Daftar Wisata

6 Tempat wisata di Sumbawa Besar Kabupaten Sumbawa

6 Tempat wisata di Sumbawa Besar Kabupaten Sumbawa 1

Foto: @febri.awh

Sudah menjadi rahasia umum bahwa Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur memiliki banyak tempat wisata yang eksotis. Siapa yang tak kenal dengan keindahan Labuan Bajo dan Pulau Komodo? Selain dua pulau tersebut, masih banyak lagi destinasi wisata di Nusa Tenggara yang tak kalah indahnya namun belum banyak tereksplor.

Salah satu tempat yang wajib kamu kunjungi adalah Sumbawa Besar. Wilayah yang terletak di sebelah barat Pulau Sumbawa ini menawarkan keindahan alam yang belum banyak terjamah oleh wisatawan.

Untuk datang ke pulau ini, kamu bisa terbang dengan pesawat menuju Bandar Udara Sultan Muhammad Kaharuddin atau berlayar dengan kapal dari Pelabuhan Kayangan Lombok menuju Pelabuhan Poto Tano.

Daftar tempat wisata terbaik di Sumbawa Besar

Berikut ini kami sajikan 6 tempat wisata terbaik di Sumbawa Besar yang gak boleh kamu lewatkan.

1. Bukit Mantar

6 Tempat wisata di Sumbawa Besar Kabupaten Sumbawa 3

Foto: @ekopece

Kalau kamu adalah orang yang memiliki jiwa petualang yang tinggi, Bukit Mantar adalah salah satu destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi. Bukit yang dijuluki “negeri di atas awan” ini terletak di Desa Mantar, Kecamatan Poto Tano dan berada di ketinggian 600 mdpl.

Untuk mencapai bukit ini tentu membutuhkan effort yang lebih, tapi semua akan terbayar saat kamu sudah tiba di puncaknya! Selain sebagai tempat untuk melihat keindahan sunrise dan sunset, puncak Bukit Mantar ini juga terkenal sebagai titik keberangkatan paralayang, lho.  

Jika kamu tertarik untuk berlibur ke Bukit Mantar, kamu harus menyiapkan uang sekitar Rp. 4.000.000,- sampai  Rp. 5.000.000,- untuk tiket pesawat ke lombok, kapal feri, homestay, serta sewa mobil khusus yang akan mengantarmu sampai ke puncak Bukit Mantar. Bukit ini buka 24 jam, namun biasanya sangat ramai pada jam 4 sore sampai 7 malam.

2. Pulau Kenawa

6 Tempat wisata di Sumbawa Besar Kabupaten Sumbawa 4

Foto: wisatalah.com

Pulau Kenawa adalah pulau kecil yang berada di sekitar Pulau Sumbawa. Pulau ini merupakan salah satu tempat wisata yang sangat cocok untuk sejenak melepas penat dari hiruk pikuk kota metropolitan karena pulau ini tak berpenghuni.

Pulau ini menawarkan padang savana yang hijau, pasir pantai yang putih, serta air laut yang bersih. Setelah berjalan mengelilingi bukit dan padang savana, sayang banget kalau kamu sampai gak snorkeling atau diving disini karena air lautnya jernih banget!  

Untuk datang ke Pulau Kenawa, kamu harus menyewa kapal dari Pulau Sumbawa dengan biaya Rp. 500.000,- untuk 10 orang. Biaya tiket masuk tempat wisata ini sangat murah lho, cuma Rp. 50.000,-.

3. Pantai Maluk

6 Tempat wisata di Sumbawa Besar Kabupaten Sumbawa 5

Foto: wisatalova.com

Destinasi ketiga yang sayang untuk dilewatkan di Sumbawa Besar adalah Pantai Maluk. Pantai ini adalah surganya para peselancar, karena memiliki salah satu ombak terbaik di dunia. Ombak di Pantai Maluk bisa mencapai tinggi dua meter, namun akan terpecah ketika mendekati daratan, sehingga dijuluki sebagai ombak “Super Suck”.

Selain berselancar, kamu bisa duduk – duduk santai di pinggir pantai sambil menikmati matahari terbenam atau melihat penangkaran penyu yang terletak di tepi pantai. Lokasi Pantai Maluk cukup terpencil, berada di Distrik Jereweh, Kabupaten Sumbawa Barat.

Untuk mencapai lokasi Pantai Maluk, membutuhkan waktu sekitar 6 jam dari Kota Mataram, dengan rincian 4 jam perjalanan darat dan 2 jam perjalanan laut. Pulau ini tidak mengenal jam tutup dan tiket masuk, namun kamu harus menyiapkan uang untuk menyewa papan selancar dan kano serta tempat penginapan sebesar Rp. 300.000,- sampai Rp. 500.000,-.

4. Air Terjun Kalela

6 Tempat wisata di Sumbawa Besar Kabupaten Sumbawa 6

Foto: edyraguapo.blogspot.com

Tempat wisata di Sumbawa Besar tidak selamanya pantai dan bukit, namun banyak juga terdapat air terjun. Salah satu air terjun terbaik di Sumbawa Besar adalah Air Terjun Kalela yang terletak di Desa Jereweh, sekitar 48 km dari Pelabuhan Poto Tano.

Salah satu keunikan dari Air Terjun Kalela terletak pada kolam alaminya yang berwarna hijau kebiruan. Tempat wisata ini buka 24 jam dan tiket masuknya hanya Rp. 15.000,- di hari biasa maupun hari libur.

5. Gili Bedil

6 Tempat wisata di Sumbawa Besar Kabupaten Sumbawa 7

Foto: @exploresumbawa

Sama seperti Pulau Kenawa, Gili Bedil adalah satu dari banyaknya pulau – pulau kecil di sekeliling Pulau Sumbawa. Namun, berbeda dengan Pulau Kenawa yang “hanya” berisikan rerumputan dan bukit, Gili Bedil memiliki ratusan pohon kelapa.

Sebenarnya banyak Gili – Gili lain disekitarnya, namun Gili Bedil lah yang paling terkenal di antara para wisatawan. Selain snorkeling dan diving, para wisatawan disini biasanya memancing ikan di pinggir pantai, untuk kemudian dimasak dan dimakan. Sangat menarik, bukan?

Untuk sampai ke Gili Bedil, kamu harus menyeberang dari Labuan Bajo menggunakan kapal dengan biaya Rp. 350.000,- per 10 orang.  

6. Taman Wisata Liang Bukal

Tempat wisata di Sumbawa Besar yang terakhir adalah Taman Wisata Liang Bukal, yang terletak 26 km dari pusat Kota Sumbawa Besar. Untuk mencapai destinasi ini tidak sulit kok, karena kamu bisa menyewa mobil sampai ke tujuan.

Kalau kamu penakut, sebaiknya jangan kesini deh. Karena disini kamu bakal melewati gua sepanjang 200 meter yang dihuni ratusan kelelawar. Setelah melewati gua itu, baru lah kamu bisa menikmati keindahan dan kesejukan sungai kecil yang mengalir diantara bebatuan.

Tempat ini buka 24 jam dan harga tiket masuknya hanya Rp. 15.000,- saja. Jika kamu tertarik kesini, disarankan datang di bulan Agustus sampai Oktober, karena di bulan – bulan itu kawanan kelelawar jumlahnya lebih banyak daripada biasanya.

Leave a Reply