Tari Manasai dari Kalimantan Tengah, Tarian Selamat Datang Borneo - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Budaya, Fashion, Tari Adat

Tari Manasai dari Kalimantan Tengah, Tarian Selamat Datang Borneo

Tari Manasai dari Kalimantan Tengah, Tarian Selamat Datang Borneo

tari manasai | kamerabudaya.com

Tari Manasai dari Kalimantan Tengah – Kalimantan Tengah merupakan salah satu Provinsi yang berada di indonesia yang terletak di Borneo atau Pulau Kalimantan. Di Kalimantan Tengah ini, masih sangat kental dengan adat istiadat dan menjaga serta melestarikan nilai-nilai budaya yang ada.

Beragam macam suku maupun etnis terdapat di Kalimantan Tengah. Termasuk adat istiadat maupun upacara adat yang dilakukan turun temurun yang tersaji dalam tari. Ada berbagai macam tari tradisonal di Kalimantan Tengah. Salah satunya adalah Tari Manasai.

Tari Manasai dari Kalimantan Tengah adalah salah satu tarian yang dikenal sebagai tari untuk penyambutan tamu yang datang berkunjung ke Kalimantan Tengah. Sehingga, Tari Manasai bisa disebut dengan tarian selamat datang.

Berikut penjelasan tentang Tari Manasai dari Kalimantan Tengah

Sekilas Tentang Tari Manasai

Tari Manasai dari Kalimantan Tengah, Tarian Selamat Datang Borneo

tari manasai | muri.org

Tari Manasai merupakan tarian yang memiliki pengaruh kuat dari suku Dayak, khususnya suku Dayak Ngaju. Tari Manasai dari Kalimantan Tengah ini dilakukan dengan penuh kegembiaraan dan keceriaan, karena memang dalam rangka penyambutan wisatawan maupun tamu kehormatan dari luar daerah.

Tari Manasai ini juga digemari semua kalangan. Mulai dari kalangan yang muda dan yang tua. Perlengkapan untuk Tari Manasai ini menggunakan baju adat, bahalai atau yang disebut denga selendang, kain yang dililiti di kepala kemudian di selipkan bulu burung enggang.

Gerakan Tari Manasai

Tari Manasai dari Kalimantan Tengah, Tarian Selamat Datang Borneo

tari manasai | kalteng.tribunnews.com

Ada yang unik dari Tari Manasai. Tari Manasai dari Kalimantan Tengah ini dikenal juga dengan tarian bersama, karena para tamu yang datang akan diajak bergabung untuk menari bersama. Jadi, Tari Manasai bukanlah sekadar Tari yang dipertontonkan untuk suatu pertunjukan, melainkan menjadi daya tarik lain bagi orang –orang luar yang menyaksikannya.

Gerakan Tari Manasai bisa diikuti siapa saja karena memiliki gerakan yang sederhana. Gerakan dalam Tari Manasai ini hanya satu langka ke depan, memutar arah, melangkah mundur tapi agak pendek. Lalu gerakan itu dilakukan berulang mengikuti irama musik pengiring.

Leave a Reply