Tari Cerana, Sambutan Saat Datang ke Kupang - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Budaya, Tari Adat

Tari Cerana, Sambutan Saat Datang ke Kupang

Tari Cerana, Sambutan Saat Datang ke Kupang 1

Sebagai negara dengan budaya yang kaya, Indonesia dikenal memiliki berbagai warisan kebudayaan. Seperti tari-tarian, lagu tradisional, pakaian adat, dan masih banyak lagi. Di Nusa Tenggara Timur misalnya, provinsi yang dikenal untuk pariwisata dan budaya itu punya tari yang unik.

Tari cerana, salah satu tarian yang menjadi bagian dari kebudayaan Nusa Tenggara Timur khususnya di Kupang dan Rote. Biasanya ditampilkan saat penyambutan tamu. Bagaimana sih, sejarah dan uniknya tari cerana ini? Simak untuk tahu lebih lanjut!

Sejarah Tari Cerana

Tag: Tarian Cerana - Tarian Cerana Sambut Gubernur NTT di Hotel ...

Tari Cerana Saat Penyambutan Sumber : kupang.tribunnews.com

Sebelumnya sudah disebut bahwa tari cerana merupakan tarian untuk menyambut tamu. Sesuai dengan sejarah, dahulu kala tarian ini dilakukan untuk memberikan sambutan kehormatan pada bangsawan, orang yang dihormati atau para tetua. Tarian ini istimewa karena dulu hanya orang tertentu yang disambut, namun kini sudah menjadi tarian bagi tamu yang datang.

Tarian ini berasal dari Nusa Tenggara Timur yang populer di Kupang, dan Rote. Ternyata, kepopulerannya tak hanya di dua daerah itu saja. Tari cerana juga populer di daerah lain yaitu Timor Tengah Selatan dan Timor Tengah Utara.

Bagaimana Cara Menampilkan Tari Cerana?

Apa saja fungsi dari Tari Cerana? - Seni Tari - Dictio Community

Penampilan penari cerana Sumber : dictio.id

Penari

Keunikan dari penari cerana adalah tari ini dilakukan oleh seorang penari laki-laki dan enam orang penari perempuan. Penari wanita membawa kotak yang berisi sirih dan pinang. Kotak ini nantinya akan diberikan kepada para tamu.

Adapun kedua benda yang diberikan ini memiliki makna yaitu sebagai simbol hati masyarakat yang tulus, ikhlas, bersih dan penuh kasih kepada tamu atau wisatawan yang disambut. Sirih yang diberikan kepada tamu harus dikunyah sebagai balasan sambutan tersebut. Selesainya tarian ini berarti masyarakat dan tamu yang disambut memiliki hubungan yang saling mengasihi.

Baca juga : 5 Baju Adat NTT

Prosesi Tari Cerana

Pertama-tama penari perempuan masuk ke arena tari sambil diiringi musik. Kemudian, penari laki-laki masuk ke arena tari dan bergabung menari bersama. Namun, penari laki-laki dan perempuan memiliki gerakan yang sangat berbeda. Jika pada penari perempuan gerakan badan yang sangat lembut dan gemulai, maka tarian penari laki-laki lebih menampilkan gerakan tangan yang lebar. Penari perempuan pun menari sambil membawa kotak yang nanti diberikan untuk tamu.

Prosesi tarian ini berakhir saat penari laki-laki mengiringi penari perempuan menuju para tamu. Kemudian penari perempuan memberi sirih dan pinang yang berada dalam kotak. Terakhir, tamu harus mengunyah sirih sebagai tanda terima kasih telah disambut. Setelahnya penari keluar dari arena dan selesailah prosesi tari cerana ini.

Musik Pengiring

VIDEO: Uniknya Stand NTT Pada Pacific Exposition 2019 di Sky City ...

Sasando Sumber : kupang.tribunnews.com

Leave a Reply