Air Terjun

5 Coban yang Jarang Dikunjungi di Malang

sumber-ayorafting.id

Apa sih Coban tu? Mungkin sebagian dari masih betanya-tanya apa itu coban. Coban adalah nama lain dari air terjun. Nah kali ini gue bakalan bahas tentang coban di Malang yang masih jarang dikunjungi padahal menurut gue coban ini bener-bener bagus dan ga kalah saing dengan coban-coban di daerah lain.

Seperti yang kalian tahu bahwa Malang adalah sebuah daerah di Provinsi Jawa Timur yang memiliki banyak sekali tempat wisata air terjun (coban). Namun air terjun tersebut tersembunyi di dalam alam, dan tentunya semakin tersembunyi makan akan semakin bagus pula panorama alam yang dimilikinya. Tak heran jika coban-coban tersebut jarang dikujungi, karena memang ia benar-benar tersembuyi dan sedikit yang mau berjuang untuk bisa sampai kesana.

Berikut ini 5 air terjun (coban) yang masih jarang dikunjungi di Malang, siapa tau kamu bakal tertarik untuk mengunjunginya setelah menyimak informasi berikut ini.

1. Coban Kedung Malang

sumber-ayorafting.id

Wow melihat dari fotonya saja kamu pasti bakal tertarik nih untuk kesini. Coban Kedung Malang merupakan distinasi wisata baru yang ramai diperbincangkan di media sosial.

Dari kota Malang, kamu hanya tinggal mengarahkan kendaraan ke kecamatan Bululawang, Gondanglegi, Pagelaran, dan Bantur. Jika sudah bertemu dengan pertigaan, belok kanan menuju Kleurahan Bantur. Kemudian lurus saja menuju Desa Tumpakrejo yang berjarak sekitar 3,5 km, kemudian belok kanan. Untuk lebih jelasnya kamu bisa menggunakan bantuan google maps.

Air terjun cantik ini memiliki ketinggian 20 meter dan lebar 25 meter. Alirannya melebar dan debitnya tidak begitu deras, kemudian dikelilingi oleh beberapa air terjun kecil menjadikannya terlihat unik.

Untuk bisa menikmati keindahan tempat wisata ini pengunjung hanya dkenakan biaya Rp 3000  sebagai biaya parkir kendaraan.

2. Coban Bidadari

sumber-dakatour.com

Coban Bidadari juga termasuk tempat wisata baru yang terletak di Pintu masuk Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBS).

Untuk bisa menikmati keindahan dari coban ini kamu harus berjuang dan rela berjalan kaki karena lokasinya dibawah tebing. Kabut yang sering menyelimuti juga menjadikan kamu harus selalu berhati-hati.

Oh iya, Coban Bidadari juga menawarkan pesona alamnya yang tidak kalah indah dengan coban lainnya. Perpaduan dari air terjun dan bukit benar-benar akan menyambut lelahmu ketia sampai disana.

Pengunjung juga bisa selfie dan menemukan spot foto bagus seperti tampak pada foto diatas. Untuk harga tiket, pengunjung akan dikenakan biaya Rp 10000 perorang.

3. Coban Jahe Jabung

sumber-dakatour.com

Berlokasi di Dusun Begawan, Desa Pandansari Lor, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang, coban ini menjad tempat wisata andalan daerah tersebut. Untuk menuju lokasi, kamu bisa memulai perjalanan dari Jalan Adi Sucipto kemudian melewati Kecamatan Blimbing dan kemudian sampai di Tumpang.

Debit airnya deras dan dan juga kolam air yang dalam menjadikan para pengunjung harus berhati-hati ketika berenang. Jangan tepat dibawah air terjun karena akan sangat berbahaya.

4. Coban Gintung Malang

sumber-blogkulo.com

Berlokasi cukup jauh dari Kota Malang, yaitu sekitar 75 kilometer. Dari Malang kamu bisa melanjutkan perjalanan ke Gondnglengi kemudian Turen, dlanjutkan ke Tirtoyudo dan terarkhir kamu akan sampa di Ampelgading.

Coban pada umumnya belum menyediakan fasilitas selengkap di coban Gintung  ini. Disini sudah terdapat toilet, warung makanan dan minuman dan lahan parkir luas.

Harga tiket masuknya Rp 5000 ditambah biaya parkir kendaran roda dua Rp 5000 dan roda empat Rp 10000.

5. Coban Tundo Malang

sumber-blogkulo.com

Berlokasi di Dusun Sidosari, maka bagi kamu yang menggunakan kendaraan dari Kota Malang memerlukan waktu sekitar 2 hingga 3 jam perjalanan.

Ada yang unik dari coban yang satu ini, yaitu memiliki 4 air terjun dan 4 kolam dalam satu lokasi. Jika kamu tidak pandai berenang, tidak disarankan untuk berenang ya gaes. Kalaupun kamu nekat untuk mencoba, pastikan ada yang mengawasimu demi keselamatanmu.

Leave a Reply