Fakta Unik Tari Tor Tor Sipitu Cawan, Tarian Aday Yang Berasal Dari Suku Batak - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Tari Adat

Fakta Unik Tari Tor Tor Sipitu Cawan, Tarian Aday Yang Berasal Dari Suku Batak

Tari Tor Tor Sipitu Cawan

Kostum yang dikenakan Penari Tari Tor-Tor Sipitu Cawan. Foto: moondoggiesmusic.com

Keunikan yang selanjutnya dari Tari Tor Tor Sipitu Cawan terletak pada properti yang digunakan.

Properti tersebut disesuaikan dengan fungsi serta tujuan dari pementasan tari. Untuk kepentingan dalam hal keagamaan, tarian ini menggunakan properti patung batu.

Uniknya, saat patung batu tersebut dimasuki oleh roh dari leluhur masyarakat Batak, maka patung tersebut akan ikut bergerak. Oleh karena itu, tarian ini disebut sebagai tari yang sakral.

Iringan Musik dan Gerakan Tari Tor Tor Sipitu Cawan

Tidak lengkap rasanya bila satu pertunjukan tari tidak diiringi oleh iringan musik. Iringan music yang digunakan pada tari tor tor sipitu cawan terdiri dari gondang, suling, doal, terompet khas Batak, oloan, panggora, dan kalem hesek.

Sejarah Tari Tor tor

Sejarah Tari Tor tor – foto senibudayasia.com

Semua iringan musik tersebut harus disesuaikan dengan gerakan tari. Sehingga, akan menimbulkan gerakan dan musik yang seirama.

Sementara itu, gerakan tari tor tor sipitu cawan juga bisa dikatakan sangat unik pada gerak kakinya. Kaki yang digerakkan sesuai dengan irama musik mengeluarkan bunyi semacam tor tor.

Gerakan tangannya juga bisa dibilang unik yang melambai-lambai menciptakan harmoni dengan iringan musik.

Pantangan Bagi Penari Tor Tor Sipitu Cawan

Ada satu pantangan yang tidak boleh dilanggar oleh penari Tari Tor Tor Sipitu Cawan.

Pantangan tersebut yaitu tangan dari penari tidak boleh diangkat di atas bahu. Apabila pantangan tersebut tidak dipatuhi, maka akan ada konsekuensi yang harus ditanggung oleh para penari.

Tari Tor Tor, Tarian adat dari Sumatera Utara

Tari Tor Tor, Tarian adat dari Sumatera Utara

Menurut kepercayaan yang dianut oleh masyarakat Batak, penari yang melanggar pantangan akan ditimpa kesialan. Oleh karenanya, dibutuhkan juga kehati-hatian oleh penari Tari Tor Tor Sipitu Cawan. Adanya pantangan ini juga menunjukkan jika tari ini memang sangat sakral.

Dari lima keunikan yang disebutkan di atas, menunjukkan jika Tari Tor Tor Sipitu Cawan merupakan salah satu kesenian yang dijunjung tinggi oleh masyarakat Batak. Adanya tari ini juga semakin menambah kekayaan budaya yang dimiliki oleh Indonesia.

Baca Juga:

Leave a Reply