Daftar Wisata

5 Tempat Wisata di Kota Bukit Tinggi

5 Tempat Wisata di Kota Bukit Tinggi 1

Jam Gadang bukittinggikota.go.id

Tempat Wisata di Kota Bukit Tinggi – Bukit Tinggi seperti Painan Pesisir Selatan adalah sebuah kota di Sumatera Barat yang sangat melambangkan Minangkabau. Alam, tradisi, dan adatnya yang kental membuat semua orang seolah selalu terpikir tentang kota ini ketika berbicara tentang Minangkabau, selain Padang sebagai ibukota. Keramahan penduduk dan kelezatan kulinernya membuat semua pendatang terkesan.

Lantas untuk wisata harus ke mana? Yuk simak 5 tempat wisata di Kota Bukit Tinggi berikut ini.

1.  Ngarai Sianok

Salah satu dari 5 tempat wisata di Kota Bukit Tinggi yang harus dikunjungi adalah Ngarai Sianok. Ini adalah sebuah lembah yang terbentuk karena gempa bumi. Lembah ini membentang luas dari Nagari Koto Gadang di Selatan hingga Nagari  Sianok Enam Suku di utara.

Lembah sepanjang 15 km ini ternyata memiliki kedalaman hingga 100 meter dengan lebar celah sekitar 200 meter. Tempat ini sangat cocok untuk melepas penat karena lembah ini begitu tenang dan damai sehingga kerap disebut Lembah Pendiam. Dengan pemandangan Gunung Singgalang dan Gunung Marapi, tempat ini sungguh menakjubkan untuk dilihat. Jika ingin datang ke tempat ini bisa naik kendaraan umum seperti minibus tujuan Padang-Bukittinggi.

5 Tempat Wisata di Kota Bukit Tinggi 2

Ngarai Sianok – liputan6.com

Untuk masuk ke kawasan ini bisa memilih salah satu dari tiga pintu masuk. Loket pertama berada di Jalan Ngarai Sianok dan dua loket lainnya berada di Jalan Panorama. Harga tiket untuk wisatawan domestik Rp 15.000 per orang, sedangkan untuk wisatawan dari luar negeri seharga Rp 25.000 per orang.

Ngarai Sianok sudah merias diri sehingga di dalamnya terdapat banyak tempat menarik untuk dikunjungi. Ada Goa Jepang, taman bermain anak-anak, dan ada yang baru. Apakah yang baru itu? Viewing Platform, yaitu spot foto instagramable dengan pemandangan alam yang luar biasa.

2.  Jam Gadang Bukittinggi

Jika di London ada Jam Big Ben, di Bukittinggi ada Jam Gadang yang menjadi ikon kota ini. Salah satu dari 5 tempat wisata di Kota Bukit Tinggi ini begitu ikonik dan diingat oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Seolah ciri khas Sumatera Barat itu Jam Gadang ini, bukan rumah gadang. Jam Gadang ini berada di Taman Sabai Nan Aluih atau di depan istana Bung Hatta.

5 Tempat Wisata di Kota Bukit Tinggi 3

Jam Gadang bukittinggikota.go.id

Jam ikonik ini ramai dikunjungi oleh turis dalam negeri dan luar negeri setiap harinya. Kegiatan berkeliling taman, sebelum atau setelah mengunjungi Istana Bung Hatta, menjadikan jam raksasa berukuran 13 x 14 meter ini begitu diminati.

Objek wisata yang terletak di Jalan Sutan Syahril, Benteng Pasar Atas, Guguk Panjang ini buka setiap hari dari pukul 8 hingga 16 WIB. Harga tiket masuk Rp 10.000 per orang dengan harga yang sama setiap hari. Jika ingin naik kendaraan umum, tersedia mobil travel

3.  Janjang Saribu

Janjang Saribu, Tempat Wisata di Kota Bukit Tinggi yang hits

Janjang Saribu, Tempat Wisata di Kota Bukit Tinggi yang hits – rentalmobilpadang.co.id

Lagi lagi, Bukit Tinggi memiliki objek wisata yang mirip dengan objek wisata dunia. Janjang Saribu begitu mirip dengan Tembok Besar China (The Great Wall of China). Banyaknya anak tangga yang meliuk-liuk membuat salah satu dari 5 tempat wisata di Kota Bukit Tinggi ini terlihat seperti The Great Wall of China.

Fenomena inilah yang membuat tempat ini diberi nama Janjang Saribu yang artinya Seribu Tangga. Ketika berjalan naik tangga hingga tiba di tempat teratas akan membuat Anda takjub.

4.  Benteng Fort de Kock

5 Tempat Wisata di Kota Bukit Tinggi 4

Benteng Fort de Kock – tripadvisor.com

Benteng Fort de Kock dibangun oleh Kapten Bouer pada tahun 1825. Salah satu saksi bisu perjuangan masyarakat Minangkabau melawan penjajah Belanda ketika Perang Paderi ini sangat layak untuk dikunjungi.

Salah satu dari 5 tempat wisata di Kota Bukit Tinggi ini buka setiap hari dari pukul 7.30 hingga 22 WIB. Lokasinya di Jalan Yos Sudarso, Ps Atas, Guguk Panjang ini sangat mudah untuk ditemukan. Harga tiket masuknya Rp 15.000 per orang untuk dewasa, sedangkan untuk anak-anak Rp 10.000 saja per orang.

5.  Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan

Salah satu dari 5 tempat wisata di Kota Bukit Tinggi ini terletak di Jalan Cindua Mato No 1, Benteng Pasar Atas.  Lokasinya sangat strategis, yaitu di pusat kota Bukit Tinggi sehingga bisa dikunjungi dengan kendaraan umum. T

erdapat BRT dan bus Trans Sumatera HWY yang bisa dipilih. Kebun binatang legendaris ini begitu unik karena di dalamnya terdapat beberapa museum yang memamerkan benda-benda dengan unsur budaya dan sejarah yang tinggi.

5 Tempat Wisata di Kota Bukit Tinggi 5

Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan – itiakladomudo.com

Harga tiket masuk ke kawasan ini Rp 15.000 per orang untuk dewasa dan Rp 10.000 per orang untuk anak-anak. Jika ingin masuk ke Museum Rumah Adat Baanjuang harus membayar Rp 2.000 per orang.

Terdapat banyak benda bersejarah di museum ini seperti miniatur arsitektur tradisional suku Minangkabau, binatang yang diawetkan, peralatan rumah tangga kuno, dan masih banyak lagi. Selain itu, jika ingin berfoto dengan baju adat Minangkabau bisa menyewa dengan harga Rp 20.000 per orang.

Itulah 5 tempat wisata di Kota Bukit Tinggi yang harus dikunjungi. Kedatangan Anda di Bukit Tinggi akan semakin berkesan setelah mengunjungi beberapa tempat wisata yang terkenal. Jangan lupa untuk mengabadikan momen seru dengan kamera.  Kunjungi juga 5 tempat wisata di Payakumbuh Happy vacation!

 

Leave a Reply