.

Pantai Saebus

Pantai Saebus di Pulau Sapeken. Foto: anekaduniablog.wordpress.com

Pantai ini digadang-gadang juga menjadi salah satu tempat wisata yang cukup hits. Namun, menurut warga sekitar, di daerah pantai masih sering terjadi abrasi, sehingga banyak pohon cemara yang tumbang. Hal ini tentu harus menjadi perhatian pula.

3. Pantai Saur Pulau Sapeken

Pulau Sapeken bisa dikatakan memiliki kekayaan potensi wisata yang sangat luar biasa. Tidak kalah menarik dengan dua pantai yang disebutkan di atas, pantai Saur juga memiliki hamparan pasir putih yang begitu bersih serta pohon cemara yang tumbuh di sekitar pantai.

Pantai Saur Pulau Sapeken

Pantai Saur Pulau Sapeken – Foto: travelaulia.blogspot.com

Lokasi dari pantai ini terletak di Sapeken, Sumenep. Hanya saja, menuju lokasi ini memang perlu sedikit perjuangan dan hanya melalui satu jalur laut saja. Namun, para wisatawan tentunya akan sangat terpukau saat sampai di lokasi. Kejernihan dari air lautnya sangat cocok untuk diving.

4. Pantai Sitabok

Selanjutnya, ada pantai Sitabok yang menjadi salah satu pantai di pulau Sapeken yang memiliki pesona keindahan menawan. Pantai ini bisa dibilang masing tergolong sangat asri. Warga yang mendiami pulau ini pun tidak sampai 50 kepala keluarga.

Pantai Sitabok di Pulau Sapeken

Pantai Sitabok di Pulau Sapeken. Foto: flickr.com

Pohon kelapa yang tumbuh di sepanjang pantai menjadi ciri khas dari pantai Sitabok. Bukan hanya pasirnya yang putih bersih, namun air lautnya pun juga masih sangat jernih dan terjaga kebersihannya. Banyak dari wisatawan yang datang ke pantai Sitabok dan menikmati minum air kelapa sambil duduk santai menyaksikan keindahan pantai.

Di pantai ini juga disediakan kano yang bisa digunakan oleh wisatawan untuk menikmati keindahan pulau dan pantainya. Selain itu, ada juga wisatawan yang sengaja menghabiskan waktu hingga malam dan membangun tenda di pinggir pantai. Tentu saja ini akan menjadi pengalaman yang sangat menarik, bukan?

5. Pantai Karangkongko

Pantai kelima yang ada di Sapeken adalah pantai Karangkongko. Pantai ini sering dijadikan tempat bagi anak-anak yang tinggal di sekitar Sapeken untuk menghabiskan waktu mereka. Pada saat libur lebaran pun, pantai ini juga kebanjiran pengunjung.

Pantai Karangkongko

Pantai Karangkongko. Foto: portalsapeken.com

Namun, menurut warga sekitar, pantai Karangkongko ini kurang mendapat perhatian dari pemerintah setempat, dikarenakan pantai ini sering mendapat kiriman sampah saat pasang. Hal ini tentu akan menjadikan berkurangnya estetika dan kebersihan dari pantai itu sendiri.

Setelah menyimak 5 tempat wisata di Pulau Sapeken tadi, tidak heran jika pulau ini menjadi salah satu daya tarik baru bagi wisatawan. Siapapun yang berkunjung pastinya akan merasakan sensasi liburan yang menenangkan dan menyenangkan.

Leave a Reply