Budaya, Fashion, Tari Adat

Tari Manasai dari Kalimantan Tengah, Tarian Selamat Datang Borneo

Tari Manasai dari Kalimantan Tengah, Tarian Selamat Datang Borneo

tari manasai | kamerabudaya.com

Tari Manasai dari Kalimantan Tengah – Kalimantan Tengah merupakan salah satu Provinsi yang berada di indonesia yang terletak di Borneo atau Pulau Kalimantan. Di Kalimantan Tengah ini, masih sangat kental dengan adat istiadat dan menjaga serta melestarikan nilai-nilai budaya yang ada.

Beragam macam suku maupun etnis terdapat di Kalimantan Tengah. Termasuk adat istiadat maupun upacara adat yang dilakukan turun temurun yang tersaji dalam tari. Ada berbagai macam tari tradisonal di Kalimantan Tengah. Salah satunya adalah Tari Manasai.

Tari Manasai dari Kalimantan Tengah adalah salah satu tarian yang dikenal sebagai tari untuk penyambutan tamu yang datang berkunjung ke Kalimantan Tengah. Sehingga, Tari Manasai bisa disebut dengan tarian selamat datang.

Berikut penjelasan tentang Tari Manasai dari Kalimantan Tengah

Sekilas Tentang Tari Manasai

Tari Manasai dari Kalimantan Tengah, Tarian Selamat Datang Borneo

tari manasai | muri.org

Tari Manasai merupakan tarian yang memiliki pengaruh kuat dari suku Dayak, khususnya suku Dayak Ngaju. Tari Manasai dari Kalimantan Tengah ini dilakukan dengan penuh kegembiaraan dan keceriaan, karena memang dalam rangka penyambutan wisatawan maupun tamu kehormatan dari luar daerah.

Tari Manasai ini juga digemari semua kalangan. Mulai dari kalangan yang muda dan yang tua. Perlengkapan untuk Tari Manasai ini menggunakan baju adat, bahalai atau yang disebut denga selendang, kain yang dililiti di kepala kemudian di selipkan bulu burung enggang.

Gerakan Tari Manasai

Tari Manasai dari Kalimantan Tengah, Tarian Selamat Datang Borneo

tari manasai | kalteng.tribunnews.com

Ada yang unik dari Tari Manasai. Tari Manasai dari Kalimantan Tengah ini dikenal juga dengan tarian bersama, karena para tamu yang datang akan diajak bergabung untuk menari bersama. Jadi, Tari Manasai bukanlah sekadar Tari yang dipertontonkan untuk suatu pertunjukan, melainkan menjadi daya tarik lain bagi orang –orang luar yang menyaksikannya.

Gerakan Tari Manasai bisa diikuti siapa saja karena memiliki gerakan yang sederhana. Gerakan dalam Tari Manasai ini hanya satu langka ke depan, memutar arah, melangkah mundur tapi agak pendek. Lalu gerakan itu dilakukan berulang mengikuti irama musik pengiring.

Tari Manasai dari Kalimantan Tengah ini dilakukan bersama-sama dengan membentuk sebuah lingkaran. Makin banyak orang yang ikut menari, maka makin besar juga lingkarannya. Tapi ada variasi gerakan yang dilakukan yaitu lemu lembai yaitu lemah gemulai dan menggunakan selendang. Tambalik baju yang artinya baju terbalik  yaitu gerakan putaran yang berlawanan pada lingkaran.

Dan ada juga gerakan saluang murik yang artinya ikan saluang yang ke hulu sungai, yaitu gerakan super cepat dan tidak jarang mengundang tawa bagi yang menyaksikannya.

Baca juga: Tari Sulintang Jawa Barat, Tarian yang Menggambarkan Semangat Persatuan

Pertunjukan Tari Manasai

Tari Manasai dari Kalimantan Tengah, Tarian Selamat Datang Borneo

tari manasai | mediacenter.palangkaraya.go.id

Selain diperuntukkan sebagai tari yang menyambut para tamu kehormatan yang datang, Tari Manasai dari Kalimantan Tengah ini juga diperuntukkan dan dipentaskan dalam acara-acara lainnya seperti acara pesta pernikahan.

Sedangkan untuk perlengkapan musik pengiring Tari Manasai, menggunakan alat instrument yang disebut dengan Gandang Garantung.  Gandang Garantung adalah alat musik pukul seperti gong. Bunyi dari Gandang Garantung ini menentukan ritme atau ketukan. Jadi semakin ketukan cepat, makin cepat pula langkah penari.

Dipertunjukan dalam festival budaya

Tari Manasai dari Kalimantan Tengah, Tarian Selamat Datang Borneo

tari manasai | borneonews.co.id

Salah satunya adalah pertunjukan besar yang mempertontokan Tari Manasai adalah Festival Budaya Isen Mualang.  Festival Budaya Isen Mualang adalah festival yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah dalam rangka untuk mempromosikan pariwisata di Kalimantan Tengah.Dalam bahasa Dayak Ngaju, Isen Mualang memiliki makna yang berarti Pantang Mundur.

Setiap tahun, Festival Budaya Isen Mulang selalu di adakan dan diselenggarakan pada bulai Mei. Tari Manasai pun masuk dalam agenda  festival. Karena dalam rangka menarik wisatawan dan memperkenalkan Kalimantan Tengah pada masyarakat luar bahkan dunia. Dengan ini, diharapkan masyarakat luar dan dunia akan tertarik untuk berkunjung karena karena keanekaragaman budaya hingga adat istiadat di Kalimantan Tengah, khususnya Tari Manasai.

Nah, itu dia penjelasan tentang Tari Manasai dari Kalimantan Tengah yang berarti adalah tarian selamat datang untuk menyambut para tamu yang datang berkunjung. Tentunya, setiap daerah pun memiliki adat istiadat dan budaya yang harus dilestarikan. Karena itu merupakan warisan dari nenek moyang yang harus dijaga supaya nanti anak-cucu kelak dapat menikmatinya di masa mendatang!

Baca juga: Tari Kayau dari Kalimantan Tengah, Tarian Melambangkan Keberanian

Leave a Reply