5 Tempat Wisata di Praya Kabupaten Lombok Tengah - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Air Terjun, Alam, Budaya, Daftar Wisata, Desa Wisata, Pantai, Rumah Adat

5 Tempat Wisata di Praya Kabupaten Lombok Tengah

Tempat Wisata di Praya Kabupaten Lombok Tengah

Tempat Wisata di Praya Kabupaten Lombok Tengah -Sumber : tripadvisor

3. Desa Adat Sukarara

Desa adat sukarare, Tempat Wisata di Praya Kabupaten Lombok Tengah

Desa adat sukarara, Tempat Wisata di Praya Kabupaten Lombok Tengah – Sumber : antarafoto

Selain bisa menikmati keindahan alamnya untuk kamu yang berlibur ke Lombok Tengah maka sangat pantang melewatkan wisata budaya. Salah satu pilihannya yaitu dengan kamu berkunjung ke Desa Sukarara, sebuah desa kecil yang diketahui menjadi salah satu pusat kerajinan tenun tradisional alias songket yang ada di Lombok.

Desa Sukarara ini berjarak sekitar 25 kilometer dari kota Mataram yang bisa kamu jangkau dengan kendaraan serta memakan waktu sekitar 30 menit perjalanan. Sebagian besar dari penduduk wanita yang tinggal di desa ini akan bekerja sebagai seorang penenun.

Sebuah keahlian yang telah diwarisi dari nenek moyang. Kamu yang berkunjung kesini maka bisa berkesempatan belajar menenun sampai berbelanja kain songket serta pernak-pernik lainnya yang ada di desa ini. Itulah sebabnya desa adat sukarara ini menjadi salah satu Tempat Wisata di Praya Kabupaten Lombok Tengah yang sering sekali dikunjungi para wisatawan.

4. Desa Sade, Tempat Wisata di Praya Kabupaten Lombok Tengah

Desa adat Sade, Tempat Wisata di Praya Kabupaten Lombok Tengah

Desa adat Sade, Tempat Wisata di Praya Kabupaten Lombok Tengah – Sumber : investor daily

Tempat Wisata di Praya Kabupaten Lombok Tengah yang sangat tak boleh untuk terlewatkan pada saat liburan adalah Desa Wisata Sade yakni sebuah dusun yang terletak di desa Rembitan, kecamatan Pujut. Perkampungan suku Sasak ini diketahui terletak di pinggir jalan raya yang akan menghubungkan kota Mataram dengan sebuah kawasan selatan Lombok.

Desa wisata Sade ini diketahui dihuni oleh suku Sasak yang masih sangat mempertahankan tradisi nenek moyang. Yang menarik dari sebuah perkampungan ini yaitu rumah tradisional suku Sasak yang mana dipel dengan menggunakan kotoran sapi maka akan terlihat kinclong. Kamu yang datang kesini bisa membeli banyak ragam suvenir serta juga kain songket hasil karya dari masyarakat Suku Sasak.

Baca Juga ya :

5. Air Terjun Benang Kelambu

Air Terjun Benang Kelambu, Tempat Wisata di Praya Kabupaten Lombok Tengah

Air Terjun Benang Kelambu, Tempat Wisata di Praya Kabupaten Lombok Tengah – Sumber : tripadvisor

Lombok Tengah ini mempunyai air terjun yang sangat unik serta indah namanya air terjun Benang Kelambu. Dinamakan dengan nama itu karena jatuh dari ketinggian 40 meter, dan terlihat menyerupai kelambu putih yang memanjang. Terjunan airnya pun terlihat sangat halus sehingga kamu dijamin tidak akan kesakitan pada saat bermain di bawahnya secara langsung.

Air terjun Benang Kelambu ini bisa kamu temukan di Desa Aik Berik. Cara untuk mengaksesnya harus dengan melakukan trekking melintasi medan yang cukup terjal. Air terjun ini membentuk sekitar 2-3 tingkatan dengan dinding tebing yang sangat subur ditumbuhi oleh tanaman hijau. Keadaan seperti itulah yang membuat lingkungan sekitar dari air terjun Benang Kelambu ini terasa semakin sejuk dan asri.

Lokasi : Aik Berik, Batukliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah

Sebetulnya masih banyak lagi Tempat Wisata di Praya Kabupaten Lombok Tengah lainnya yang bisa kalian kunjungi. Jadi jangan lupa ajak teman dan keluargamu merencanakan liburan bersama ke Lombok Tengah yah.

Leave a Reply