Daftar Wisata

5 Tempat Wisata di Padang Aro Solok Selatan

Tempat Wisata di Padang Aro

Tempat Wisata di Padang Aro merahputih.com

Tempat Wisata di Padang Aro – Solok Selatan atau Solsel adalah salah satu kabupaten pemekaran dari Solok yang terletak di Sumatera Barat dengan ibukota bernama Padang Aro. Solsel juga memiliki banyak destinasi wisata yang indah dan menarik sehingga sayang untung dilewatkan jika Anda sedang berada di Sumatera Barat. Simak 5 tempat wisata di Padang Aro Solok Selatan yang menarik berikut ini.

1.  Nagari Saribu Rumah Gadang

Salah satu dari 5 tempat wisata di Padang Aro Solok Selatan ini terletak di Nagari Koto Baru, kecamatan Sungai Pagu, Kabupaten Solok Selatan. Berjarak sekitar 150 km dari kota Padang atau sekitar 4 jam perjalanan dengan kendaraan roda empat seperti mobil atau bus.

Perjalanan akan melewati Danau di Bawah yang sangat terkenal, sekitar satu jam dari danau tersebut barulah sampai di kawasan ini yang disambut oleh masjid besar berarsitektur Minangkabau dengan tulisan “Nagari Saribu Rumah Gadang.” Sesuai dengan namanya, objek wisata budaya ini memiliki banyak rumah gadang dalam berbagai ukuran dan bentuk.

Rumah Adat Minangkabau, Tempat Wisata di Padang Aro yang indah

Rumah Adat Minangkabau, Tempat Wisata di Padang Aro yang indah- independensi.com

Rumah tradisional khas Minangkabau ini begitu unik sehingga pada tahun 2017 dinobatkan sebagai Kampung Adat Terpopuler di Indonesia. Terdapat banyak suku Minangkabau yang tinggal di kawasan ini antara lain Malayu, Bariang, Durian, Kampai, Panai, Tigo Lareh, Koto Kaciak, dan Sikumbang,

Tidak ada tiket alias gratis untuk sekadar berkeliling di kawasan ini. Namun, rumah-rumah Gadang di kawasan ini bisa disewa sebagai penginapan bagi para pengunjung yang ingin menghabiskan waktu lebih lama di sana. Harga sewa mulai dari Rp 200.000 per orang termasuk makan malam dan sarapan keesokan harinya. Para pengunjung akan menikmati kuliner khas Minangkabau yang disajikan di atas tikar dan dimakan bersama-sama dengan para pengunjung lainnya.

2.  Puncak Camintoran, Tempat Wisata di Padang Aro yang menawan

Salah satu dari 5 tempat wisata di Padang Aro Solok Selatan ini berada di ketinggian 1.240 mdpl karena berada di kaki Gunung Kerinci yang termasuk 10 gunung tertinggi di Sumatera. Untuk menikmati pemandangan negeri di atas awan ini harus mendaki terlebih dahulu dengan membayar retribusi Rp 2.000 per orang atau terkadang gratis jika tidak ada orang yang menjaga.

Tempat ini sangat sejuk dan dingin sekitar 10 hingga 12 derajat saja karena lokasinya tinggi di pegunungan. Para pengunjung disarankan memakai baju hangat ketika berada di sini. Selain itu, para pengunjung bisa menikmati suasana dengan puas karena bisa menginap di lokasi perkemahan yang sudah tersedia.

Puncak Camintoran, Tempat Wisata di Padang Aro yang menawan

Puncak Camintoran, Tempat Wisata di Padang Aro yang menawan – kurio.id

Tempat wisata alam yang luasnya mencapai 16 hektar ini semakin dipercantik dengan banyak hal baru. Lokasinya di Golden Arm, Nagari Lubuk Gadang, Kecamatan Sangir, Solok Selatan, Sumatra Barat. Fasilitas yang disediakan sudah memadai seperti toilet, tempat istirahat, gazebo, dan sarana lain yang memudahkan para pengunjung.

