5 Wisata di Jeneponto Yang Ngehits dan Wajib di Kunjungi - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Daftar Wisata, Air Terjun, Bukit, City Tour

5 Wisata di Jeneponto Yang Ngehits dan Wajib di Kunjungi

Bukit Bolangi Desa Timbuseng, Wisata di Jeneponto

Bukit Bolangi Desa Timbuseng, Wisata di Jeneponto - foto @adeeirmh

Wisata di Jeneponto – Salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan yang juga memiliki pemandangan alam yang indah dan tak kalah dari daerah lainnya adalah Kabupaten Jeneponto.

Kabupaten Jenepoto beribukota di Kota Bontosunggu. Kondisi topografi Kabupaten Jeneponto sendiri pada bagian utara merupakan kawasan lereng pegunungan. Sedangkan bagian tengah dan bagian selatan kabupaten Jeneponto merupakan kawasan pesisir serta dataran rendah.

Mungkin diantara kita sudah banyak yang tau jika daerah Jeneponto itu identik dengan kuda dan coto maupun susu kudanya hee.

Tapi saat ini kita tidak akan bercerita tentang kuda, melainkan 5 tempat wisata yang wajib kamu sambangi saat kamu liburan di Jeneponto.

1. PLTB Tolo Jeneponto / Kincir Raksasa

PLTB Tolo Jeneponto

PLTB Tolo Jeneponto – Foto @yasinharsaini

Sebenarnya PLTB ini bukan tempat wisata namun sebuah kawasan pembangkit Listrik. Namun keindahan dari baling-baling atau tiang kincir raksasa diantara perbukitan disekitarnya menjadikan kawasan ini sangat menarik para wisatawan.

PLTB Tolo Jeneponto secara administratif brada di Kalumpang Loe, Arungkeke, Kabupaten Jeneponto Provinsi Sulawesi Selatan. Bagi wisatawan yang ingin berfoto disini hanya iperbolehkan dari luar area PLTB atau dari tepi jalan raya saja karena kawasan ini hanya untuk pihak berizin.

2. Air Terjun Tama’lulua

Air Terjun Tama’lulua , Wisata di Jeneponto

Air Terjun Tama’lulua, Wisata di Jeneponto – Foto by @muhyaserrparawansa

Terletak di Desa Bontomanai, Kec Rumbia, Kab. Jeneponto dengan rute Makassar-Gowa-Takalar-Jeneponto. Waktu tempuh perjalanan sekitar 30 menit dari Jeneponto. Untuk sampai ke air terjun Tama’lulua kamu harus treking sekitar satu jam. Siapkan sepatu atau sandal gunung yang nyaman.

Jalan yang dilalui tidak mudah, cukup terjal dengan bebatuan. Tetapi kelelahan yang kamu rasakan akan terbayar begitu melihat air terjun setinggi kurang lebih 30 meter dengan air yang mengalir deras.

Baca Juga ya :

Air Terjun Tama'lulua

Air Terjun Tama’lulua – Foto by @muhammad_rais_alfandy

Biaya parkir motor Rp. 2.000 dan kendaraan mobil Rp. 5.000, sementara untuk tiket masuk dikenakan tarif Rp. 10.000/orang.

Keindahan air terjun Tama’lulua juga bisa kamu nikmati dari bukit Bossolo, itulah kenapa air terjun Tama’lulua juga dikenal dengan nama air terjun Bossolo.

Pemandangan hijau dipadu derasnya air terjun dapat menjadi pil penenang buat kamu yang penat dengan rutinitas sehari-hari sekaligus mengagumi keindahan alam ciptaan Tuhan.

3. Batu Siping, Wisata di Jeneponto yang ngehits

Siping yang berarti sempit, merupakan tempat wisata eksotis yang terletak di Desa Garassikang, Kec Bangkala, Kab Jeneponto.

Leave a Reply