Alam, Danau, Pengetahuan, Tips Travelling

Destinasi Wisata Situ Wulukut Kertayuga Kuningan

Mengenal Destinasi Wisata Situ Wulukut Kertayuga Kuningan Foto:Brilio.net

Mengenal Destinasi Wisata Situ Wulukut Kertayuga Kuningan Foto:Brilio.net

Situ Wulukut Kertayuga Kuningan – Di Kabupaten Kuningan Tidak hanya terkenal akan makanan,seni tradisional dan budayanya saja, tetapi Destinasi wisata sangatlah indah dan menarik. Kabupaten Kuningan belakangan ini berhasil menyihir banyak wisatawan untuk datang Salah satu destinasi wisata yang wajib kalian kunjungi adalah Situ Wulukut Kertayuga Kuningan. Berikut ini ulasan mengenai Situ Wulukut Kertayuga Kuningan.

DESTINASI WISATA SITU WULUKUT KERTAYUGA KUNINGAN

Situ Wulukut atau Situ Walukut merupakan sebuah danau cantik yang menawarkan keindahan panorama alami yang asri. Situ Wulukut ini berlokasi di Desa Kertayuga Kecamatan Nusaherang Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Dari pusat kota, lokasinya hanya perlu ditempuh selama 25 menit saja. Sehingga tidak perlu waktu lama sampai di lokasi dan tidak lelah di perjalanan. Tapi, lokasinya yang terpencil dan jauh dari rumah penduduk, berjarak kurang lebih 2 kilometer. Lokasinya berada di dalam kawasan Perhutani.

Panorama Destinasi Wisata Situ Wulukut Kertayuga Kuningan Foto:Kuningankab.go.id

Panorama Destinasi Wisata Situ Wulukut Kertayuga Kuningan Foto:Kuningankab.go.id

Lokasi wisata Situ Wulukut Kertayuga Kuningan di Kuningan ini dibuka dan boleh dikunjungi secara resmi pada awal Januari tahun 2018 yang lalu. Pengelolaanya sendiri dilakukan antara Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan Kuningan,  Lembaga Masyarakat Desa Hutan dan juga Pemerintah Desa Kertayuga.

Di destinasi wisata Situ Wulukut Kertayuga kuningan memiliki daya pikat utama danau yang digadang-gadang mirip dengan Ranu Kumbolo. Ke depannya, akan ditambahkan berbagai spot selfie seperti halnya perahu selfie, jembatan, flying fox, sepeda air dan lain-lain. Ditambah lagi dengan fasilitas seperti halnya toilet, gazebo, area arkir dan lain-lain.

Baca Juga ya :

Selain itu di destinasi wisata Situ Wulukut , kalian bisa juga berkemah bersama teman atau keluarga, tersedia juga fasilitas tolilet. Dan suasana yang tenang dan asri dapat membantu merefreshing pikiran setelah lelah bekerja dan bosan dengan lingkungan perkotaan.

Objek wisata Situ Wulukut sebenarnya sudah ada cukup lama. Sebelum banyak orang yang mengetahui dan menjulukinya sebagai ranu kumbolonya orang kuningan. Akses menuju situ wulukut dulu terbilang sangat berbahaya, terlebih lagi bagi pengunjung yang membawa kendaraan roda dua.

Mengenal Destinasi Wisata Situ Wulukut Kertayuga Kuningan Foto:Brilio.net

Mengenal Destinasi Wisata Situ Wulukut Kertayuga Kuningan Foto:Brilio.net

Namun untuk saat ini keadaan jalan sudah cukup bagus, namun tidak disarankan untuk datang membawa mobil karena jalannya yang cukup sempit. Dan sayangnya 90% fasilitas yang ada di Situ Wulukut mengalami kerusakan karena kurangnya perawatan dari pengelola setempat dan sudah mulai berkurang pengujung yang datang ke destinasi wisata Situ Wulukut.

Objek wisata situ wulukut ini termasuk salah satu objek wisata yang sangat potensial yang ada diwilayah kabupaten kuningan. Dengan menawarkan keindahan alam yang ada disekelilingnya, jelas akan banyak pengunjung yang datang dan bersantai menikmati keindahan alam di situ wulukut ini.

Setelah diresmikan, ada beberapa wahana baru yang bisa anda nikmati atau bisa dibilang merupakan spot untuk berswafoto. Ada perahu, ada juga kantin makanan bagi anda yang memang lapar ketika berkunjung ke situ wulukut. Bahkan katanya akan ada jembatan dan wahana lainnya setelah peresmian tersebut.

Rute menuju destinasi Wisata Situ Wulukut

Spot-spot di Panorama Destinasi Wisata Situ Wulukut Kertayuga Kuningan Foto:Pinterest.com

Salah satu spot foto di  Destinasi Wisata Situ Wulukut Kertayuga Kuningan Foto:Pinterest.com

Jika kalian berminat untuk mengunjungi destinasi wisata Situ Wulukut Kuningan dan berasal dari wilayah kota kuningan, anda tinggal menuju area Kecamatan Nusaherang yakni melewati Jalan Veteran sampai ke Terminal Kadugede. Setelah sampai di Terminal Kadugede, anda kembali melanjutkan perjalanan ke Desa Nusaherang, sebelum sampai Desa Nusaherang akan ada pertigaan. Disitu anda tinggal belok kanan dan menyusuri jalanan tersebut.

Terlebih saat ini banyak papan petunjuk jalan yang menuju situ wulukut, hal tersebut tentu akan sangat memudahkan pengunjung yang akan menuju ke situ wulukut.

Harga Tiket Masuk Situ Wulukut

Spot-spot di Panorama Destinasi Wisata Situ Wulukut Kertayuga Kuningan Foto:@Adventure senja

Spot-spot keren di  Destinasi Wisata Situ Wulukut Kertayuga Kuningan Foto:@Adventure senja

Untuk kalian yang ingin mengunjungi destinasi wisata Situ Wulukut ini, harga tiketnya tidak terlalu mahal. Biaya masuknya hanya Rp2,000 saja per Juli 2018. Selanjutnya untuk parkir sepeda motor Rp2,000 saja dan mobil Rp5,000 per unitnya. Lalu ada penyewaan perahu kayuh berkapasitas dua orang, harga sewanya Rp10,000 saja.

Destinasi Wisata Situ Wulukut Kuningan ,sangat rekomendasi untuk kalian yang ingin mencari liburan dengan suasan alam ini . Kalian tidak akan menyesal saat mengunjungi Situ Wulukut Kuningan ini, tetapi meskipun begitu, Kalian harus tetap berhati-hati  dalam perjalanan menuju tempat wisata

Semoga Ulasan ini dapat menjadi sumber pengetahuan ,wawasan , atau acuan jika kalian ingin berkunjung ke Destinasi Wisata Situ Wulukut Kuningan.

Sumber: travelingyuk.com, knginfo.com

 

 

 

Leave a Reply