Daftar Wisata

5 Tempat Wisata di Idi Rayeuk Aceh Timur

Tempat Wisata di Idi Rayeuk

Tempat Wisata di Idi Rayeuk, Foto: negerikuindah.com

Tempat Wisata di Idi Rayeuk – Aceh sebagai kota yang terkenal dengan julukan kota serambi mekkah memiliki banyak potensi wisata. Potensi wisata tersebut sangat beragam, mulai dari wisata religi, alam, dan kuliner. Namun, dari semua wisata yang ada di Aceh, wisata yang menjadi daya tarik paling istimewa adalah wisata alamnya, terutama pantai.

Mengenai wisata pantai, Idi Rayeuk, di kabupaten Aceh Timur bisa dikatakan menjadi surganya wisata pantai. Tapi, wisata lainnya seperti air terjun dan situs sejarah juga tidak kalah terkenal di Idi Rayeuk Aceh Timur,

Idi Rayeuk merupakan salah satu kecamatan di kabupaten Aceh Timur. Lokasi Idi Rayeuk berada di pusat kota Aceh Timur, tapi masih sangat jauh dari pusat kota Aceh sendiri. Jauhnya lokasi mencapai 366 km, serta butuh waktu perjalanan sekitar 6-7 jam untuk sampai ke Idi Rayeuk.

Meskipun lokasinya jauh, tetapi daerah ini memiliki jumlah penduduk terbanyak kedua di Aceh. Sementara itu, suku yang paling banyak tinggal di daerah ini adalah suku Aceh, Gayo, dan Tamiang.

Nah, untuk mengenal wisata-wisata apa saja yang menjadi daya tarik di Ida Rayeuk Aceh Timur, mari simak ulasan 5 tempat wisata Idi Rayeuk Aceh Timur berikut.

1. Pantai Kuala Beukah

Pantai Kuala Beukah, Tempat Wisata di Idi Rayeuk

Pantai Kuala Beukah, Tempat Wisata di Idi Rayeuk- Foto: wisataterbaru.net

Pantai Kuala Beukah adalah Tempat Wisata di Idi Rayeuk yang pertama yang bisa kamu kunjungi. Lokasi pantai Kuala Beukah ini terletak di Desa Payah Lipah, Peureulak, Aceh Timur. Jarak tempuh ke pantai ini sekitar 40 km dari pusat kota Idi Rayeuk. Dengan jarak tempuh yang tidak dekat, wisatawan tidak akan kecewa dengan pemandangan yang akan di dapatkan jika sudah sampai di lokasi.

Keindahan dari pantai ini banyak didukung oleh adanya pohon cemara yang tumbuh di sekeliling pantai. Adanya pohon cemara memberikan nuansa yang sangat sejuk apalagi dipadu pasir coklat, sangat pas bila digunakan sebagai tempat refreshing  bersama keluarga dan teman-teman.

2. Pantai Kuala Parek

Pantai Kuala Parek, Tempat Wisata di Idi Rayeuk

Pantai Kuala Parek, Tempat Wisata di Idi Rayeuk – Foto: wisataterbaru.net

Pantai Kuala Parek adalah Tempat Wisata di Idi Rayeuk lainnya yang bisa kamu kunjungi. Tidak kalah dengan pantai Kuala Beukah, pantai Kuala Parek juga punya keindahan yang tidak akan mengecewakan wisatawan. Lokasinya bisa ditempuh sekitar 7 km dari pusat kota dan berada desa Gampong Kuala Parek, mirip dengan nama pantainya.

Jika di pantai Kuala Beukah pasirnya coklat dan lembut, di pantai Kuala Parek ini pasirnya berwarna putih. Bila datang ke lokasi ini saat sore hari, pemandangan dari pantai ini akan sangat memanjakan mata. Cocok untuk para penikmat senja apalagi ditambah dengan anginnya yang bertiup sepoi-sepoi.

Baca Juga ya :

3. Pantai Idi Cut

Pantai Idi Cut, Tempat Wisata di Idi Rayeuk

Pantai Idi Cut, Tempat Wisata di Idi Rayeuk – Foto: bangmamad.com

Berbeda dengan kedua pantai di atas, pantai ini mempunyai lokasi yang cukup dekat dari pusat kota Idi Rayeuk. Hanya butuh 3 kilometer supaya bisa sampai ke lokasi ini. Karena lokasinya yang dekat ini, pantai Idi Cut jadi pilihan utama untuk dikunjungi.

Meskipun jaraknya dekat, tapi para wisatawan tidak akan dikecewakan oleh pemandangan di pantai Idi Cut. Pantai Idi Cut ini jadi salah satu tempat wisata di Ida Rayeuk Aceh Timur yang khas dengan pasir halus dan pohon cemara yang memanjakan mata.

Berkunjung ke Tempat Wisata di Idi Rayeuk ini sangat cocok untuk menyegarkan pikiran dari banyaknya beban kerja, apalagi jika datang bersama keluarga dan teman-teman dekat.

4. Air Terjun Weh Hilang, Tempat Wisata di Idi Rayeuk

Air Terjun Weh Hilang, Tempat Wisata di Idi Rayeuk

Air Terjun Weh Hilang, Tempat Wisata di Idi Rayeuk – Foto: bangmamad.com

Bukan cuma pantai yang bisa dijadikan opsi tempat wisata di Ida Rayeuk Aceh Timur. Akan tetapi, air terjun yang ada di Gampong Terujak, Serba Jadi, Aceh Timur yang dikenal dengan air terjun Weh Hilang juga bisa jadi pilihan untuk berwisata.

Menuju ke lokasi air terjun Weh Hilang dibutuhkan banyak perjuangan karena daerahnya sempit serta berlubang. Butuh waktu sekitar 3 jam dari pusat kota untuk sampai ditambah dengan perjalana darat sepanjang 1 kilometer.

Tapi, dijamin para wsiatawan tidak akan kecewa karena lokasinya yang masing sangat alami. Airnya pun begitu jernih dengan ketinggian air terjun setinggi 15 meter. Selepas perjalanan jauh, wisatawan juga bisa berenang di bawah air terjun. Menyenangkan bukan?

5. Air Terjun Paya Bili

Air Terjun Paya Bili, Tempat Wisata di Idi Rayeuk

Air Terjun Paya Bili, Tempat Wisata di Idi Rayeuk – Foto: wisataterbaru.net

Selain air terjun Weh Hilang, air terjun Paya Bili bisa jadi pilihan Tempat Wisata di Idi Rayeuk. Lokasinya berjarak 12 km dari kota Idi Rayeuk dan memiliki ketinggian sama dengan air terjun Weh Hilang yaitu 15 meter.

Nuansa dari lokasi air terjun Paya Bili yang masih sangat asri dan alami juga sangat memanjakan mata. Lokasinya yang sedikit jauh akan terbayar saat sudah sampai dan berenang di bawah air terjun.

Nah, apabila sedang berkunjung ke Aceh apalagi Aceh Timur, jangan sampai lupa untuk berkunjung ke 5 tempat wisata di Idi Rayeuk Aceh Timur tersebut. Apalagi wisata-wisata tersebut masih sangat asri, tapi tetap jaga kebersihan supaya keindahan wisata tersebut akan tetap menjadi daya tarik.

Leave a Reply