Kuliner, Uncategorised

6 Kuliner dan Makanan Khas Dompu

6 Kuliner dan Makanan Khas Dompu 1

Dompu merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia, yang tepatnya berada di bagian tengah Pulau Sumbawa. Luas wilayahnya 2.321,55 km² dengan jumlah penduduk sekitar 218.000 jiwa.

Untuk berkunjung ke kota ini para wisatawan bisa memilih dua opsi, yaitu opsi pertama melalui jalur darat dari Mataram Lombok, kemudian menggunakan jalur penyebrangan laut ke Sumbawa yang memakan waktu 12 jam. Sementara opsi kedua melalui jalur udara yang berhenti di Bandara Sultan Muhammad Salahudin Bima dari Bandara Praya selama 50 menit, kemudian dilanjutkan dengan perjalanan menggunakan taksi atau ojek selama 60 menit ke Dompu.

Kota Dompu ini dikenal sebagai penghasil susu kuda liar dan madu. Tak hanya itu, kabupaten ini juga dikenal sebagai penghasil daging seperti kerbau rawa atau kerbau lumpu (sahe), rusa, hingga hewan sapi.

Tidak heran tempat ini mempunyai ragam kuliner enak yang bisa para wisatawan cicipi ketika berjelajah. Penasaran apa saja wisata kuliner khas Dompu? Yuk, kita simak!

DAFTAR 6 KULINER DAN MAKANAN KHAS DOMPU:

1. Timbu dan Dahi

Timbu dan dah

Sumber foto: kumparan.com

Kedua makanan ini menjadi ikon kuliner khas Dompu yang tidak boleh dilewatkan bagi para pengunjung dan pencinta kuliner. Timbu sendiri merupakan nasi bambu yang dimasak dengan cara dibakar, sementara Dahi dibuat dari tape ketan hitam.

Kedua makanan ini wajib dimakan secara bersamaan, sebab cita rasa keduanya saling melengkapi. Timbu dan Dahi ini menghasilkan rasa perpaduan antara gurih dan legit. Namun bila masyarakat hanya memakan tapenya saja, maka akan disebut sebagai “kurang lengkap”.

Kalian dapat menemukan makanan ini di pasar induk Dompu. Di sana para wisatawan bisa melihat makanan ini berjejeran di pondok-pondok penjual yang sederhana. Disarankan, pembeli menikmati makanan ini di tempat langsung sebab bila di bawa pulang belum dapat nikmatnya. Lalu, Timbu dan Dahi cocok untuk dijadikan oleh-oleh ketika berkunjung ke Dompu.

Untuk harga, anda juga tidak perlu khawatir karena dengan membawa uang Rp 40.000 saja anda sudah bisa menikmatinya bersama dengan keluarga di rumah. Timbu sendiri dijual dengan harga sekitar Rp 15.000/ruas bambu, sementara Dahi dijual dengan harga Rp 10.000/cup.

2. Bingka Dolu

Bingka dolu

Sumber foto: goldenkuliner.blogspot.com

Kuliner makanan satu ini merupakan kue tradisional yang sering kita temukan di Dompu. Bingka Dolu juga banyak para wisatawan temukan sebagai sunguhan ketika hari raya dan berkumpul dengan keluarga. Di wilayah NTB, makanan ini dibuat dari gula merah, tepung terigu, telur, dan beberapa adonan lainnya, yang mana rasanya lumayan berbeda.

Kue Bingka Dolu ini juga termasuk kue basah. Para penikmatnya akan merasakan lembut tekstur ketika mengigit kue ini.

3. Konotasi Range

Range

Sumber foto: alanmalingi.wordpress.com

Kuliner makanan khas Dompu ini dibuat dari beras ketan, kelapa, dan gula. Para pengunjungnya akan dimanjakan dengan rasa manis dan gurih di lidah. Cara memasak kue ini adalah dengan dibakar di atas bara api.

Namun, di masyarakat Bima Dompu, terkadang nama Range bermakna porno yang diartikan sebagai alat kelamin perempuan. Tak hanya itu, kue lainnya juga ada yang bermakna sama dengan Range, yaitu kue Kalempe.

Mungkin, karena bentuknya yang seperti alat kelamin perempuan. Atau mungkin kata masyarakat setempat yang sudah ada sejak lama.

Dulunya, Range sering menjadi pelengkap dalam Jangko. Jangko sendiri merupaka wejangan yang berisi bermacam jenis kue dan nasi yang disebut oha santa dan oha mina, yang mana selalu ada pada acara-acara doa dan hajatan warga. Lalu, setelah sesi doa, makanan Jangko dibagikan bersamaan dengan kue Range.

Baca Juga :

• Ini 5 Tempat Wisata di Kabupaten Dompu yang Laksana Surga Dunia

• Dan Ini 6 Tempat Wisata di Kota Bima yang Instagrammable Banget

4. Uta Mbeca Saronco

Uta mbeca saronco

Sumber foto: steller.co

Makanan khas Dompu ini merupakan sayur asam yang terbuat dari bahan dasar bhah kelor yang masih muda dengan bumbu tambahan antara bawang, cabai, asam, dan garam secukupnya.

Bagi anda yang berkunjung ke NTB dan ingin merasakan lauk yang segar, makanan ini sangat disarankan untuk dicoba. Apalagi ketika cuaca hangat, makanan segar menjadi pilihan nomor satu.

5. Sambel Doco Toma

Doco toma

Sumber foto: admin.travelingyuk.com

Sambel memang menjadi teman makan kebanyakan masyarakat Indonesia. Sambel Doco Toma ini dibuat dari bahan dasar irisan tomat dan diolah dengan bahan irisan kecil lainnya, seperti mentimun, terong, kacang panjang, kemangi, taoge, cabai dan garam. Sambel ini juga menjadi teman makan favorit khas Dompu.

6. Koca

Koca

Sumber foto: alanmalingi.wordpress.com

Makanan satu ini merupakan salah satu kue tradisional khas Dompu yang rasanya didominasi dengan manis dan gurih dari parutan kelapa di atasnya. Sama seperti di Jawa, kue ini mirip dengan klepon yang didalamnya berisi gula merah cair.

Biasanya, kue Koca ini dihidangkan sebagai cemilan siang hari, khususnya pada para pekerja di sawah atau pekerja bangunan yang sedang beristirahat.

Leave a Reply