5 Pakaian Adat Bali yang biasa digunakan - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Budaya, Pengetahuan

5 Pakaian Adat Bali yang biasa digunakan

Payas madya pakaian adat bali

Payas madya pakaian adat bali- foto kintaamani.id

Pakaian Adat Bali – Bali tidak hanya terkenal memiliki pesona alam yang indah. Pulau yang dikenal sebagai Pulau Dewata ini juga memiliki perlakuan yang kental dalam menjaga tradisi budayanya. Salah satu tradisi yang masih dipertahankan tersebut dilihat dari tata cara penggunaan pakaian adat di Bali.

Sebelum mengenal nama-nama bagian dari pakaian adat Bali, perlu diketahui bahwa setidaknya ada empat tingkatan untuk menggunakan pakaian adat di Bali, yaitu:

1. Payas Agung

Payas Agung, Pakaian Adat Bali

Payas Agung, Pakaian Adat Bali – Sumber: mahligai-indonesia.com

Payas agung merupakan tingkatan tertinggi dalam mengenakan pakaian adat Bali. Disebut dengan agung karena busana ini digunakan untuk acara tertentu dan bukan dikenakan sebagai pakaian sehari-hari. Salah satu acara yang dapat menggunakan payas agung adalah upacara pernikahan. Payas agung dikenakan oleh sang pengantin.

Payas agung menampilkan kesan mewah, seperti yang terlihat dari warna-warna dari kain yang digunakan dan aksesoris pendukungnya. Warna dalam payas agung didominas emas, putih, dan merah yang merupakan simbol kemewahan di Bali.

Aksesoris payas agung untuk laki-laki dan perempuan adalah mahkota kepala. Untuk para laki-laki, aksesoris tambahan saat mengenakan payas agung adalah keris dan kain tenun songket. Di sisi lain, para perempuan mengenai kain bernama sesanteng yang dililitkan ditubuh bagian atas.

2. Payas Jangkep

Payas Jangkep, Pakaian adat Bali

Payas Jangkep, Pakaian adat Bali – baliya.id

Pakaian Adat Bali selaanjutnya adalah Payas jangkep. Baju adat Bali ini merupakan baju adat yang juga hampir sama dengan Payas Agung dan bahkan  cara menggunakan pakaian yang hampir mirip dengan payas agung. Payas jangkep dapat diartikan sebagai riasan yang lengkap. Tingkatan ini digunakan untuk acara-acara formal.

Aksesoris payas Jangkep untuk laki-laki dan perempuan adalah mahkota kepala. Untuk para laki-laki, aksesoris tambahan saat mengenakan payas jangkep adalah keris dan kain tenun songket. Di sisi lain, para perempuan mengenai kain bernama sesanteng yang dililitkan ditubuh bagian atas.

Baca Juga :

3. Payas Madya

Payas madya pakaian adat bali

Payas madya pakaian adat bali- foto kintaamani.id

Selain Payas Agung dan Payas Jangkep, Pakian adat Bali lainnya yang serupa adalah Payas madya. Baju Payas madya merupakan pakaian adat bali dengan tingkatan yang lebih sederhana dari payas agung dan jangkep.

Untuk Tata busana baju adat Payas madya, dapat digunakan untuk acara-acara formal atau semi formal. Bahkan untuk warnaa juga berbeda dimana Payas madya lebih banyak memakai warna Putih.

4. Payas Alit

5 Pakaian Adat Bali yang biasa digunakan 2

Payas Alit, Pakaian Adat Bali – Sumber: balubu.com

Satu lagi Pakaian Adat Bali yang lebih sederhana dibanding Pakaian Adat Bali lainnya yakni Payas Alit. Baju adat tradisional Bali ini merupakan pakaian adat Bali dengan tingkatan yang lebih informal tetapi tetap menjunjung nilai kesopanan dalam berbusana.

Salah satu contoh penggunaan payas alit adalah ketika seseorang ingin berdoa di pura. Payas alit ditunjukkan melalui beberapa aksesoris seperti menggunakan udeng, kameng, atau kebaya tetapi dengan cara yang lebih santai.

5 bagain Pakaian Adat Bali

Dari pemahaman mengenai tata cara mengenakan pakaian Bali sesuai dengan tingkatannya, ada pemahaman mengenai lima bagian pakaian adat Bali yang perlu diketahui, antara lain:

1. Yoko

5 Pakaian Adat Bali yang biasa digunakan 3

atasan Yoko_Sumber: perpustakaan.id

Leave a Reply