Air Terjun, Alam, Harga Tiket

Menikmati Asrinya Curug Tilu Rancabali Ciwidey

Curug Tilu Rancabali

Curug Tilu Rancabali - Sumber: iNews.id/travel/destinasi

Ingin menikmati pemandangan asri ditemani kesegaran air terjun? Curug Tilu Rancabali di Ciwidey bisa menjadi pilihan wisata kamu beserta teman-temanmu. Meskipun eksistensinya belum diketahui banyak orang, termasuk pengunjung yang pernah bermain ke daerah Ciwidey, Curug Tilu Rancabali ini menjadi tempat wisata yang tidak boleh dilewatkan.

Curug Tilu Rancabali adalah air terjun mini yang dibuka pada tahun 2009 dengan nama yang awalnya Situ Lembang. Awalnya Curug Tilu Rancabali dikelola oleh PT Perkebunan Nusantara VIII. Setelah adanya pergantian tim pengelola menjadi Unit Agro Wisata, kawasan curug ini ditata ulang dan diganti namanya.

Lokasi dan Perjalanan Menuju Curug 

Curug Tilu Rancabali

Lokasi Curug Tilu Rancabali – Sumber: Google Maps

Curug Tilu ini berlokasi di area Perkebunan Teh Rancabali, Ciwidey, Kampung Cisabuk, Desa Cipelah, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung. Lokasi tepatnya ada di tengah-tengah Perkebunan Teh Rancabali yang sangat asri dengan pemandangan hijau yang mengitari. Area Rancabali terletak sekitar 50 kilometer ke arah Selatan kota Bangung dengan ketinggian 1.628 meter di atas permukaan laut.

Dengan menggunakan mobil dari kota Bandung, kamu akan menghabiskan perjalanan sejauh 51 km melewati Jalan Tol Soreang. Kamu bisa mengarahkan aplikasi Google Maps-mu ke Perkebunan Teh Rancabali. Saat sudah tiba di perbatasan Kabupaten Cianjur, beloklah ke Desa Cipelah.

Ada jalan lebih kecil yang jaraknya lima kilometer, lewati jalan ini sambil menikmati pemandangan indah di kiri-kananmu yang merupakan perkampungan warga. Kamu akan melewati Situ Patenggang sebelum akhirnya kamu tiba di Perkebunan Teh Rancabali.

Seperti Apa Curug Tilu Rancabali di Ciwidey?

Curug Tilu Rancabali berukuran mini karena curug ini merupakan air terjun buatan atau taman air buatan. Air di curuh ini bersumber dari tiga aliran sungai kecil dari tebing yang berasal dari perkampungan warga.

Baca Juga ya :

Dini-Curug-Tilu-Ciwidey

Curug Tilu Rancabali – Sumber: alumnimaterdei.com

Dari puluhan tahun yang lalu hingga saat ini, tiga aliran air tersebut dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari oleh para warga, seperti mengaliri sawah dan kebutuhan air di rumah. Arus air di curug ini melintasi bebatuan yang kemiringannya tidak terlalu terjal.

Curug Tilu Rancabali di Ciwidey ini memiliki air yang sangat jernih sehingga para pengunjung yang datang ke tempat ini betah berlama-lama bermain air di sekitar air terjun dan juga berfoto bersama teman-teman karena pemandangan di sini sangatlah instagrammable.

Para warga dan beberapa wisatawan berharap agar lokasi wisata dan keindahan Curug Tilu Rancabali dapat lebih dipulikasikan. Walau tempatnya agak di pelosok, warga setempat memiliki keinginan agar tempat wisata ini dapat lebih dikelola sehingga keunikan dari Curug Tilu Rancabali di Ciwidey dapat diketahui oleh lebih banyak orang.

Harga Tiket Masuk Curug Tilu Rancabali

Curug Tilu Rancabali

Curug Tilu Rancabali – Sumber: iNews.id/travel/destinasi

Biaya tiket masuk ke Curug Tilu Rancabali di Ciwidey ini cukup terjangkau yakni sebesar Rp 10.000,- untuk wisatawan lokal. Untuk wisatawan mancanegara sebesar Rp 30.000,-. Namun biaya tersebut belum termasuk parir dimana kalian haru menambah biaya parkir sebesarRp 5.000,-.

Terdapat banyak wisata indah lainnya di sekitar daerah Curug Tilu Rancabali ini, mulai dari Situ Patenggang yang hanya berjarak 3 km dari Curug Tilu, Kawah Putih, Permandian Air Panas Ciwalini, Ranca Upas, Ciwidey Valley Resort, Kawah Cibuni Rengganis, dan beberapa lainnya.

Leave a Reply