Pulau

5 Potret Pesona Keindahan Gili Ketapang

Gili Ketapang

Gili Ketapang - sumber-obatrindu.com

Gili Ketapang – Pernahkah kamu mendengar kata “Gili” sebelumnya? Ya, mungkin sebagian kamu mendengar ada banyak Gili yang terdapat di Madura. Diantaranya ada Gili Iyang, Gili Labak, dan masih banyak lagi.

Namun sekarang yang akan kita bahas adalah Gili Ketapang yang berada di Desa Ketapang, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo. Mata pencaharian penduduknya sebagian besar adalah sebagai nelayan.

Gili Ketapang

Gili Ketapang – sumber-snorkelingprobolinggo.com

Pulau Ketapang atau Gili Ketapangmerupakan sebuah pulau kecil yang terletak sekitar 5 mil tengah laut dan berada diantara pulau Madura dan Jawa. Nama “Gili Ketapang” sendiri memiliki makna yaitu Gili yang artinya air mengalir, dan Ketapang yang merupakan nama desa Ketapang itu sendiri.

Dulunya, tempat ini hanya dijadikan sebagai tempat pemancingan biasa, namun karena penduduk  disana sadar bahwa kondisi laut dan alam yang bagus, maka dilakukan pembangunan untuk meningkatkan pariwisata.

Sejak saat itu, Gili Ketapang jadi tempat wisata yang tak kalah bagus dari tempat-tempat wisata lainnya di Indonesia. Meskipun masih sepi pengunjung karena tempatnya yang sulit dijangkau, namun suasana alam di tempat ini mampu menarik kembali para pengunjung yang pernah berkunjung untuk bisa kesini lagi.

Ada apa saja di Gili Ketapang

Hari liburan telah tiba, dan kini saatnya kamu mengunjungi tempat yang satu ini untuk menghilangkan stress akibat pekerjaan maupun tugas, mengisi waktu liburanmu dengan bersantai di tempat yang indah, dan juga menikmati aktivitas snorkling maupun diving dengan pesona bawah laut yang mampu memanjakan mata.

Baca Juga ya :

Snorkling di Gili Ketapang

Snorkling di Gili Ketapang – sumber-1001malam.com

Pasir pantai yang putih, ombak yang tenang. karang, dan biota lautnya seakan mengajak para pengunjung untuk terjun langsung menyaksikan apa yang ada di bawah sana. Bahkan Gili Ketapang ini dikenal sebagai Surga Bawah Laut karena keindahannya.

wisata bawah laut di Gili Ketapang

wisata bawah laut di Gili Ketapang – sumber-ronapersadatourtravel.com

Pengunjung bisa mengajak sanak saudara, keluarga, teman, atau rekan kerja untuk bersama-sama menikmati keragaman hayati bawah laut yang memukau. Selain itu, banyak spot bagus untuk berfoto. Dijamin deh instagram kamu akan penuh dengan like dan komen dari para netizen jika sudah upload foto di spot-spot menarik tersebut.

Taman Bawah Laut di Gili Ketapang

Taman Bawah Laut di Gili Ketapang – sumber-gobromo.id

Untuk harga Snorkeling bervariasi, mulai dari yang murah sampai dengan yang termahal. Harganya mulai dari Rp 100.000 per orang hingga Rp 120.000 per orang. Selain itu, pengunjung juga bisa menyewa Banana Boat Snorkeling dengan harga Rp 150.000 per orang dan juga Drone Rp 150.000 per orang.

Fasilitas di Gili Ketapang Probolinggo juga sangat lengkap. Mulai dari Kapal PP Pelabuhan Tanjung Tembaga Probolinggo, Perlengkapan Snorkeling, Pelampung, Pemandu Wisata, dan masih banyak lagi. Namun perlu diingat, bahwa fasilitas yang didapatkan berbeda-beda tergantung biro wisata tempat pengunjung memesan paket wisatanya.

Rute dan Cara Menuju ke Gili Ketapang

cara menuju Gili Ketapang

cara menuju Gili Ketapang – sumber-ngetripkemana.com

Sebelum memutuskan untuk berangkat, harap cari informasi terleih dahulu mengenai akses untuk bisa ke Gili Ketapang. Meskipun katanya sulit, namun pasti ada jalan mudah yang bisa dilewati.

Pengunjung bisa melewati Jalan Lingkar Utara Jawa Timur, lalu sampai ke Probolinggo. Kemudian ikuti saja petunjuk arah yang ada disana. Jika sudah sampai di pertigaan, maka arahkan kendaraan menuju terminal. Lalu pergilah ke Tanjung Tembaga, Probolinggo. Jika sudah melihat laut di sebelah kiri, maka itu artinya sudah dekat dengan pelabuhan.

Harga Tiket Masuk Gili Ketapang

Sebenarnya harga tiket masuk kesini tidak ada alias gratis. Hanya saja kamu akan dikenakan biaya seperti snorkeling, makan siang, sewa pelampung, dan lain sebagainya. Perlu diingat bahwa harganya bervariasi tergantung dimana pengunjung memesan paket wisatanya.

 

 

Leave a Reply