Taman Nasional, Alam, Pengetahuan, Pulau, Taman

5 Taman Nasional di Maluku dan Papua

Teluk Cendrawasih,Taman Nasional di Maluku dan Papua

Teluk Cendrawasih,Taman Nasional di Maluku dan Papua - Sumber: nativeindonesia.com

Taman Nasional di Maluku dan Papua – Indonesia adalah negara yang terkenal akan kekayaan alamnya yang tersebar luas. Tahukah kamu ada berapa Taman Nasional di Indonesia? Ada 54! Enam diantaranya telah diakui oleh UNESCO sebagai Situs Warisan Dunia,  dan salah satunya akan dibahas di artikel ini.

Artikel ini akan fokus membahas Taman Nasional di Maluku dan Papua. Flora dan Fauna yang terdapat di Maluku dan Papua sangatlah khas. Di Maluku Utara, fauna yang ditemukan berciri peralihan dan endemik, contohnya babi rusa dan anoa.

Sedangkan, untuk Maluku Selatan dan Papua, mayoritas fauna yang ditemukan berciri Australis, contohnya walabi, kanguru, burung cendrawasih, kuskus, dan lainnya. Keberadaan Taman Nasional di Maluku dan Papua  sangat bermanfaat untuk melestarikan kelangsungan hidup Flora dan Fauna yang beranekaragam.

Penasaran , Yuk kita simak langsung  5 Taman Nasional di Maluku dan Papua tersebut apa saja.

1. Taman Nasional Lorentz

Taman Nasional Lorentz

Taman Nasional Lorentz, Taman Nasional di Maluku dan Papua – Sumber: goodnewsfromindonesia.com

Taman Nasional di Maluku dan Papua yang pertama adalah Taman Nasional Lorent. Taman Nasional  ini adalah 1 di antara 6 Situs Warisan Dunia yang Berlokasi di Pegunungan Jayawijaya, Provinsi Papua, Taman Nasional Lorentz memiliki luas wilayah 2,4 juta hektar yang menjadi taman nasional terbesar di Asia Tenggara.

Taman Nasional Lorentz memiliki flora yang unik dan sangat beragam, yakni nipah (Nypa fruticans), Nauclea coadunata, Avicennia marina, Rhizophora apiculata atau bakau. Kemudian untuk keanekaragaman Fauna, ada sebanyak 630 jenis burung dan 123 jenis mamalia lho! Jenis burung yang menjadi ciri khas taman nasional ini adalah burung Cendrawasih, burung Kakatua, Kasuari, dan Kanguru Pohon.

Bila kamu tertarik untuk mengunjungi Taman Nasional Lorentz atau Taman Nasional di Maluku dan Papua ini kamu perlu menyiapkan biaya yang cukup besar untuk keperluan logistik, porter dan juga perizinan. Atau, kamu juga bisa langsung menghubungi Balai Taman Nasional Lorentz mengenai jasa paket tur yang tersedia.

2. Taman Nasional Wasur

Taman Nasional Wasur

Taman Nasional Wasur – Sumber: backpackerjakarta.com

Taman Nasional Wasur berlokasi di kabupaten Merauke, Provinsi Papua. Dengan luas 308.000 hektar, taman nasional ini terdiri dari hutan rawa, hutan musim, hutan pantai dan padang rumput.

Jenis flora yang mendominasi hutan-hutan tersebut adalah api-api (Avicennia sp.), ketapang (Terminalia sp.), kayu putih (Melaleuca sp.), dan tancang (Bruguiera sp.). Untuk fauna yang sering dijumpai, ada kanguru pohon, kasuari gelambir, cendrawasih, buaya air tawar, dan buaya air asin.

Untuk bisa mengunjungi Taman Nasional Wasur, pertama-tama kamu perlu naik pesawat dari kota Jayapura ke Merauke. Kemudian, dari Merauke ke taman nasional ini, kamu akan melewati jalan trans Irian (Jayapura-Merauke) dengan menempuh waktu perjalanan selama 4 jam. Tiket masuk taman nasional ini adalah Rp 20.000,-

Baca juga ya :

 3. Taman Nasional Teluk Cendrawasih

Taman Nasional Teluk Cendrawasih

Taman Nasional Teluk Cendrawasih – Sumber: nativeindonesia.com

Taman Nasional yang satu ini merupakan taman nasional perairan laut terluas di Indonesia yang terletak di Teluk Cenderawasih, Provinsi Papua Barat. Taman Nasional Teluk Cendrawasih memiliki ekosistem terumbu karang yang sangat besar, ada 150 jenis karang dan tersebar di tepian 18 pulau yang ada di sekitar teluk.

Selain kaya akan terumbu karangnya, taman nasional ini juga sangat kaya akan ikan-ikannya yang beranekaragam. Ada 209 jenis ikan dan di antaranya adalah butterflyfish, anglefish, parrotfish, rabbitfish, dan anemonefish. Selain itu, ada pula 4 jenis penyu di taman nasional ini, yakni penyu sisik, penyu hijau, penyu lekang, dan penyu belimbing.

Bila kamu ingin berkunjung ke Taman Nasional Teluk Cendrawasih yang sangat indah ini, aksesnya adalah kamu naik pesawat ke Biak, kemudian lanjut ke Manokwari. Dari kota Manokwari, kamu akan naik kapal menuju Pulau Rumberpon (lokasi taman nasional ini) dengan menempuh waktu perjalanan 5,5 jam.

4. Taman Nasional Manusela

Taman Nasional Manusela, Taman Nasional di Maluku dan Papua

Taman Nasional Manusela, Taman Nasional di Maluku dan Papua – Sumber: kembangwisata.com

Setelah Pulau Papua, sekarang kita beralih ke kota Maluku yang memiliki 2 taman nasional yang tidak kalah indah dan bikin takjub. Taman Nasional Manusela adalah taman nasional yang berlokasi di Pulau Seram dan Gunung Binaya, Kepulauan Maluku, Indonesia.

Tipe ekosistem di sini adalah ekosistem pantai, hutan rawa, hutan hujan pegunungan di Maluku. Terdapat sebanyak 117 jenis burung yang ada, di antaranya adalah kesturi ternate, nuri tengkuk ungu, raja udang, burung madu, dan banyak lagi. Untuk flora, terdapat Tancang, Bakau, Api-api, Meranti, dan Kayu Raja.

Untuk dapat mengunjungi Taman Nasional Manusela, kamu bisa naik ferry dari pelabuhan Tulehu di Pulau Ambon menuju pelabuhan Amahai di Pulau Seram dengan waktu tempuh 90 menit. Karena keindahan alam laut dan Gunung Binaya yang akan menemani sepanjang perjalanan, kamu pasti akan tergugah dengan tur ke taman nasional ini.

5. Taman Nasional Aketajawe Lolobata

Taman Nasional Aketajawe Lolobata

Taman Nasional Aketajawe Lolobata – Sumber: rimbakita.com

Taman Nasional di Maluku dan Papua selanjutnya adalah Taman Nasional Aketajawe Lolobata. Lokasi Taman Nasional Aketajawe-Lolobata adalah di Pulau Halmahera, Provinsi Maluku Utara. Dengan luas 167.300 hektar, taman nasional ini membentang di tiga kabupaten, yakni Kota Tidore, Kepulauan Halmahera Tengah, dan Halmahera Timur.

Taman Nasional ini penting untuk menjaga keselamatan dan melestarikan 23 spesies burung endemik. Fauna di taman nasional ini adalah kuskus dan bidadari Halmahera. Flora khasnya adalah Mangrove.

Leave a Reply