Jangan lewatkan kesempatan untuk mengabadikan momen dengan kamera karena ada banyak spot foto di tempat ini. Ayunan, hamparan bunga yang cantik, dan gardu pandang adalah spot foto terfavorit para pengunjung karena sangat instagramable alias ciamik.

3.  Air Terjun Kembar

Air Terjun Kembar yang indah ini terletak di Desa Bangun Rejo, Solok Selatan. Salah satu dari 5 tempat wisata di Padang Aro Solok Selatan ini bisa didatangi dengan kendaraan roda empat maupun roda dua. Berjarak sekitar 5 km dari kantor Bupati Solok Selatan, air terjun nan cantik cukup mudah  didatangi.

Bahkan, untuk melihat secara langsung air terjun ini cukup berjalan kaki 5 menit dari tempat parkiran mobil dengan menuruni lembah dan menyebrang jembatan kayu. Cukup bayar karcis Rp 2.000 per orang dan biaya parkir kendaraan Rp 3.000  saja maka para pengunjung bisa menikmati keindahan dan kesegaran di  tempat ini.

Air Terjun Kembar Tempat Wisata di Padang Aro

Air Terjun Kembar Tempat Wisata di Padang Aro – twitter.com

Air terjun setinggi 20 meter ini memiliki dua tempat untuk main air, yaitu sungai kecil di sebelah air terjun dan kolam tempat jatuhnya air. Jika ingin menikmati kesegaran air terjun dan keindahan alam lebih lama di tempat ini, para pengunjung bisa berkemah di area sekitar air0 terjun ini. Bawalah makaanan dari luar tempat wisata ini karena tidak ada penjual makanan atau minuman di sana. Jangan lupa beli pangek pisang, yakni makanan khas Solok.

4.  Danau Bontak

Tempat Wisata di Padang Aro yang indah adalah Danau bontak

Tempat Wisata di Padang Aro yang indah adalah Danau bontak – foto ivoox.id

Danau Bontak adalah satu-satunya danau yang menjadi salah satu dari 5 tempat wisata di Padang Aro Solok Selatan. Danau yang berada di atas Golden Arm ini terbentang seluas 2 hektar. Lokasinya di Bukik Malintang Nagari Lubuk Gadang, kecamatan Sangir atau sekitar 5 km dari Padang Aro, ibukota Solok Selatan.

Keindahan danau ini tidak mudah untuk dinikmati karena para pengunjung harus berjalan sejauh 10 km dari Bukit Malintang yang memakan waktu sekitar 4 jam. Danau ini belum dikelola dengan baik oleh pemerintah setempat sehingga masih gratis. Namun sebaiknya tidak mengunjungi danau ini ketika musim hujan karena tempatnya masih belum baik sehingga berpotensi membahayakan para pengunjung.

5.  Goa Batu Kapal

Goa Batu Kapal, Tempat Wisata di Padang Aro

Goa Batu Kapal, Tempat Wisata di Padang Aro – merahputih.com

Goa yang berbentuk seperti kapal ini juga terletak di Kecamatan Sangir, tepatnya di Jorong Ngalau Indah, Nagari Sungai Kunyit Barat, Solok Selatan. Cukup membayar retribusi Rp 3.000 per orang, para pengunjung bisa menikmati keindahan dan keunikan alam ini.

Ketika memasuki goa, Anda seolah berada di lambung kapal, bukan di dalam goa. Anda akan takjub dengan keindahan goa ini karena dinding-dindingnya berwarna-warni. Geopark ranah minang ini ramai dikunjungi sehingga datanglah ke tempat ini bukan pada waktu libur seperti libur lebaran. Hanya tiga goa besar yang boleh dikunjungi dengan pemandu, walaupun ada 4 goa besar di area ini.

Itulah 5 tempat wisata di Padang Aro Solok Selatan yang menarik. Jagalah kebersihan tempat wisata dan jangan buang sampah sembarangan. Sempatkan pula untuk mengunjungi 5 tempat wisata di Arosuka Solok. Selamat berlibur!

 

 

 

 

Leave a Reply